Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
484


Meski harganya lumayan mahal dari harga makanan olahan atau produksi biasa, tapi lepas dari paparan zat kimia dan antibiotik sepadan dengan harga yang kita keluarkan.

Gak bisa dimungkiri kalau makanan olahan atau produksi besar benar-benar sudah terpapar dengan pestisida. Dan saat zat ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui makan, maka kita bisa membayangkan apa yang akan terjadi kepada tubuh.

Sementara makanan organik diproduksi tanpa menggunakan pestisida. Mereka yang membudidaya tanaman maupun bahan pangan secara organik membiarkan sumber makanan bebas tumbuh di alam terbuka.


Baca Juga: 5 Keunggulan Sayuran Dan Buah Organik


Di pertanian organik, hewan dibiarkan tumbuh dan berkembang secara alami tanpa menyuntikkan hormon perangsang pertumbuhan ataupun memberi makanan dari bahan kimia. Hewan-hewan ini hanya dibiarkan memakan makanan secara organik dan menghabiskan waktu berkeliaran bebas di alam terbuka.

Manfaat makanan organik

Ada beberapa manfaat besar dari mengkonsumsi makanan organik, diantaranya:

1. Mengurangi paparan pestisida

Walaupun ada peraturan ketat terkait pembiakan secara organik, tapi makanan dari produksi organik memang gak bisa dibilang bebas dari paparan pestisida.

Tapi kontaminasi pestisida setidaknya akan jauh lebih rendah ketika mengkonsumsi makanan organik. Karena itu selalu pastikan untuk mencuci lebih dulu makananmu sebelum mengkonsumsinya.

2. Mengandung lebih banyak nutrisi

Para penggemar makanan organik mengklaim kalau buah-buahan dan sayuran organik mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada produk yang ditanam secara konvensional.

Banyak penelitian mengkonfirmasi kalau produk organik jauh lebih bernutrisi dari makanan yang diproduksi secara massal.

3. Gak mengandung antibiotik

Dalam industri peternakan, antibiotik diberikan secara rutin kepada hewan untuk meningkatkan pertumbuhannya dan mencegah penyakit. Penggunaan antibiotik secara berlebihan bisa menyebabkan kekebalan bakteri dan hal ini bisa jadi masalah serius bagi semua orang.

4. Bebas dari suntikan hormon

Para ahli mengatakan kalau sebagian besar sapi potong telah disuntik dengan hormon pertumbuhan ekstra untuk membuatnya cepat besar. Banyak sapi perah yang diberi hormon sintesis untuk meningkatkan produksi susunya.

Dan saat daging dari hewan ini dimakan oleh manusia, maka ransangan hormon yang masuk ke dalam tubuh hewan akan secara langsung mempengaruhi tubuh. Hal inilah yang kemudian berkembang menjadi beragam masalah kesehatan.

5. Mengurangi pencemaran lingkungan

Makanan yang dikembangbiakkan secara organik sangat membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Bandingkan dengan peternakan konvensional yang fokus untuk menghasilkan lebih banyak daging, maka tingkat limbahnya pasti akan jauh lebih besar. Limbah inilah yang kemudian bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan pada manusia.

Jenis makanan organik yang patut dibeli

Banyak ahli nutrisi menyarankan untuk mengkonsumsi daging, susu dan telur organik. Belilah makanan ini di supermarket yang menyediakan produk organik.

Menurut hasil uji coba Kelompok Kerja Lingkungan, makanan organik yang dianjurkan untuk dibeli adalah bawang, alpukat, jagung manis beku, nanas, mangga, kacang polong manis beku, asparagus, kiwi, pisang, kol, brokoli dan terong.

Sementara makanan yang dianggap sudah banyak terpapar pestisida dan zat kimia lain adalah persik, apel, paprika manis, seledri, nektarin, stroberi, ceri, selada, anggur impor, pir, bayam dan kentang.

Bagaiman jika tidak sanggup membeli makanan organik?

Masyarakat modern saat ini gak kalah cerdas dalam mensiasati pengeluarannya.

Untuk tetap sehat dengan pilihan makanan organik, kebanyakan diantaranya mulai membangun kebun sendiri. Seperti memulai hidroponik atau ladang.

Setidaknya dengan membuat perkebunan sendiri, kita bisa mengurangi separuh dari pengeluaran untuk makanan.

Gimana menurut kamu? Terinspirasi pengen mulai hidup sehat dengan makanan organik?

Sumber : Cbn.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dhifa Qonita07 29 March 2020 - 12:57:33

Suku bangsa amerika berdasarkan fisiknya

0 Answer

Dhifa Qonita07 29 March 2020 - 12:57:31

Suku bangsa amerika berdasarkan fisiknya

0 Answer

Dhifa Qonita07 29 March 2020 - 12:57:29

Suku bangsa amerika berdasarkan fisiknya

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3