Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
293


Mengalami stres saat menyetir mobil di jalanan Jakarta adalah hal umum, bahkan menurut studi nyetir mobil bisa menyebabkan pengemudi mengalami resiko penyakit jantung dan juga serangan jantung. Wah, mengerikan juga ya..

Macet, prilaku para pemotor dan juga pengemudi mobil lain yang sering ugal-ugalan mejadi salah satu pemicu stres saat menyetir mobil di kota-kota besar. Riset menemukan bahwa stress karena bepergian setiap hari bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, terutama kesehatan mental, dan juga kesehatan jantung dan meningkatkan resiko serangan jantung.

Hasil riset tentang stres saat nyetir

Namun riset yang dipublikasikan pada Oktober 2019 lalu oleh Complementary Therapies in Medicice menyatakan bahwa resiko tersebut dapat diturunkan dengan hal yang sederhana, yaitu musik. Studi ini dilakukan terhadap lima wanita sehat dengan usia antara 18-23 tahun. Penulis penelitian ini, Vitor Angracia Valenti menggaris bawahi bahwa penelitian ini dilakukan hanya pada perempuan karena para wanita lebih sensitif terhadap stimulant auditory.

Penelitian ini juga dilakukan terhadap pengemudi yang tidak sering bepergian, karena menurut mereka para pengemudi yang berpengalaman akan lebih mudah beradaptasi dengan stress.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mendengarkan musik instrumental saat mengemudi lebih rileks.

Menurut Valenti, “Saat dalam situasi stress, sympathetic Nervous System melepaskan enzim catecholamines (adrenaline dan noradrenaline) ke dalam darah, meningkatkan tekanan dan detak jantung serta tekanan darah.”

Jika hal ini terjadi, menurutnya, “Orang dengan resiko serangan jantung  (orang dengan obesitas, diabetes, kolesterol tinggi) sangat rentan mengalami kematian tiba-tiba karena stress.”

Baca Juga :

Biar Nggak Stress, Yuk Simak 8 Cemilan Pereda Stress Ini!

Stres dan Konflik Saat Persiapkan Pernikahan? Lakukan 5 Hal Ini Biar Semua Lancar

Stres dapat menyebabkan broken heart syndrome

Selain itu Dr. Satjit Bhusri, asisten professor bidang kardiology di Zuker School of Medicine memberikan catatan, “Kami mulai mengerti lebih lagi konsep dari sakit jantung yang disebabkan stress, atau dikenal sebagai broken heart syndrome.”

Broken heart syndrome atau takotsubo cardiomyopathy, adalah kondisi yang disebabkan stress atau emosi ekstrim. Kadang hal ini juga bisa disebabkan oleh menyakit atau juga operasi. Saat terjadinya broken heart syndrome, sebagian jantung  tidak mampu memompa darah dengan normal, sedangkan sebagian lain berjalan normal atau bahkan  memompa dengan keras.

Mereka yang mengalami broken heart syndrome mengalami hal yang serupa dengan serangan jantung, seperti sakit di dadanya. Namun penyakit ini bisa diobati, dan hanya butuh waktu beberapa hari hingga beberapa minggu hingga berjalan normal.

Menggunakan musik untuk mengelola stres

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan mendengarkan musik saat mengalami stress, seperti saat mengemudi di jalan raya. Untuk jenis musik yang di dengarkan, merujuk pada penelitian pada tahun 2017 disarankan mendengarkan musik klasik yang tenang.

Menurut Valenti dan timnya, bahwa lirik dalam musik atau lagu memiliki dampak , namun hal ini tergantung pada individu yang mendengarkan. Untuk itu disarakan untuk mendengarkan musik instrumental yang tenang atau musik klasik.  

Untuk kamu yang pulang pergi kantor dan selalu berhadapan dengan stress saat di jalan, berikut ini ada beberapa saran yang bisa dicoba untuk menurutkan tingkat stress di jalan:

-  Perhatikan pola kemacetan di jalur yang sering kamu lalui, dengan demikian kemungkinan kamu bisa tahu kapan saat yang  tepat untuk berangkat atau pulang kerja.

-  Ketika di jalan ada orang yang memicu emosimu, responi dengan kasih Tuhan.

-  Cobalah latih teknik pernafasan  untuk menurunkan kegelisahan.

-  Belajar untuk melepaskan pengampunan saat sesuatu yang buruk terjadi, seperti mobil disenggol motor atau ada mobil yang menyelip di depanmu.

-  Pastikan kamu tidak mengangkat telephone  atau pesan singkat hingga kamu sampai di tempat tujuan.

- Saat menunggu dalam kemacetan, lakukan sesuatu yang positif, seperti berdoa atau memuji Tuhan.

Buat kamu yang harus pulang pergi ke kantor dengan jarak jauh, jalani saja dengan santai ya. Kalau perlu kamu bisa pasang instrumental lagu rohani sehingga kamu bisa menyembah Tuhan sambi nyetir. Dengan cara ini kamu bukan hanya mengurangi stress, namun juga iman kamu dikuatkan.

Percayalah bahwa Tuhan besertamu, dan jalanilah harimu dengan sukacita. Dengan cara ini, bisa dipastikan bahwa penyakit akan menjauhimu. Ingat ya bahwa hati yang gembira adalah obat yang manjur. 

Baca juga: 

Sembuhkan Diri Dari Pikiran Stres dan Pusing? Inilah 5 Cara Yang Akan Membantumu!

Stres Bisa Merusak Hubungan. Deteksi Stres Kamu Dengan 2 Tanda Ini!

Sumber : https://www.healthline.com/

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7262

advertise with us