Naomii Simbolon

Official Writer
922


Sampai detik ini, ribuan orang tentu bergumul dengan beban yang berat mengenai uang. Begitu mudah tergoda dengan solusi bebas secara finansial, hingga tidak sadar kini beban semakin berat lantaran hutang yang berjibun.

Apakah kamu sedang bergumul tentang keuanganmu saat ini? Apakah kamu hidup serba kekurangan? Atau kamu memiliki hutang yang cukup banyak dan bingung cara membayarnya?

Jika demikian, bacalah pengertian dibawah ini mengenai uang dan hutang karena ini akan membawamu ke dalam kebebasan secara finansial :

1. Berserah itu penting.

Rata-rata orang menyarankan untuk mengatur anggaran jika ingin bebas dari hutang. Padahal, itu bukanlah awal.

Jika kamu ingin mengalami kebebasan secara finansial maka mulailah dengan penyerahan diri.

Sampai kapan pun, kamu nggak bakalan bisa memenuhi anggaran yang sudah kamu tulis, dan tidak akan pernah bisa menghentikan kebiasaan belanja sesukamu atau kebiasaan menghabiskan uang jika kamu tidak hidup di dalam terang, berserah kepada Tuhan dan menerima kenyataan bahwa hidup ini bukan tentang kamu.

Berserahlah kepada Tuhan dan ingat bahwa kamu adalah idenya Tuhan, kamu adalah refleksi dari desain Tuhan dan kamu memiliki tujuan untuk melakukan kehendakNya.

Sama halnya ketika kita bersentuhan dengan uang. Kamu tidak dirancang untuk mengatur keuangamu dengan jalan dan aturanmu sendiri.

Dunia ini pertama sekali diciptakan oleh Tuhan bukanlah untuk menjadi wahana mewujudkan defenisimu secara pribadi mengenai kebahagiaan dan uang nggak Tuhan ciptakan untuk membuatmu mendapatkan semua yang kamu inginkan.

Jadi, ketika kita mulai dengan menyerah atas aturan kita dan keinginan kita maka kita akan menggunakan uang dengan cara yang Tuhan hendaki. Itu akan membantumu konsisten dan bebas secara finansial.

2.  Rasakanlah kepuasan dari Tuhan bukan dari uang.

Utang bukanlah masalah pengeluaran yang terlalu banyak tetapi utang terjadi karena kita ingin memuaskan diri sendiri.

Dalam 1 Timotius 6:6-10, Paulus menuliskan bagaimana uang menjadi akar masalah ketika kita menjadikannya sebagai alat kepuasan semata.

Sebenarnya tidak masalah jika kamu berinvestasi rumah untuk anak dan keluarga kamu dan menjaga mereka dengan kasih, tapi bukan berarti kamu harus memaksakan dirimu sendiri sampai berhutang demi membuat mereka bahagia dan kamu pun puas.

Jika kamu ingin lepas dari hutang maka berkomitmenlah untuk puas hanya karena kemuliaan Tuhan, bukan karena membeli ini dan itu sehingga kamu mengalami kepuasan.

Belanja untuk menghasilkan sesuatu untuk kebahagiaan pribadi tidak akan membuat kamu merasakan kebahagiaan yang abadi, justru membuat kamu berhutang dan mengalami tekanan secara kerohanian.

BACA JUGA : Membangun Keuangan Yang Diberkati Dalam Pernikahan, Lewat Komunikasi Seperti Ini!

3.  Jangan panik, melainkan lumpuhkanlah rasa takut kamu

Panik hanya akan membuatmu mencari jalan keluar yang penuh dosa dan salah.

Sering sekali sebagai manusia, ketika kita di penuhi dengan hutang, kita menjadi penuh kuatir, panik dan takut.

Akhirnya demi melunasi hutang, kita pun memutuskan hal yang salah seperti gali lobang tutup lobang bahkan mungkin bisa sampai mencuri lho.

Jadi, jika kamu ingin melunasi hutangmu dan mengalami kebebasan secara finansial maka tidak perlu panik, sangkallah kepanikan dan terima kedamaian karena itu akan membuat kita terus berharap kepada Tuhan dan menemukan cara yang bijak dan benar untuk menyelesaikannya dengan baik.

Berapapun hutangmu, dan seberapa jauh pun langkahmu berdosa terhadap hutang, ingatlah bahwa Tuhan tetap mengampunimu, menyelamatkanmu dan kasih karunia itu tak akan mengubah apapun.

Berusahalah setelah mengerti 3 hal di atas. Anggarkan keuanganmu, dan carilah pekerjaan sampingan dan komitmen untuk membayar hutang ya!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7253

Banner Mitra Juni Week 1-2