Naomii Simbolon

Official Writer
685


Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk kita rawat bukan? Baik itu kesehatan mata, hingga kesehatan organ-organ penting di dalam tubuh kita.

Jika kita sampai jatuh sakit, maka kita akan terbengkalai dalam melakukan banyak hal bukan? Dan tak satupun yang mau jika kita sampai jatuh sakit.

Agar terhindar dari penyakit, beberapa orang memutuskan untuk melakukan segala cara mulai dari sering kontrol ke dokter, minum vitamin, dan olahraga.

Tapi sayangnya nggak banyak yang menyadari bahwa sumber penyakit terbesar, datangnya dari makanan yang kita makan. Kalau kita nggak hati-hati dalam memilih makanan maka kemungkinan yang terjadi, kita akan jatuh sakit.

Nah, ngomongin makanan, dibawah ini ada beberapa makanan yang kerap sekali disepelekan tetapi ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan, yang berhasil di rangkum oleh Tim Jawabancom :

1. Biji nangka

Siapa diantara kamu yang habis makan buah nangka, kemudian membuang bijinya?

Tak banyak yang sadar bahwa biji buah nangka jauh lebih bermanfaat daripada buahnya. Meski bicara rasa, buah yang paling enak, tapi ngomongin manfaat maka biji nangka adalah yang terbaik.

Biji nangka ini memiliki manfaat yang begitu banyak, semisal  membantu kamu dalam pembentukan otot, bisa dijadikan camilan sehat, meningkatkan kekebalan tubuh biar nggak gampang sakit, juga membantu  memenuhi zat besi dalam tubuh kamu sehingga nggak gampang anemia.

Dan satu lagi, biji nangka bagus banget untuk pencernaan kamu, jadi perut plong dan terhindar dari ambeien.

2.  Kantong teh bekas

Siapa disini yang suka nge-teh? Apakah itu kamu?

Nge-teh sambil menikmati pagi dengan koran dan lalu lalang burung sangatlah indah, atau nge-teh di sore hari dengan isteri sambil melihat anak-anak bermain di taman juga sangat menyenangkan.

Tetapi berapa banyak kantong teh yang kamu buang sia-sia setiap kali nge-teh? Bayangkan saja, sehari itu kamu bisa nge-teh dua kali, artinya sebanyak 14 kantong teh terbuang selama seminggu. Duh, sayang banget.

Padahal, kantong teh bekas bagus buat kesehatan kamu lho dan bisa digunakan untuk beberapa hal.

Misalnya, untuk memulihkan mata kamu yang bengkak sehabis menangis diputusin doi atau sehabis begadang, melembabkan kulit kamu setelah seharian bermain di pantai, menghilangkan gejala herpes pada luka kamu, juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada kulkas serta melunakkan daging sehingga semakin enak.

Banyak gunanya kan? Nyangka nggak sih? Jadi, mulai dari hari ini, manfaatkan kantong teh bekas kamu ya, jangan langsung dibuang.

3. Jagung

Dianggap banyak mengandung karbo, beberapa orang pecinta diet memutuskan untuk menjauhkan diri dari makanan yang satu ini.

Padahal makanan ini tidak se-seram yang dipikirin lho. Makanan ini mengandung banyak sekali vitamin buat kesehatan kita.

Seperti mengandung antioksidan yang baik untuk melawan peradangan kronis pada tubuh kamu, serta melindungi kamu dari penyakit Alzheimer.

Bagus juga buat kesehatan pada pencernaan kamu karena mengandung banyak serat, serta mengandung karbohidrat yang tidak bikin kamu gemuk, tapi justru membuat kamu memiliki resiko yang rendah terhadap penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker.

BACA JUGA : Tak Banyak Yang Ngeh, Ternyata Biji Nangka Berguna Bagi Beberapa Penyakit Ini!

4. Kulit pisang

Tahu nggak sih bahwa kulit pisang itu bisa di makan?

Pada dasarnya, ketika makan pisang, orang cenderung membuat kulitnya, padahal kulitnya sangat bagus buat dimakan karena mengandung serat yang begitu kaya,  Tahu kan kalau serat itu baik buat kesehatan usus kamu ?

Jadi, sekarang kalau makan pisang jangan buang kulitnya ya. Biar terasa lebih enak, kamu bisa memotong pisang beserta kulitnya dan campur dengan buah lain. Kamu juga bisa menggoreng ataupun memanggangnya selama 10 menit, karena ketika kulit pisang matang maka rasanya akan lebih manis.

 

Jadi, itulah 4 makanan yang jangan dibuang karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kamu. 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

Kanan Agustus