Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
548


Semakin lama menjadi orangtua, semakin kita mengerti betapa perlunya kekuatan dan hikmat dari Tuhan buat menjalankan peran kita.

Tapi, gimana mau mendapatkan kekuatan dari Tuhan kalau mau berdoa dan baca Alkitab saja, susah ketemu waktu yang pas.  Apalagi kalau kamu masih punya bayi dan anak-anak kecil tanpa bantuan baby sitter?

Sebenarnya sih bisa, asal kita benar-benar kreatif dan bijak dengan waktu. Urusan anak bukanlah alasan untuk kita tidak punya hubungan dan dekat dengan Tuhan karena itu prioritas. Ikuti tips ini yuk!

1. Bangunlah lebih awal sebelum anak-anak kamu bangun

Berdoa dan membaca Alkitab di pagi hari adalah  waktu yang paling enak buat banyak orang, karena pikiran kita belum dipenuhi dengan banyak hal dan tidak begitu lelah.

Jadi, ini adalah waktu dimana kamu berdoa dan memulai hari bersama Tuhan. Sebagai orangtua, kan kamu sudah tahu jam bangun anak-anak jam berapa, jam untuk masak jam berapa maka bangunlah 30 menit sebelum waktu tersebut, kemudian berdoa, baca Alkitab dan serahkan hari ini kepada Tuhan.

Jika kamu tidak sempat di pagi hari maka kamu bisa melakukannya di malam hari. Ketika anak-anakmu sudah tidur semua maka itu adalah saat dimana kamu berdoa, membaca Alkitab dan menyediakan waktu denganNya.

BACA JUGA :Tak Banyak Yang Sadar, Ternyata Inilah 4 Alasan Kenapa Doa Kita Tak Kunjung Dijawab Tuhan!

2. Sembahlah Tuhan dimana saja dan apapun yang kamu kerjakan dirumah

Mendekat kepada Allah itu tidak selalu berduaan dengan dia di ruangan kosong tanpa ada gangguan kok. Seperti yang kita ketahui bahwa Tuhan itu kan ada dimana-mana, bukan hanya di kamar doa kamu.

Jadi, sembahlah dia dimanapun, dan berbicaralah kepadaNya. Misalnya, sambil cuci piring bernyanyilah untuknya, sambil pel atau menyusui bayi bernyanyi dan bicaralah kepada Tuhan. Jika kamu bingung dengan apa yang hendak kamu kerjakan dalam aktivitasmu sehari-hari maka tanyalah Tuhan, "Tuhan hari ini aku ngapain ya, apakah aku ke indomaret dulu atau cuci pakaian ya."

Usahakan untuk berbicara kepada Tuhan dalam setiap keputusanmu maka Dia akan menolongmu dan menuntunmu.

3. Membaca Alkitab di toilet

Nah, jangan sia-siakan waktu yang ada. Kalau kamu memang sibuk banget sampai nggak bisa membaca Alkitab maka manfaatkan waktu yang ada ketika kamu di kamar mandi.

Kan di kamar mandi nggak ada yang ganggu. Ketika kamu ingin membaca Alkitab, pastikan membuat daftar bacaan harian ya misalnya membaca Alkitab 3 pasal sehari. Dengan membuat itu, kamu jadi tau mau membaca pasal berapa dan sudah di pasal mana.

4. Membaca Alkitab sambil kelonin bayi

Biasanya kan orangtua kelonin bayi dengan menyanyi atau menina bobokkan dengan cerita dongeng. Nah, kenapa nggak kelonin bayi kamu dengan cerita di Alkitab saja. Sambil membaca Alkitab sambil kelonin bayi kan seru.

Anak-anak pun mendengar Firman Allah, kamu pun mengerti akan firman Allah.

5. Dengarkan mp3 lagu rohani sambil setrika pakaian

Nah daripada dengerin radio atau nonton TV, mending dengerin lagu rohani sambil setrika sambil memuji Tuhan. Kalau nggak kamu juga bisa sambil dengarkan Alkitab di hape. Ada lho Alkitab yang bisa ngomong.

6. Gunakan Hp untuk menjadi pengingat kamu untuk berdoa

Kan setiap orang punya jadwal doa, dan kamu pun harus membuatnya. Meski kamu begitu sibuk urus ini dan itu, tapi pasti ada waktu senggang dong, apalagi anak sudah tidur.

Jadi, berikanlah alram untuk dirimu sendiri supaya mengambil waktu berdoa bersama suami. Ini penting banget dalam hubungan keluarga.

Menjaga hubungan pribadi dengan Tuhan bukan hal yang susah kalo kita punya hati yang mau. Be creative aja cari cara-cara yang bikin kita enjoy tiap hari jalan sama Tuhan. Yuks, kita bertumbuh bareng-bareng tahun ini, saling mengingatkan dan mendukung untuk makin deket sama Tuhan. Amin!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra Desember week 2


7265

Banner Mitra Desember week 2