Tak Banyak Yang Sadar, Ternyata Inilah 4 Alasan Kenapa Doa Kita Tak Kunjung Dijawab Tuhan!

Kata Alkitab / 20 November 2019

Kalangan Sendiri

Tak Banyak Yang Sadar, Ternyata Inilah 4 Alasan Kenapa Doa Kita Tak Kunjung Dijawab Tuhan!

Naomii Simbolon Official Writer
3113

Berapa banyak di antara kamu yang sudah berdoa sejak berapa tahun, namun tidak mendapatkan jawaban apapun. Kita berdoa untuk meminta berkat, damai sejahtera, perlindungan, kesembuhan, kesuksesan dan lain sebagainya, namun sering sekali justru kita tidak mendapatkan hal-hal yang kita inginkan sehingga rasanya berdoa itu percuma saja. Kita pun memutuskan untuk tidak lagi berdoa.

Kenapa? Kenapa doa kita tampaknya tidak dijawab atau malah yang terjadi justru kebalikan dari apa yang kita minta?

Jika kamu tengah alami hal itu, maka belajarlah mengenali doamu serta hatimu sendiri. Mungkin beberapa di bawah ini adalah alasan kenapa doamu nggak kunjung di dengarkan!

1. Kamu tidak percaya sepenuhnya kepada Tuhan dan apa  yang kamu doakan.

Matius 21:22:” Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

Fiman ini secara jelas menyampaikan kepada kita bahwa dibutuhkan iman percaya yang sungguh-sungguh dan bukan ragu-ragu agar jawaban doa itu nyata dan kita menerimanya.

Percayalah dengan iman kemudian mintalah dengan iman percaya bukan dengan nafsu atau keinginan semata.

" Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan." (Yakobus 1:6-8)

2. Minta ampunlah kepada Tuhan dan bertobatlah dari dosamu

Yesaya 59:1-2: “Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.”

Disa membuat kita terpisah dari Tuhan. Ketika kita melakukan dosa tanpa menyadarinya kemudian datang kepada Bapa seakan tak bersalah dan berharap Tuhan menjawab doamu, kemudian tetap melakukan dosa, maka percayalah bahwa itu tidak akan menjadikan apapun.

Beresilah dosamu dan bertobatlah. Datanglah kepada Tuhan dalam kekudusan.

3. Mengutamakan dirimu sendiri bukan Tuhan, kemudian kamu meminta dengan keinginanmu sendiri.

Yakobus 4:3 :”Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.”

Motivasi yang salah akan membuat kamu berdoa sesuka kamu bukan menyerahkan semuanya kepada Tuhan.  Utamakanlah Tuhan dan mintalah sesuatu yang memuliakan diriNya bukan memuaskan dirimu sendiri.

BACA JUGA : Dipanggil Untuk Memberitakan Kebaikan dan Kebenaran. Beginilah Caranya Menjadi Orang Baik!

4. Tenang, Tuhan mungkin memiliki rencana yang jauh lebih baik dari yang kamu doakan.

“Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikian Firman TUHAN.” (Yesaya 55:8)

Cukup percaya saja, dan serahkan semua kepadaNya. Terus setia ya dan jangan patah semangat. Dia adalah Bapa yang mengerti kamu kok.

Ketika doa membuat kamu tidak lebih baik, ketika doa tak kunjung di jawab dan membuatmu kesal maka ingatlah bahwa jawaban doa tidak selalu dijawab saat itu juga, sebab Tuhan memiliki waktuNya sendiri, kemudian tak satupun yang bisa mengisi hati kita, dunia ini pun tidak hanya Tuhan saja yang bisa mengisi hati kita. Jadi semangat ya dan jangan jemu-jemu untuk berdoa. 

Sumber : Jawabancom
Halaman :
1

Ikuti Kami