Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
414


Graham Staines adalah seorang missionaris asal Australia yang terpanggil melayani penderita kusta di India. Saat banyak penderita kusta yang dikucilkan dan tidak diurus oleh keluarganya, Graham dan keluarganyalah yang dengan sukarela membantu mereka.

Sebagian orang India memandangnya sebagai pahlawan. Tapi sebagian lainnya menolaknya.

Sebagai negara penganut agama Hindu, India melarang keras praktik pindah agama. Mereka benar-benar menunjung tradisi dan budaya mereka.

Tapi saat seorang jurnalis terlibat dan mencoba menulis cerita tentang Staines, kehidupannya justru semakin terancam.

Kisah Graham inilah yang kemudian diangkat oleh seorang sutradara menjadi sebuah film berjudul The Least of Theses: The Graham Staines Story.

Ada 5 fakta yang perlu kita tahu dari film ini:

1. Diangkat dari kisah nyata

Film ini menceritakan ulang tentang peristiwa pembunuhan Graham Staines pada tahun 1999 yang dilakukan oleh lima warga India. Mereka membakar Graham dan dua putranya saat sedang tidur di dalam mobil di kota Manoharpur, India.

Waktu itu, India memiliki sekitar 23 juta orang Kristen, yang setara dengan sekitar 3 persen dari total populasinya. Delapan puluh persen orang India adalah Hindu. Film ini menggambarkan adegan pembunuhan Graham karena dituduh telah membuat orang Hindu India pindah agama. Kasus ini secara publik tersebar ke seluruh dunia.

2. Film menampilan tentang penganiayaan gereja

Ada sekitar 200 film teatrikal berbasis agama di era modern, tapi hanya sedikit yang mengisahkan tentang perjalanan iman orang Kristen internasional. The Least of These yang diproduksi di India ini secara berani menyoroti tentang penganiayaan Kristen. Karena undang-undang negara yang melarang penginjilan atau kegiatan agama lain, banyak orang Kristen ditangkap dan dituduh melakukan pelanggaran hukum.

3. Menginspirasi dan menggelitik

Graham Staines melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain. Dia memberikan harapan hidup kepada penderita kusta. Dia membuktikan bahwa penyakit kusta bisa disembuhkan dan tindakannya merangkul penderita kusta menjadi hal yang menggelitik masyarakat India tentang stigma negatif mereka selama ini terhadap penderita kusta.

Selama pelayanannya, Graham memperlakukan setiap penderita kusta dengan sama. Bahkan dia menunjukkan kasih Yesus yang belum pernah dirasakan oleh orang-orang terbuang di sana.

Film ini benar-benar sukses menggelitik perasaan kita sebagai manusia.

Baca Juga: Gak Nyangka Kisah Hidup Penginjil Australia Ini Jadi Film Kristen Terbaik 2019 Loh!

4. Mengajarkan tentang pengampunan

Setelah kematian suaminya, istri Graham Gladys bisa saja memilih untuk tidak mengampuni para pembunuhnya. Tapi dia tidak melakukannya. Dia justru dengan rendah hati akan memberikan pengampunan kepada para pelaku.

Setelah kematian Graham dan kedua putranya, dia berjuang membesarkan putrinya Esther dan melanjutkan pelayanan Graham di India.

“Aku berbicara kepada Tuhan, mencurahkan isi hatiku kepada-Nya dan Dia memberi aku kekuatan dan kebijaksanaan untuk melanjutkan (hidup),” ucap Gladys.

5. Mengisahkan tentang penginjilan yang berdampak

Seumur hidupnya, Graham memakai waktunya untuk melakukan misi pelayanannya. Hasratnya untuk mengabarkan injil ke berbagai negara ketika remaja, membawanya ke India. Di usia 20 tahun, untuk pertama kali Graham menginjakkan kaki di India dan melayani orang kusta di sana.

“Kebanyakan orang berpikir misi adalah apa yang kita sebut perjalanan jangka pendek yang sekarang kita lakukan. Sedikit yang menyadari kalau bermisi biasanya pergi selama 35 dan 40 tahun ke negara-negara lain, itulah yang dilakukan Graham,” kata Victor Abraham, produser eksekutif film.

Menurut Abraham, apa yang dilakukan Graham adalah tindakan dalam mengerjakan Amanat Agung yang diperintahkan oleh Yesus, yaitu pergi ke seluruh penjuru dunia, menjadikan semua bangsa murid dan membaptis mereka di dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus (Matius 28: 18-20).

Penasarankan sama filmnya, yuk ditonton!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7262

advertise with us