Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
290


Teruntuk kamu yang bekerja di kantoran, apalagi di depan komputer maka mata merupakan aset yang harus di jaga banget ya.

Nggak cuma di kerjaan, di jaman sekarang tampaknya komputer, labtob atau layar handphone merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan lagi. Entah itu ngerjain tugas kuliah, atau pun bermain game.

Tapi tahu nggak sih bahwa terlalu lama di depan komputer bisa menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan mata kamu. Nggak cuma itu, duduk cantik di depan komputer  terus menerus juga bakal membuat kamu gemuk karena timbunan lemak yang susah dibakar oleh tubuh.

Nah, kalau sudah terlalu lama duduk di depan layar komputer ataupun labtob, itu akan menyebabkan mata kamu mengalami kelelahan, jadinya sakit kepala, pusing, sakit leher dan pinggang kemudian bahu pegal dan banyak keluhan lainnya.

Itu sebabnya, lakukanlah beberapa tips di bawah ini agar kesehatan mata kamu terjaga :

1. Jagalah kecerahan layar monitor kamu

Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor kamu sesuai dengan posisi yang paling nyaman untuk kamu. Jangan mengatur tampilan layar monitor kamu terlalu cerah atau terlalu gelap ya, karena itu bisa membuat mata kamu kesulitan pas ngelihat ke monitor.

Nah kalau kecerahan handphone, kamu bisa mengatur tingkat kecerahannya. Kalau terangnya sudah di atas 50 persen, biasanya itu akan berisiko iritasi pada mata bahkan mengakibatkan penyakit mata permanen loh.

2. Cobalah menggunakan screen protector

Screen protector adalah pelindung layar alias sebuah lapisan yang berfungsi untuk melindungi layar pada handphone atau monitor kamu. Layar pelindung ini juga berfungsi untuk melindungi layar lCD kamu dari debu dan terpaan matahari.

Jadi, usahakanlah untuk memasang Screen Protector untuk mengurangi pancaran radiasi di layar monitor kamu, supaya nggak cepat membuat kamu kelelahan ketika melihat layar monitor.

BACA JUGA : Membiarkan Masalah Mengendap di Pikiran, Bisa Bikin Kamu Alami Psikosomatis Loh. BAHAYA!

3. Aturlah jarak pandang mata kamu

Kemudian, aturlah jarak pandang mata kamu dengan monitor. Idealnya sih, jarang yang aman itu adalah 50-100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata ya, karena akan membuat mata kamu cepat lelah.

4. Berilah istrahat pada mata kamu

Secara normal, manusia akan berkedit sebanyak 18 kali selama se-menit, tapi ketika kita menatap laya monitor maka mata kita akan jarang berkedip. Itu sebabnya, usahakanlah setiap 1 jam sekali istrahat setidaknya 5 menit saja tanpa menghadap ke monitor supaya mata kamu nggak mudah iritasi ataupun lelah.

5. Komsumsilah buah dan sayuran secara rutin

Buah-buahan memiliki peranan yang sangat penting karena memiliki kandungan vitamin A yang sangat bagus banget buat kesehatan mata, jadi sebaiknya perbanyaklah mengkomsumsi buah dan sayuran supaya mata kamu nggak kekurangan vitaminA dan sehat selalu.

6. Rutinlah melakukan pemeriksaan mata

Ini adala hal yang jarang sekali dilakukan oleh orang lain. Banyak orang yang terlalu cuek dengan kesehatan mata. Jadi, sebaiknya mulai dari sekarang belajarlah untuk rutin memeriksa kesehatan mata kamu. Pergilah berkonsultasi kepada dokter spesialis mata. Usahakan setiap 3 bulan sekali memeriksa mata kamu ya. Jadi kalau suatu hari ada keluhan, setidaknya langsung ditangan dengan baik oleh ahlinya.

 

Itulah 6 hal yang bisa kamu lakukan supaya kesehatan mata kamu terus terjaga dengan baik. Semangat!

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7262

advertise with us