Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
1049


Sekitar 800 orang delegasi dari 92 negara dan ribuan orang Kristen Indonesia berkumpul di Sentul International Convention Center (SICC) mulai 7 November 2019 lalu hingga 13 November 2019 dalam rangka World Evangelical Alliance (WEA) Genereal Assembly 2019. Acara ini menjadi pertemuan berskala global pertama kali yang diselenggarakan oleh WEA sejak 11 tahun terakhir.

Mengangkat tema “Your Kingdom Come” (Datanglah Kerajaan-Mu – red) , yang terinspirasi dari doa Yesus dalam Matius 6, acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk kalangan Injili datang bersama melakukan refleksi dan membuat strategi dalam memenuhi tanggung jawab “Amanat Agung” dalam memuridkan semua bangsa,.

Pendeta Niko Njotorahardjo, menyatakan kepada peserta WEA, “Yesus memberikan kepada kita Amanat Agung. Sahabatku, jangan lupa Tuhan mau agar semua orang menjadi murid Yesus. Murid adalah orang yang gaya hidupnya menggambarkan bagaimana Yesus hidup.”

Kita harus serius tentang menyelesaikan Amanat Agung Yesus. Kita disini bukan hanya untuk berkumpul tetapi juga berdoa, 'Oh Tuhan, datanglah cepat dan Kerajaan-Mu datanglah,'” demikian tambahnya.

WEA sendiri adalah jaringan gereja dan organisasi yang ada di 129 negara yang membantu untuk menyebarkan berita Injil. Sekretaris Jendral WEA Bishop Efraim Tendero menegaskan pada hari Kamis lalu bahwa orang Kristen harus fokus pada pemuridan “antargenerasi, yang disengaja dan holistik.”

Tendero menjelaskan mengapa memilih Indonesia sebagai tuan rumah untuk acara global gereja-gereja tersebut, “Kami secara hati-hati memilih Indonesia menjadi tuan rumah untuk General Assembly karena negara ini memiliki populasi umat Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 230 juta orang, tetapi disini juga ada toleransi dan harmoni.”

Jadi kami berkumpul selama enam hari ke depan, kita memiliki semangat dan keinginan untuk berseru kepada Tuhan, bahwa sebagai pemimpin injili, kita semua bekerja sama untuk memajukan Kerajaan Allah di masa kita ini,” demikian tambahnya.

Konfrensi ini dilakukan hanya seminggu setelah WEA mengumumkan bahwa Jay Matenga ditunjuk menjadi direktur eksekutif yang baru untuk Mission Commision. Matenga sendiri bukan orang baru di organisasi ini, karena ia telah 10 tahun melayani di Mission Commision. Ia percaya bahwa misi saat ini sedang berubah dari era kolonial kepada era komunal.

Ketika kita menyiapkan langkah ke arah 2020 serta kedepannya, kita tidak bisa lagi berasumsi bahwa tujuan besar itu menolong, setidaknya tidak seperti yang dijelaskan dibawah ekspansi kolonial. Meminjam metafora perfilman, kita seperti sedang melihat “Amanat Agung” yang blur (buram) sebagai objek baru yang terlihat karena fokus. Dan itu tidak apa-apa karena musimnya sudah berlalu,” demikian tulis Matenga dalam sebuah postingan blog.

Apakah saya berkata Matius 28:18-20 dan ayat-ayat yang serupa tidak lagi mendapat tempat? Tidak, aku tidak berkata demikian. Aku malah menyatakan bahwa ayat-ayat itu ditempatkan sebagaimana mestinyas – sebagai latar belakang misi Allah, bukan sebagai obyek misi Tuhan. Jadi apa yang disebut Amanat Agung hanyalah pengutusan, bukan misinya. Jadi, apa msinya? Kita semua mungkin (dan secara benar) berkata, untuk menghasilkan murid Yesus.”

Menurut Matenga, memberitakan Injil adalah misi dari era yang telah lalu, sedangkan kunci misi di era baru ini adalah Yohanes 17:18-25, yang ia sebut “Komitmen Agung.” Komitmen Agung ini adalah mendemonstrasikan mencintai kesatuan, mencintai Tuhan dan menjadi dewasa sebagai murid.

Apakah kamu percaya bahwa ini adalah masa-masa akhir dari zaman akhir? Yuk bergandengan tangan sebagai tubuh Kristus untuk menggenapi Amanat Agung, yaitu memberitakan Injil dan memuridkan mereka yang percaya agar mengalami kedewasaan penuh di dalam Kristus. 

Baca juga : 

Insan Pers Kristiani Diminta Beritakan Amanat Agung Tuhan

Amerika Nggak Pernah Dengar Soal Amanat Agung Lho!



Sumber : Christianpost.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:05

Samaritan purse

0 Answer

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

Banner Mitra November Week 4