Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
512


Di waktu-waktu ini, beberapa teman dekat aku mengaku mulai kewalahan menyimbangkan hidup antara kerja dan kuliah.

Kadang merasa kasihan karena rata-rata mereka mengaku bahkan kurang istirahat karena harus mengerjakan tugas kuliah dan juga kerjaan kantor. Ada beberapa diantaranya yang juga mengaku sedih karena waktu weekend (Sabtu dan Minggu) dipakai untuk kuliah. Yang artinya, mereka bahkan gak punya waktu buat ibadah Minggu dan juga istirahat.

Membagi fokus pikiran untuk dua hal yang berbeda memang cukup sulit. Tapi bukan berarti kamu gak bisa melakukannya! Kuliah sambil kerja bisa berjalan dengan baik kalau kamu bisa mengatur waktu dan kebutuhanmu dengan baik.

Ada 8 tips untuk menyeimbangkan kehidupanmu saat menjalani kuliah sambil kerja.

1. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang mendukung

Dukungan dari orang lain ibarat sumber energi yang akan mendorongmu terus maju. Kamu bisa menemukan dukungan itu dari keluarga, teman-teman, atau rekan kerja.

Atau akan jauh lebih baik kalau kamu punya teman sepenanggungan, seperti rekan kerja yang juga sama-sama kuliah. Karena dengan itu, kamu bisa berbagi tentang kesulitan atau hal-hal yang sedang kamu hadapi.

2. Atur waktumu dengan baik

Kuliah dan kerja adalah dua hal yang sama-sama penting. Kamu gak bisa mengerjakan satu kerjaan dan mengabaikan yang lain.

Karena itulah penting untuk mengatur kembali waktumu seefektif mungkin. Kalau sebelum kuliah kamu mungkin lebih banyak buang-buang waktu untuk sosial media atau nongkrong. Maka, pangkaslah waktu-waktu itu untuk mengerjakan hal-hal yang lebih penting. Entah istirahat, mengerjakan tugas kampus atau menyelesaikan tugas kantor.

Dalam hal ini kamu harus belajar untuk fokus.

3. Jaga kesehatan

Kuliah sambil kerja memang akan menguras waktu dan tenaga. Apalagi dengan sejumlah tuntutan yang harus diselesaikan, membuat kamu bahkan gak tidur sepanjang malam.

Jangan mengulangi kebiasaan ini terus menerus kalau kamu gak mau jatuh sakit. Sebanyak apapun pekerjaanmu, sempatkanlah untuk tidur yang cukup. Saat tubuh mendapat istirahat yang cukup, maka tubuh akan mampu memperbaiki diri untuk kembali bugar.

Kamu mungkin berpikir kalau tidur hanya buang-buang waktu. Tapi dengan mengambil waktu sejenak untuk istirahat akan sangat efektif untuk memberi pikiranmu waktu relaksasi begitu juga dengan tubuhmu.

4. Bicara ke pimpinanmu

Ya, di satu sisi hal ini pasti akan sulit. Karena sebagai karyawan menyampaikan keluhan ke atasan hanya akan menunjukkanmu sebagai orang yang gak bisa diandalkan.

Tapi bagaimanapun kamu harus menyampaikan kondisimu ke atasan. Karena dengan tahu keadaanmu, kamu bisa dapat sedikit kelonggaran dalam tugas kantor.

Tapi kalau ternyata kamu melihat atasanmu ternyata bukan orang yang peduli dengan hal-hal semacam ini, akan lebih baik untuk membiarkannya saja. Kalau memang kondisinya ternyata sulit, akan lebih baik mencari pekerjaan yang waktunya fleksible dan membuatmu bisa mengelola waktu dengan baik.

Baca Juga:

10 Benda Ini Wajib Ada di Meja Kerjamu Setiap Hari

Kena Tipu Investasi Bodong? Jangan Takut, Lapor ke Sini Aja Yuk…

5. Mintalah bantuan

Dalam kondisi ini, jadilah sosok yang terbuka untuk mendapatkan bantuan dari orang lain.

Ada kalanya kita akan mendapatkan kesulitan baik di kantor maupun saat kuliah. Jangan pernah memaksa diri untuk menyelesaikannya walaupun tampaknya mustahil. Mintalah bantuan dari orang lain.

6. Percayai kemampuanmu sendiri

Kunci untuk sukses menjalani kuliah sambil kerja adalah punya kepercayaan diri yang tinggi soal kemampuan sendiri.

Waktu kamu merasa mulai menyerah dengan semua rasa lelahmu, kembalilah mempercayai kalau kamu bisa melewatinya sampai selesai. Yakinkan dirimu kalau pendidikan dan pekerjaan yang kamu jalani adalah dua hal yang sangat penting. Percayalah kalau keputusan ini adalah kunci untuk membawamu maju ke depan.

7. Selalu berikan apresiasi untuk diri sendiri

Hal ini penting karena dari sanalah sumber semangatmu. Mengapresiasi pencapaian diri sekecil apapun itu akan sangat baik untuk menjaga api semangatmu untuk belajar dan bekerja.

8. Cintai apa yang kamu pelajari

Salah satu cara termudah untuk menyeimbangkan waktu antara kuliah dan kerja adalah mencintai apa yang kamu pelajari. Kalau kamu mencintai mata pelajaran yang kamu pelajari di kuliah, kamu pasti akan lebih termotivasi untuk memprioritaskan waktumu untuk itu tanpa harus teralihkan dengan hal-hal lain.

Selain itu, ingatlah tujuanmu kuliah untuk apa. Karena dengan itu kamu akan bisa mengatasi semua hambatan yang kamu hadapi selama mengerjakan dua hal berbeda ini dalam satu waktu.

Kamu patut bangga sama diri kamu sendiri karena gak semua orang bisa menjalani dua pekerjaan ini secara bersamaan. Jadi, tetaplah jaga semangatmu sampai apa yang kamu impian terwujud nantinya. Dan jangan lupa untuk terus andalkan Tuhan, minta kekuatan dan kemampuan. Karena bagaimanapun sumber kekuatan kita asalnya dari Tuhan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

1 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

1 Answer

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)