Lori Mora

Official Writer
884


Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pembahasan terkait istilah radikalisme dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/10).

Jokowi menilai istilah radikalisme perlu diubah dengan label yang baru seperti ‘manipulator agama’. Hal ini nantinya bisa mendukung upaya pemerintah dalam mencegah perluasan gerakan radikalisme.

“Atau mungkin, enggak tahu, apakah ada istilah lain yang bisa digunakan misalnya manipulator agama. Saya serahkan kepada Pak Menko Polhukam untuk mengkoordinasikan masalah ini,” ucap Jokowi.

Menanggapi usulan Jokowi, MUI pun angkat bicara. Lembaga ini menilai bahwa manipulator agama  dan radikalisme adalah dua hal yang berbeda. Di satu sisi manipulator dianggap sebagai pihak yang tahu kebenaran lalu memanipulasi kebenaran tersebut. Sementara radikalisme adalah paham tentang sesuatu yang diyakininya. Karena itu, para pelaku teror bisa adalah orang-orang yang paham dan juga tidak paham agama.

Seseorang bisa saja jadi teroris karena ditipu dana sama sekali tidak tahu soal agama. Sementara seorang manipulator agama adalah seseorang yang paham agama tapi menyalahgunakan pemahaman itu untuk melakukan kekerasan atau teror. Dan terorisme itu belum tentu adalah manipulator agama. Karena itu radikalisme akan lebih pantas jika disebut dengan terorisme.

“Kalau saya langsung menyebut terorisme. Karena kalau radikalisme ada yang positif, meski sekarang banyak diartikan negatif. Bahwa radikalisme itu bukannya radix, tapi memahami agama secara dangkal lalu dia salah dalam memahami agama sehingga menjadi terorisme,” ucap Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis.

Baca Juga: Menag Kasih Solusi Kasus Penyegelan Rumah Ibadah, KWI dan PGI Sampaikan Komentar Tegas

Sementara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan jika gerakan radikalisme sebenarnya tidak berkaitan dengan kelompok agama tertentu. Tapi gerakan radikalisme itu adalah sekelompok orang yang berusaha untuk mengganti dasar dan ideologi negara dengan melawan aturan.

“Bahkan kebetulan ada Islam karena radikalnya, bukan Islamnya,” kata Mahfud.

Dia menilai bahwa radikal dalam hal ini ditujukan kepada kelompok-kelompok kecil yang mencoba untuk melawan ideologi.

“Siapa yang menuduh umat Islam radikal enggak ada. NU misalnya, enggak radikal, Muhammadiyah enggak radikal. Itu kelompok-kelompok kecil yang memang faktanya ada. Itu bukan Islamnya atau tidak Islamnya. Siapapun akan ditindak,” ucapnya.

Pembahasan tentang istilah radikalisme ini memang masih dalam proses. Namun sebagai informasi pendukung, kita bisa mempelajari secara mendasar apa itu radikalisme.

Kata radikalisme itu sendiri berasal dari bahasa Latin yang disebut radix yang artinya akar. Istilah radikalisme ini sendiri muncul pertama kali pada akhir abad ke-18 di Britania Raya. Gerekan ini menyatakan dirinya sebagai partai kiri jauh yang menentang partai kanan jauh. Sementara gerakan ini banyak dipraktikkan dalam proses politik di masa itu, khususnya dalam sistem pemilihan untuk mendukung reformasi parlemen. Tapi dalam praktinya gerakan ini memang banyak dilakukan dengan cara kekerasan dan ekstrimisme.

Jadi kalau orang Kristen ditanya apakah istilah radikalisme diganti dengan manipulator agama, kamu setuju gak sih?

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7254

Banner Mitra Juni Week 1-2