Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
393


Menjadi orangtua adalah sebuah kebanggaan dan kehormatan dari pada Allah, dimana Dia memberikan kesempatan kepada kita untuk merawat putra-putriNya.  

Untuk menjadi orangtua tapi tidak semudah yang kita lihat dan pikirkan. Kita harus memiliki dedikasi yang tinggi untuk mengajari dan mendidik keturunan kita.  Kita harus mengenal semua hal yang ada dalam lingkungan, pergaulan dan banyak lagi. Bukankah sebuah kewajiban bagi kita untuk mendidik dan memberikan kehidupan bagi anak kita? Supaya mereka tidak terjerumus ke dalam kehidupan buruk misalnya narkoba, miras, seks bebas dan lain-lain.

Saya tau, itu bukan perkara yang mudah. Tapi ketika Tuhan memberikan kita anak untuk di didik, itu berarti Dia juga ikut serta dalam proses pendidikan anak tersebut. Masalahnya, apakah orangtua mempersilahkan Tuhan bekerja atas mereka, apakah orangtua memperkenalkan Tuhan Sang Pencipta kepada mereka atau tidak?

Coba renungkan? Apakah kita membawa anak-anak kita berada di gereja sejak kecil dan memperkenalkan kepada mereka tentang iman yang benar yang kamu percaya?

Selain membesarkan anak dan memberi makan dan minum secara fisik, kita juga memiliki tanggung jawab penting untuk membantu mereka bertumbuh di dalam iman.  Sebab hanya Tuhanlah yang tahu kemana Dia akan membawa anak-anakmu.

Inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya anak-anak kamu sukses karena mereka bertumbuh dalam Tuhan :

1. Mulailah ketika anak-anak kamu masih berusia muda

Sejak mereka kecil, ajarlah mereka tentang Tuhan. Beli buku-buku tentang Kristen dan Alkitab yang cocok dengan usia mereka, kemudian jelaskan kepada mereka. Selain itu, perdengarkan kepada mereka lagu-lagu rohani, lagu sekolah minggu, dan jangan lupa mengajari mereka berdoa, dan membuat mezbah doa. Jadilah role model mereka di rumah dalam iman.

"Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu." (Ulangan 6:4-9)

BACA JUGA : Punya Anak Tapi Masih Bingung Dengan AgamaNya? Yuk, Siasati Dengan Cara Ini!

2. Hadirilah komsel atau  ibadah gereja yang melibatkan seluruh keluarga

Di gereja kan biasanya ada komsel family, ajaklah seluruh keluargamu menghadiri komsel tersebut, baik ibu atau anak dan suami. Nikmatilah Tuhan bersama-sama.

Kemudian di hari minggu, pergilah ibadah bersama dan taruhlah anakmu di sekolah Minggu, biar dia memiliki komunitas dan teman-teman sebaya, supaya saling mengenal dan bertumbuh bersama.

Selain itu, hal ini juga akan mengajarkan mereka tentang cara mengidentifikasi diri dengan budaya jemaat setempat.

3. Ajak anak kamu ngobrol tentang iman kepada Tuhan

Ketika anak kamu sudah remaja dan cukup dewasa mengerti tentang Tuhan dan hubungan pribadi denganNya, ajaklah dia untuk bicara. Pergi ke gereja saja nggak cukup tapi ada hal yang penting yang harus dia miliki yaitu hubungan dengan Tuhan.

Jika anakmu tidak mau tertanam dalam komunitas gereja, beritahulah kepadanya manfaat komunitas dan berikan contoh bagaimana orang hidup dalam duniawi.

Selain 4 hal itu, cobalah diskusi dengan pasangan kamu tentang anak-anak kamu, karena cara pengasuhan kalian pun dibutuhkan untuk hal ini. Cara kalian mengasuh anak, kesepakatan kalian dalam membentuk keluarga juga mempengaruhi pertumbuhan iman mereka.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Farhan nuzul 11 November 2019 - 21:37:46

Pada percobaan tersebut digunakan 2 tanaman yang t.. more..

0 Answer

Medina Simbolon 11 November 2019 - 14:18:02

Jln keluar. Sudah 1 thn saya menderita miom sudah .. more..

0 Answer

Ronny Lie 10 November 2019 - 08:11:12

Imam

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 1


7272

Banner Mitra November Week 1