Naomii Simbolon

Official Writer
494


Perihal membesarkan anak-anak, tentu saja tidak semudah yang  kita pikirkan. Nggak cuma mikirin tentang kebutuhan mereka secara fisik atau membesarkan mereka tapi juga memikirkan pertumbuhan mereka secara rohani dan pengenalan mereka dengan Kristus.

Nah, sebuah tantangan yang besar bagi orangtua jaman sekarang untuk menjagai dan memastikan anak-anak mereka bertumbuh di dalam Tuhan. Apalagi semakin hari, jaman semakin berkembang dan banyak kemungkinan-kemungkinan yang membuat anak-anak menjauh dari Tuhan atau salah dalam mengenali iman mereka.

Apakah kamu memiliki anak yang suka bertanya mengenai iman mereka kepadamu? Mulai dari siapa itu Yesus, bagaimana ngobrol dengan Tuhan dan lain sebagainya.

Jangan sampai salah menjawab ya Ma dan Pa. Bantulah mereka untuk bertumbuh dengan Kristus dengan melakukan beberapa hal dibawah ini :

1.  Ceritakan dan bagikanlah kepada mereka perjuanganmu mengenai imanmu di dalam Yesus

Yang ini sangat penting sekali. Jujurlah kepada anak-anakmu mengenai imanmu dan ngobrollah kepadanya bagaimana kamu bisa bertemu dengan Yesus dan bertumbuh di dalam Tuhan. Anak-anakmu perlu tahu bahwa mereka nggak sendirian dengan perasaan mereka. Jadi berceritalah mengenai masa lalumu, bagaimana kamu pernah berjuang dalam pengenalanmu akan Tuhan hingga kamu bisa mengatasinya dan kemudian bahaslah kepadanya mengenai kekuatiran yang tengah dia alami.

2. Arahkanlah anakmu untuk jauh lebih dekat kepada Tuhan

Ketika anakmu bingung tentang imannya dan nggak tahu harus bagaimana, tawarkanlah dirimu untuk belajar Alkitab bersamanya atau pergi ke komunitas bersamanya untuk bertumbuh bersama.

Tuntunlah dia untuk bertumbuh bersama dan berjuang di dalam Tuhan.

Jika dia setuju, itu sangat luar biasa.  Habiskanlah seminggu untuk belajar Alkitab dan belajar tentang Kristus bersama-sama.

BACA JUGA : Mendidik Anak Nggak Cuma Soal Tenaga, Tapi Karakter Yang Benar. Misalnya Ini!

3. Biarkan dia ikut komunitas gereja dan lebih sering ibadah ke gereja

Dengan memiliki teman gereja, maka anak-anakmu akan memiliki pergaulan yang lebih luas tentang Yesus. Dalam komunitas biasanya anak-anak akan jauh lebih bertumbuh, karena ada teman-teman sebaya yang  saling mendorong dan men-support.

Selain itu pemahaman dan bahasa yang dia dengarkan dari temant-temannya juga lebih gampang dimengerti dan lebih baiknya lagi, mereka akan semakin tertantang untuk lebih mengenal dan bertumbuh dalam Yesus ketika teman-teman mereka  pun demikian.

4. Ajaklah suamimu untuk membuat mezbah doa dalam keluargamu

Ini penting banget, ketika anak-anak melihat orangtua mereka bertumbuh di dalam Yesus, maka mereka akan mengikuti jejak itu.

Dengan membuat mezbah doa, maka anak akan belajar berdoa dan menghormati waktu dengan Tuhan. Selain itu, dalam mezbah doa ini, kamu dan keluarga serta anak-anak bisa belajar satu sama lain dan membahas Alkitab dengan begitu rinci.

5. Berdoalah bagi anak-anakmu

Dibalik semua kerja keras yang kamu lakukan kepada anak-anakmu, maka sangat penting utnuk menutup bungkus semuanya dalam doa, biar Tuhan menjagai mereka dan memenuhi mereka dengan rohNya sehingga anak-anakmu terus bertumbuh dan mengerti siapa itu Yesus dan terus haus dan lapar akan Kristus.

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu anak-anakmu terus bertumbuh di dalam Tuhan. Pastikan terus mendidik mereka dalam pengenalan akan Kristus hari-demi hari ya!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7268

advertise with us