Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
552


Semua pemimpin gereja pasti bermimpi supaya gerejanya bisa bertumbuh dengan baik.

Banyak pendeta, penatua dan pemimpin gereja membangun visi yang bukan hanya berfokus ke dalam gereja. Tapi mereka juga bermimpi besar untuk memberkati keluar, seperti membangun pelayanan baru baik untuk sosial kemanusiaan maupun medis. Tapi untuk menjalankan visi ini, gereja tentu saja perlu dukungan dana, bukan?

Salah tau hal yang perlu diketahui setiap pemimpin gereja adalah bahwa gak akan ada jemaat yang mendukung visi dan misi gereja jika mereka tidak mendapatkan sesuai yang berbeda dari gereja.

Ada 8 alasan utama yang membuat banyak orang untuk memberi kepada pelayanan gereja.

#1 Banyak orang memberi saat mereka mendapat kepercayaan dari pemimpin gereja.

Yohanes 10: 1-11 bilang ‘…Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya..”

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dalam sistem memberi, seseorang akan pertama-tama memberi kepada orang yang mereka percaya. Saat memberi mereka memberi dengan suatu tujuan.

Karena itulah hal yang paling penting untuk mendorong orang lain mau memberi adalah membangun relasi.

Bahkan jika sebuah gereja sedang melakukan penggalangan dana untuk tujuan tertentu dan dibantu oleh jasa konsultan, peran pendeta tetap sangat penting. Pendetalah yang harus mendorong orang lain untuk memberi karena dia adalah sosok yang punya kredibilitas untuk melakukannya.

Tapi kalau pendetanya justru bermasalah dalam kepemimpinan, maka jangan berharap banyak orang akan memberikan uangnya untuk pelayananmu.

#2 Banyak orang berdonasi karena menangkap visi yang sama dengan gereja, bukan karena ingin mendapatkan sesuatu.

Alkitab berkata, “Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.” (Amsal 29: 18)

Kebanyakan pelayanan Kristen yang menerima donasi terbesar menawarkan visi yang jelas kepada calon donator. Mereka tidak menawarkan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pelayanan. Karena, kebutuhan tidak akan memotivasi orang untuk memberi. Sebaliknya, banyak orang lebih tergerak berdonasi setelah menangkap visi dan misi pelayanan.

Jadi, gereja perlu mengubah caranya strateginya dengan menawarkan kepada orang lain tentang untuk apa uang yang akan dikumpulkan tersebut.

Tekankah bahwa akan banyak kehidupan orang lain yang akan diubah saat seseorang memberi, akan banyak pernikahan yang diselamatkan, akan banyak hubungan yang hancur yang dipersatukan kembali dan banyak pecandu yang menerima pertolongan.

#3 Orang akan memberi karena mereka ingin merasakan sukacita.

Memberi bisa membuat seseorang bahagia. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian terkemuka.

Rasa bersalah tidak akan pernah memotivasi seseorang untuk memberi. Jadi, jangan pakai rasa bersalah untuk memotivasi orang lain mendonasikan uangnya untuk pelayananmu. Sebaliknya, sampaikan hal-hal positif atau sesuatu yang mendatangkan sukacita untuk menggugah hati mereka.

#4 Banyak orang memberi karena terinspirasi dengan teladan seseorang.

Kesaksian tentang tindakan seseorang setelah memberi akan menjadi senjata paling ampuh untuk menggugah seseorang mau memberi. Teladan itu akan sangat menular dan saat seseorang memberi maka tindakan tersebut akan dengan mudah menular ke orang lain.

Jadi, sampaikanlah kesaksian nyata tentang hidup seseorang yang dengan murah hati mau memberi untuk orang lain.

#5 Banyak orang memberi karena mereka ikut dilibatkan.

Paulus memberi tahu orang-orang di Filipi bahwa dia begitu bersyukur menyaksikan kehidupan orang percaya di kota tersebut (Filipi 1: 3 & 5).

Jika kita merenungkan kehidupan orang percaya di Filipi, kita akan menemukan bahwa mereka yang paling terlibat dalam pelayanan tersebut adalah mereka yang paling banyak berkorban maupun memberi.

Jadi, di dalam gereja hal ini juga bisa berlaku. Pihak gereja perlu melibatkan lebih banyak jemaatnya dalam proyek pelayanan tertentu sehingga mereka akan terdorong untuk mau memberi.

Baca Juga: Gak Tahu Kasih Kemana? 6 Cara Tepat Supaya Donasimu Tepat Sasaran

#6 Orang memberi saat mereka diminta untuk memberi.  

Yakobus 4: 2 berkata, “Kamu tidak mendapatkan karena kamu tidak bertanya kepada Tuhan.”

Alkitab berkata supaya kita meminta, mencari dan mengetuk. Tuhan meminta kita untuk memberi.

Dalam kehidupan kita, kita akan memberikan bantuan kepada orang lain saat kita diminta oleh seseorang. Kita memberikan bantuan tersebut karena kita didorong oleh kasih, kemurahan hati dan juga karakter. Sebagai balasannya, orang yang kita tolong akan merasa diberkati.

#7 Banyak orang memberi saat diberikan kesempatan untuk memberi.

2 Korintus 8: 12 menyampaikan, “Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.”

Ayat ini mendorong kita untuk memberikan seseorang kesempatan memberi dari apa yang dia bisa berikan. Ajarilah mereka bagaimana harus memberi, maka mereka akan mencari tahu bagaimana caranya.  Entah itu dengan mendorong mereka berdoa lebih dulu dan bertanya apa yang Tuhan mau mereka lakukan. Atau dengan memberi melalui sesuatu yang tergerak dari dalam hati mereka.

#8 Orang akan memberi saat mereka dihargai.

Hampir semua isi bagian kitab Filipi bicara tentang ucapan terima kasih Paulus kepada orang-orang yang mendukung pelayanannya dan juga keuangan mereka.

Jadi, gereja juga perlu menerapkan hal yang sama kepada jemaat supaya mereka terdorong untuk memberi demi membangun visi gereja.

Cobalah untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua orang yang sudah berpastisipasi dalam pelayanan gereja, entah itu memberi kartu ucapan, menghubungi langsung, mengundang makan malam dan sebagainya.

Mendukung pelayanan gereja melalui pengumpulan dana bukanlah hal yang mudah. Hindarilah cara-cara yang hanya membuat orang lain menilai gerejamu sebagai gereja pengumpul uang karena hanya menawarkan doktrin tertentu untuk menarik minat. Sebaliknya, kita perlu memastikan lebih dulu pelayanan kita sudah berdampak bagi hidup banyak orang. 

Sumber : Pastors.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Buyung Mahyuddin 27 February 2020 - 23:32:48

What did Astuti mother buy

0 Answer

Yance Salinggi 27 February 2020 - 12:26:16

Hubungan

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:55:53

Ask about GOD.. Where is True GOD?

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7267

Banner Mitra Februari 2020 (3)