Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
212


Keberadaan Instagram, Facebook dan Youtube telah mengubah hidup generasi millennial. Sadar atau gak, orangtua harus menerima kenyataan kalau kebanyakan yang dibicarakan anak-anak dari usia belia sampai dewasa gak jauh dari seputar sosok selebritis yang mereka kagumi dan idolakan.

Hampir separuh hidup anak-anak saat ini dipengaruhi oleh salah satu atau beberapa sosok selebritis yang mereka kenal dari platform sosial media.

Anak-anak bisa terpengaruh dari style berpakaian, gaya hidup bahkan sampai kebiasaan mereka.

Karena itulah para selebritis ini cenderung disebut sebagai influencer. Karena mereka berhasil mempengaruhi hidup banyak orang.

Siapa selebriti yang paling diidolakan anak-anak kita?

Kebanyakan anak di Asia begitu terkagum-kagum dengan grup K-POP Korea Selatan. Dan sebagian lainnya dari penyanyi-penyanyi muda Hollywood seperti Justin Bieber, Ariana Grenda dan sebagainya.

Apakah wajar bagi anak mengikuti pengaruh yang dibawa oleh artis-artis idolanya?

Sayangnya, tidak! Kenapa? Inilah tantangan yang harus dihadapi orangtua di masa sekarang. Saat anak gak bisa memfilter selebriti mana yang layak dan tak layak diidolakan, maka merekapun secara gak langsung akan terpengaruh bukan hanya pada style berpakaian selebriti tertentu. Tapi hampir seluruh gaya hidupnya akan diadopsi bulat-bulat oleh seorang anak. Dampak negatifnya adalah anak tak lagi peduli dengan budaya-budaya yang dijunjung dalam masyarakat dan lebih mengikuti tindakan-tindakan yang melanggar norma.

Mengubah opini anak tentang selebriti akan semakin sulit saat anak sudah terobsesi pada idola mereka. Hal ini akan jadi masalah saat selebriti itu melakukan tindakan-tindakan buruk di depan publik. Beberapa diantaranya bisa dengan sengaja memakai pakaian gak pantas di depan umum, atau menjalani diet yang tidak sehat, memakai narkoba dan kecanduan minuman keras.

Sisi negatif inilah yang bisa membahayakan anak-anak kita.

Walaupun di sisi lain, akan tetap selalu ada selebriti atau artis yang memberikan dampak positif bagi banyak orang. Seperti aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial, berprestasi secara pendidikan, atau lebih religius. Tapi, tetap saja jumlah selebriti yang memberikan dampak positif ini akan kalah jauh dari mereka yang hidup dengan memanfaatkan popularitasnya untuk hal-hal yang buruk.

Bagaimana orangtua menghadapi hal ini?

Orangtua tentu saja gak bisa mengawasi anak selama 24 jam penuh setiap hari. Tapi orangtua harus memprioritaskan waktunya untuk memperkenalkan anak soal sosok yang pantas untuk mereka idolakan di atas dari segalanya.

Ajarkan anak untuk mengenal siapa Tuhan. Apa peran Tuhan dalam hidup mereka. Kenapa Tuhan jauh lebih pantas diidolakan lebih dari selebritis muda dan keren di jaman ini? Apa pengaruh baik yang Tuhan bawa dalam hidup mereka? Dan sebagainya.

Dengan memperkenalkan pribadi Tuhan kepada anak sejak kecil, akan mendorong anak untuk berhati-hati mengidolakan atau membuat hidupnya terpengaruh oleh sosok selebriti yang mereka kenal.

Baca Juga : Anak Remajamu Suka Minder Sama Diri Sendiri? Jangan-jangan Dia Alami Hal Ini…

Orangtua berperan untuk mengarahkan anak memilih siapa sosok yang pantas mereka idolakan. Dan hal itu akan sangat membantu anak untuk terhindar dari pengaruh buruk yang banyak ditampilkan oleh selebriti-selebriti muda tertentu saat ini.

Mari ajarkan anak soal ayat firman ini:

“Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu? Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.” (Yohanes 13: 12-15)

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7268

Banner Mitra Oktober Week 3