Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
234


Yakin nggak punya hutang? Sebagai keluarga, beberapa dari kita mungkin kesulitan dengan yang namanya hutang. Hutang itu bukan hanya yang ada bentuknya, bisa juga hutang yang memang diturunkan oleh keluarga, sehingga kita harus ikut memenuhi hutang tersebut.

Apalagi setelah menikah, kebutuhan rumah tangga semakin tinggi. Kita jadi punya cicilan rumah, sebab rumah merupakan kebutuhan utama kita. Tak lama setelahnya, kita memutuskan untuk menyicil mobil, sebab kita punya si kecil yang baru lahir.

Meski bisa dicicil, hutang bisa membuat kita kesulitan, lho. Semakin lama kita memutuskan buat membayarnya, semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Sebagai pasangan, kita pasti pengin merasakan yang namanya bebas dari permasalahan hutang tersebut.

Salah satu hal cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk melunasi hutang dengan cepat adalah menambah pengasilan, atau, menekan pengeluaran. Buat cara yang kedua ini, yuk kita bahas caranya di bawah ini.

1. Evaluasi pengeluaran bulanan kita

Meski terdengar sederhana, banyak pasangan yang melewati tahap ini. Hal ini karena pengeluaran juga bisa menentukan kebiasaan dan cara hidup kita. Makanya, banyak orang yang kemudian bersikap 'denial' dan merasa sudah cukup hemat, tetapi pola pengeluarannya masih belum baik.

Untuk itu, setiap dari kita, harus tahu apa yang Tuhan telah percayakan kepada kita. Tuhan itu senang dengan pribadi yang mau memberi dengan sukacita, lho. Karenanya, Tuhan mau memberkati kita, sehingga kita juga bisa memberi lebih banyak lagi.

Kita harus tahu kemana uang kita itu mengalir. Buat tahu itu, diperlukan komitmen dan campur tangan dari kedua belah pihak untuk bisa menyelesaikan hal ini. Kita dan pasangan harus punya pola pikir yang sama soal pengeluaran ini.

Caranya, kita bisa mulai dari ngeprint mutasi rekening kita. Lihat kembali berapa uang yang keluar dan untuk apa uang tersebut. Pasti ada kok pengeluaran yang bisa kita tekan, juga ada pengeluaran pokok yang nggak bisa kita apa-apakan.

2. Gunakan aplikasi yang memberi cashback

Banyak orang yang mengira kalau diskon atau cashback hanya akan membuat kita impulsif. Namun sebenarnya, di era yang serba instan ini, ada banyak diskon yang bisa kita nikmati. Bahkan, beberapa ibu rumah tangga menggunakan aplikasi yang memungkinkannya mencari tahu aplikasi termurah untuk membayarkan tagihan-tagihannya.

 

Ingat, setiap bulannya, kita hanya perlu mengeluarkan pengeluaran pokok. Di luar dari hal itu, kita perlu berdiskusi dengan pasangan. Jadi, nggak akan lagi ada perilaku impulsif karena kita berdua saling mengingatkan soal kebiasaan pengeluaran kita.

3. Bawa bekal dari rumah dan seduh kopi sendiri

Banyak orang yang menghabiskan pengeluarannya pada makanan. Nah kalau kita salah satunya, maka membawa bekal dari rumah bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk menekan pengeluaran. Lagi pula, bekal dari rumah juga jauh lebih sehat, kan?

Kalau kita adalah salah satu dari banyak orang yang menganggap kopi merupakan sesuatu keharusan, maka ini saatnya kita berhemat dengan membawa kopi dari rumah sendiri.

Beli kopi dengan bungkus yang lebih besar, seduh kopinya sendiri. Dan lihat deh, kita pasti akan terkejut di akhir bulan sebab sudah menghemat banyak uang karena membiasakan diri untuk membawa bekal dan kopi dari rumah.

4. Buat rencana pengeluaran dan biasakan untuk mencatat pengeluaran harian

Kita harus membuat perencanaan keuangan yang merupakan gambaran besar yang akan terjadi dalam sebulan ke depan. Setelah membuat rencana keuangan, kini sudah waktunya kita mengikuti setiap rencana tersebut.

Sekarang ini, ada banyak kok aplikasi yang memudahkan kita untuk mencatat pengeluaran harian. Dengan cara yang mudah pula, kita bisa tahu kemana uang kita sudah dihabiskan.

Mulailah catat setiap pengeluaran, mulai dari belanja bulanan, bensin, sampai jajan kita di luar rumah. Hal ini akan membuat kita jadi sadar untuk lebih bijak dalam menggunakan uang yang kita punya. Mencari uang itu kan sulit, maka kita harus bisa mengeluarkannya dengan baik, bukan?

5. Proteksi keuangan kita dengan produk yang tepat

Kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam kehidupan ini. Bisa jadi besok kita sakit dan membutuhkan banyak biaya, bukan? Sekarang ini, asuransi dari pemerintah pun tersedia. Kalau kantor kita menyediakan asuransi, coba cek kembali apa saja yang dicover dan siapa saja.

Kalau dikira kurang, maka ini saatnya kita untuk mendapatkan asuransi dengan cara yang mandiri. Ada banyak asuransi yang ditawarkan di luaran sana. Carilah asuransi terpercaya yang paling masuk dengan keuangan kita.

Buat melakukan semua hal di atas, tentu nggak akan berhasil tanpa ada campur tangan yang baik dari kedua belah pihak. Untuk itu, coba biasakan untuk duduk bersama dengan pasangan membahas soal hutang ini agar bisa segera terpenuhi. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Imada Cahya Septiyaningsih 22 November 2019 - 15:17:29

Anak saya merupakan generasi Alpha. Namun ironisny.. more..

0 Answer

Pransisca Ivana 22 November 2019 - 09:03:00

Mohon bantuan doanya untuk saya kiranya Tuhan berk.. more..

1 Answer

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 3


7267

Banner Mitra November Week 3