Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
438


Dalam pernikahan, uang memegang peranan yang sangat penting. 

Pasangan yang baru menikah mungkin masih perlu belajar bagaimana cara untuk mengelola keuangan rumah tangga yang benar. Karena itulah penting untuk menyampaikan bagaimana Tuhan ingin setiap pasangan menikah bisa jadi pengelola keuangan yang baik dalam rumah tangganya. Dengan itulah Tuhan bisa memberkati dan mencukupkan setiap kebutuhan rumah tangga.

Setelah menikah, ada baiknya untuk menyatukan pandangan soal uang dan cara mengelolanya. Suami istri disarankan untuk melakukan beberapa hal ini:

 Bicarakan tentang uang secara terbuka dan transparan, termasuk soal penghasilan, tabungan dan pinjaman.

 Jangan menyimpan pendapatan lain dari pasanganmu.

 Suami istri perlu punya pandangan yang sama bahwa mereka hanyalah pengelola dari uang Tuhan.

 Suami istri perlu tahu cara menggunakan uang sesuai dengan kehendak dan firman Tuhan. Cara menggunakan uang yang sesuai dengan kehendak dan firman Tuhan bisa dalam bentuk membantu orang lain, berinvestasi di lahan yang benar. Sementara yang tidak sesuai kehendak Tuhan bsia berupa memakai uang untuk berjudi, minum-minuman, mencari riba dari orang lain dan sebagainya.

 Suami istri perlu tahu pentingnya membuat daftar anggaran, seperti menyusun anggaran yang paling prioritas sampai yang kurang prioritas. 

Contoh, perpuluhan dan persembahan khusus, tabungan atau investasi, kebutuhan keluarga dan yang lainnya.

 Penting bagi suami istri untuk tidak menyalahgunakan uang untuk tujuan yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain beberapa hal di atas, pengelolaan keuangan yang baik juga ditentukan pada pembagian tugas suami istri. Salah satunya adalah dengan menetapkan siapa yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan. Jika keduanya sepakat memang harus dilakukan oleh suami, maka suami perlu mengatur keuangan rumah tangga dengan bijak dan adil. Dia harus punya misi yang jelas dan memandang ke depan demi kebaikan keluarga. Misalnya, memikirkan untuk memiliki rumah sendiri dalam satu atau dua tahun setelah menikah.

Baca Juga:

Inspiratif! Berikut 8 Quotes Pernikahan Ala Pendeta dan Pasangan Muda Kristen Indonesia

Suami, Jangan Pernah Lakukan 7 Tindakan Tak Pantas Ini ke Istrimu Saat di Tempat Umum

Sebagai pengelola keuangan rumah tangga, seorang suami juga harus menghindari sikap pelit, tega hati dan tidak bertanggung jawab. Karena seorang pengelola harus memastikan keluarganya tidak mengalami kekurangan uang yang berujung pada pertengkaran, kesalahpahaman, tidak percaya dan curiga.

Berikut manfaat jadi pengelola keuangan yang baik dalam rumah tangga:

1. Mengelola uang dengan baik memungkinkan untuk menabung. Karena itu penting untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan secara teratur.

“Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.” (1 Korintus 16: 2)

2. Uang yang dikelola dengan baik menghindarkan suami istri dari utang.

“Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.” (Matius 5: 25-26)

3. Membuka peluang besar untuk berinvestasi, baik untuk masa pensiun, atau untuk cicilan rumah maupun mobil.

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.” (Amsal 21: 5)

4. Mengelola keuangan dengan baik memampukan kita untuk memberi. Karena memberi sudah jadi kewajiban dalam daftar pengeluaran bulanan rumah tangga.

“Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.” (2 Korintus 9: 7)

Jadi, sudahkah kamu dan pasangan menerapkan kunci pengelolaan uang yang baik dalam rumah tanggamu? Jangan tahan Tuhan memberkati keluargamu karena ketidaktahuanmu soal cara mengelola keuangan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7264

Banner Mitra Desember week 2