Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
184


Salah satu penyebab kebiasaan menunda adalah karena kita gak fokus dengan prioritas utama. Penyebabnya sering kali muncul dari distraksi atau gangguan yang bisa muncul dari mana-mana.

Bisa jadi dari sosial media, teman-teman atau pekerjaan lain yang lebih menarik perhatian. Contoh nyata penundaan ini katakan saja seperti di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Sebenarnya kita sudah menyusun prioritas di malam sebelumnya kalau setelah bangun kita harus baca Alkitab dan doa lebih dulu. Tapi nyatanya, saat alarm ponsel berbunyi kita lalu meraihnya dan mematikan alarm. Alih-alih menaruh ponsel itu kembali ke tempatnya, kita malah langsung membuka sosial media Instagram dan menghabiskan waktu di sana.

Akibatnya, prioritas baca Alkitab dan doa pun tertunda. Lalu kita mulai menyadari kalau waktu sudah terbuang banyak dan menyesalinya. Apakah kamu biasa mengalaminya?

Dalam sebuah buku karangan penulis Nir Eyal berjudul Indistractable, dia menuliskan kalau masalah penundaan bisa muncul karena notifikasi dari benda-benda yang ada di sekitar kita.

Contohnya, saat ponsel yang kita taruh di ruangan sebelah tidak menimbulkan suara atau bunyi, maka kita tidak akan dipaksa untuk mengambil dan memeriksanya.

Karena itu supaya waktu berharga kita gak terbuang sia-sia karena distraksi atau gangguan dari berbagai hal di sekitar kita, ada baiknya melakukan 3 cara ini:

Pertama : Jika penundaan muncul dari suara atau notifikasi ponsel atau benda lain lebih baik mematikannya.

Sebuah penelitian melibatkan para pramugari yang suka merokok. Mereka lalu ditanya kenapa mereka merokok dan apa yang membuat mereka suka melakukannya.

Penelitian ini menemukan bahwa kecenderungan merokok mereka disebabkan oleh jarak penerbangan yang mereka lakukan. Semakin pendek jarak penerbangannya maka semakin meningkat pula keinginan merokok mereka. Sementara yang melakukan penerbangan lebih dari sembilan jam sama sekali tidak memiliki keinginan untuk merokok.

Kita bisa menarik kesimpulan bahwa saat kita semakin dekat dengan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian maka semakin besar pula peluang untuk kita melakukan penundaan. Karena itu sangat disarankan untuk menjauhkan benda seperti ponsel atau menjaga jarak dari teman-teman yang suka ngobrol untuk membuat kita tetap fokus pada prioritas yang harus diselesaikan.

Kedua : Ajukan pertanyaan tentang kenapa kamu harus menunda

Cara pertama di atas tentu saja tidak berlaku bagi mereka yang bekerja dengan ponsel atau sosial media. Meski begitu bukan berarti kita gak perlu keseimbangan.

Kadang kita terikat dengan sosial media karena kita mendapat peluang besar. Jadi tentu saja reaksi pertama kita adalah bahwa kita harus aktif di sosial media sepanjang waktu.

Sayangnya, kebiasaan melekat sepanjang waktu dengan sosial media hanya akan membuat kita kehilangan kesempatan dan waktu setiap hari.

Untuk membantumu keluar dari keterikatan ini, cobalah untuk menanyakan beberapa pertanyaan ini ke dirimu sendiri.

  • Kenapa aku harus terikat dengan sosial media?
  • Apa yang sebenarnya ingin aku capai dari hal ini?
  • Berapa lama waktu yang harusnya aku buang untuk bermain ponsel atau hal-hal lain yang kurang berharga?

Dengan mengajukan pertanyaan akan membuat kita menentukan komitmen dengan membagi waktu secara bijaksana. Karena dengan menyisihkan waktu sesuai dengan prioritas utama adalah cara terbaik bagi kita untuk bisa sampai pada tujuan.

Baca Juga:

Jangan Pernah Menunda-nunda!

Suka Menunda Pekerjaan? Pelajari 7 Hal Ini

Ketiga: Ingatkan diri sendiri apa yang sudah kita lewatkan.

Otak kita diprogram dengan sistem yang sangat mudah menerima gangguan. Kalau kita mau mengubah pola dan mengabaikan gangguan, kita perlu punya alasan yang kuat.

Salah satu alasan kuat yang bisa kamu sampaikan ke diri sendiri seperti contoh bisa dengan berpikir bahwa membiarkan diri menunda pekerjaan karena media sosial hanya akan membuat kita bekerja lembur. Akibatnya, kita akan kehilangan waktu makan malam bersama keluarga atau melakukan rutinitas setiap hari yang gak bisa terlewatkan.

Dengan mengingat hal inilah kita akan bisa jauh lebih berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan tepat sesuai dengan waktunya.

Jangan pernah biarkan ponsel, soal media, kesenangan mata atau pengaruh orang-orang di sekitarmu menarik perhatian dan waktu berhargamu. Karena distraksi hanya akan membuat kita terbiasa dengan penundaan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3