Suka Menunda Pekerjaan? Pelajari 7 Hal Ini
Sumber: Mashvibes.com

Career / 17 June 2015

Kalangan Sendiri

Suka Menunda Pekerjaan? Pelajari 7 Hal Ini

Lori Official Writer
4244
<!-- endif]-->

Menunda mengerjakan tugas yang ada di depan mata adalah kebiasaan yang berdampak buruk. Bukan hanya membuat pekerjaan menjadi keketeran, tapi bisa juga menjadi hambatan untuk mencapai sukses juga loh.

Sangat mudah memang tersandung dan terjerumus dalam penundaan. Namun tak perlu khawatir karena biasaan ini toh bisa Anda lawan dengan satu kunci saja yaitu ‘komitmen’.  Ada 7 hal yang patut Anda lakukan untuk lepas dari pekerjaan menunda ini yaitu:

1.Miliki Catatan

Dengan berkembangnya teknologi zaman sekarang, seharusnya kita terpacu untuk menjadi lebih cepat dari biasanya. Sayangnya, sebagian orang tetap saja masih ingin berlambat-lambat dan menjalani hidup dengan peribahasa ‘Let it flows like a river’. Akibatnya, pekerjaan keteteran; ada yang lupa dikerjakan dan ada pula yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan. Bagaimana pun Anda tetap membutuhkan catatan untuk mendaftarkan segala sesuatu yang harus Anda lakukan.

2. Kurangi Gangguan

Fokus kadang kala akan teralihkan ketika Anda memancing untuk melakukan sesuatu yang etrlihat lebih nikmat. Misalnya, membuka media social saat sedang kerja atau menonton Youtube saat deadline menanti untuk dituntaskan. Hal itu seringnya menguras waktu produktif Anda dan mengabaikan tugas-tugas yang lebih prioritas untuk dikerjakan.  

3. Belajar Dari Rekan yang Disiplin

Pernah mendengar peribahasa berikut, “Jika berbaring dengan anjing maka Anda akan mendapatkan kutu’? Peribahasa ini biasanya digunakan untuk menggambarkan tentang seseorang yang terpengaruh oleh kebiasaan buruk dari lingkungannya, baik tempat kerja maupun rekan-rekan kerja. Nah, untuk tidak terpengaruh hal buruk demikian, akan lebih baik jika Anda bergaul dan belajar dari seseorang yang disiplin; melakukan segala sesuatu tepat pada waktunya. Alhasil, Anda akan perlahan-lahan terpengaruh dengan cara kerja yang dilakukannya.

4. Sisihkan Waktu untuk Beristirahat

Kadang kala penundaan datang dari ketidakdisiplinan dalam menjaga stamina tubuh dan pikiran, seperti kurang tidur dan kurang memiliki waktu luang untuk keluar dari suasana kerja. Akibatnya, tubuh terasa lelah dan pikiran terasa kaku sehingga berdampak buruk bagi performa kerja. Nah, untuk menghindari hal ini cobalah mengambil waktu khusus untuk tidur atau berlibur di hari-hari senggang.

5. Periksa Daftar yang Akan Dilakukan Sehari Sebelumnya

Untuk menghemat waktu, cobalah mengatur atau memeriksa daftar tugas yang harus Anda lakukan sehari sebelumnya. Ini memberi Anda waktu untuk memulai dan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Hal ini bisa mendoorong Anda untuk memiliki lebih banyak ide dalam mengerjakan pekerjaan.

6. Atur Waktu di Jam Tangan 10 Menit Lebih Cepat

Hal ini bisa dilakukan khusus bagi mereka yang suka menunggu untuk bergerak hingga di detik terakhir untuk berangkat ke kantor atau mengerjakan deadline pekerjaan. Jika Anda kerap ebrpatokan dengan waktu di jam tangan Anda, maka putarlah jam tangan Anda beberapa menit lebih cepat dari waktu yang sebenarnya. Dengan ini Anda mungkin bisa terpacu untuk tidak terlambat lagi.

7. Paksa ‘Diri’

Memulai pekerjaan yang sudah menumpuk di meja kerja tentu tidak mudah. Butuh dorongan keinginan yang kuat untuk memaksa diri memulainya. Salah satu langkah jitu yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai mengerjakan tugas yang paling mudah atau yang paling diminati. Yakinlah bahwa lama kelamaan Anda akan termotivasi untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami