Lori

Official Writer
665


Gak kerasa kita bakal memasuki bulan Oktober 2019. Aryinya tinggal tiga bulan sebelum akhir tahun. Iyakan?

Di bulan-bulan ini, ada banyak orang yang pastinya udah mulai nyusun rencana liburan.

Nah, beberapa hari lalu teman-temanku ngobrol soal rencana liburan akhir tahun. Rencananya sih mereka pengen liburan ke tiga negara: Thailand, Myanmar dan Vietnam. Awalnya mereka bersemangat sih karena liburan tiga negara ini pasti bakal menyenangkan. Tapi masalahnya, mereka harus menghabiskan sekitar 10 juta untuk tiga negara ini.

Waktu ngobrol soal biaya, mereka mulai mikir. “10 juta? Waduh berat banget. Tinggal tiga bulan lagi. Udah tabungan belum ada lagi.”

Salah satu dari mereka lalu bilang, “Nah, itu masalah. Karena itu, kita mesti nabung 10 juta dalam waktu tiga bulan.”

Gimana caranya nabung 10 juta dalam waktu tiga bulan?

Bisa kok. Yang penting fokus dan nabung teratur aja sih.

Misalnya, kamu punya gaji 5 juta /bulan. Waktunya kan tinggal Oktober – November –Desember kan ya?

Dari 5 juta/ bulan, coba aja nabung 2 juta/bulan. Tinggal 3 juta buat biaya yang lain-lain. Dari tiga bulan nabung 2 juta udah dapet 6 juta kan ya?

Buat kamu yang kerja dapat THR-an akhir tahun. Itukan gaji penuh satu bulan kan ya. Bilang aja 5 juta.

Jadi totalnya kamu bisa hitung sendiri berarti 6 juta ditambah 5 juta THR udah kekumpul 11 juta kan ya?

Baca Juga :

10 Ayat Alkitab Soal Utang dan Cara Bijak Orang Kristen Kelola Uang (Bagian 2)

Bingung Kenapa Acara Kristen Sepi Peminat dan Jarang Sukses? Penyebabnya Bisa Karena Ini

Nah, apalagi coba? 10 juta untuk tiga negara juga belum tentu habis semua loh.

Kalau memang pengen ngirit liburan, ya milih jalan-jalan ala backpackeran aja. Ajak teman rame-rame. Paling gak 5 orang cukup.

Karena makin banyak teman, biaya pasti makin murah juga kan ya?

Tapi buat kamu yang mungkin bergaji 3 juta ke bawah, gak perlu kuatir. Nabung dalam waktu tiga bulan tetap bisa kok kamu lakuin. Yang penting kamu bisa alokasikan pengeluaran seminim mungkin aja. Misalnya, kalau biasanya kebutuhan bulanan bisa hampir 80 persen dari penghasilan cobalah memangkas biayanya sampai sekitar 50 persen. Kamu bisa memeriksa kebutuhan-kebutuhan apa yang perlu dikurangi selama tiga bulan ke depan.

Dengan hal itu, kamu bisa lebih fokus dan konsisten nabung minimal 1.5 juta per bulan.

Atau kalau kondisinya sama sekali gak bisa, kamu bisa juga kok coba cara lain. Misalnya, mulai buka old shop online atau jualan kebutuhan yang banyak diminati orang. Itung-itung bisa nambahin pendapatan 500 ribu per bulan kan ya.

Gimana menurut kamu? Sederhana tapi helpful kan ya?

Semoga bisa diterapkan selama tiga bulan ke depan ya. Good luck Jcers!

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2