Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
543


Mezbah doa jadi penting karena di masa-masa ini, tantangan atas pernikahan dan keluarga semakin besar. Mulai makin maraknya perceraian sampai sulitnya orangtua mengontrol keamanan anak di tengah canggihnya teknologi.

Mezbah keluarga adalah suatu waktu dimana suami, istri dan anak berkumpul bersama, menyanyikan puji-pujian, menggali firman Tuhan dan saling mendukung dalam doa.

"Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!" (Yosua 24: 15)

Kenapa mezbah doa bareng keluarga penting? Karena dosa semakin merajalela. Sasaran utama si iblis adalah menghancurkan keluarga dengan merusak hubungan dan melahirkan dosa-dosa yang terlihat dan tak terlihat di antara anggota keluarga. Saat dosa masuk, saat itulah si iblis dengan leluasa memorakporandakan hubungan keluarga. Pertengkaran antara suami dengan istri, orangtua dengan anak atau anak dengan anak.

Ciri-ciri utama sebuah keluarga mulai dipermainkan adalah saat setiap orang merasa kehilangan sukacita dan damai saat berada di rumah atau saat bersama-sama.

Sayangnya, banyak orang Kristen gak menyadari peperangan ini. Mezbah doa bahkan dianggap gak penting.

Mezbah doa dalam keluarga bertujuan sebagai tindakan mengikutsertakan Tuhan di tengah keluarga dan membangun karakter setiap anggota keluarga untuk berakar kuat di dalam Tuhan dan sama-sama bertumbuh dalam pemahaman firman dan doa. Mezbah doa memperlengkapi setiap anggota keluarga untuk berperang melawan godaan dunia di luar sana. Membangun manusia rohani dari dalam sehingga akan sulit bagi si musuh untuk mempermainkan pikiran, perasaan dan tubuh kita.

Saat orangtua menganggap doa bersama gak penting, besar peluang bagi si iblis untuk memorakporandakan hubungan dalam keluarga. Apakah hubunganmu yang intim dengan pasangan dan anak-anakmu dicuri dan dirusak?

Baca Juga:

Setelah Menikah, 10 Sikap Berbahaya Ini Perlu Disingkirkan Demi Pernikahan yang Bahagia

Alami KDRT, Haruskah Dipublikasikan di Sosial Media?

Gak seorangpun menginginkan pasangannya jadi pemarah, otoriter atau selingkuh atau anak-anaknya melakukan pergaulan yang buruk dan membangkak orangtuanya. Karena itulah penting untuk mengikat hubungan antar keluarga di dalam satu sumber sukacita dan damai sejahtera yaitu Tuhan.

Ada beberapa manfaat lain yang bisa keluarga dapatkan dari mezbah doa:

1. Memusatkan keluarga di dalam Tuhan. Pusat dari pernikahan dan keluarga ada di dalam Tuhan. Jadi penting untuk melibatkan Tuhan setiap hari dalam persekutuan keluarga.

2. Membangun karakter anggota keluarga. Paulus menyampaikan dalam Efesus 5-6 dan Kolose 3 tentang tubuh Kristus. Hal ini disampaikan supaya orang percaya menjadikan rumah sebagai tempat yang paling aman dari tempat dimanapun di luar sana. Kenapa? Karena baik istri, suami dan anak saling mendukung dan memusatkan hidup mereka di dalam Tuhan.

3. Menghadirkan damai di rumah. Mezbah doa bisa membantu keluarga untuk menghadirkan damai di rumah. Seperti contoh, akan sulit bagi seorang ayah untuk memimpin keluarganya dalam ibadah sesaat setelah dia bersikap kasar ke istrinya. Karena menyadari tanggung jawab tersebut, seorang suami tentu saja harus jadi sosok yang mau mengakui kesalahan. Tuhan suka dengan perdamaian dan dengan mengenal Dia lebih baiklah hati setiap anggota keluarga dilembutkan dan terbuka untuk mengampuni satu sama lain.

"Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!" (Mazmur 133: 1)

4. Membangun satu sama lain. Mezbah doa bisa jadi momen bagi sebuah keluarga terhubung dan semakin akrab. Di tengah dunia yang serba sibuk ini, mezbah doa bisa jadi cara untuk tetap memiliki keluargamu seutuhnya dalam kondisi sadar. Di sini pula setiap anggota keluarga saling membangun dan memahami kebutuhan satu sama lain.

5. Sama-sama bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan. Membaca Alkitab bersama-sama akan menumbuhkan pengetahuan anggota keluarga akan Tuhan. Percakapan di meja makan bisa jadi percakapan yang bermanfaat karena setiap anggota terlibat aktif membahas soal kebenaran firman Tuhan.

"Aku akan memberi mereka satu hati dan satu tingkah langkah, sehingga mereka takut kepada-Ku sepanjang masa untuk kebaikan mereka dan anak-anak mereka yang datang kemudian." (Yeremia 32: 39)

6. Membangun karakter kepemimpinan kepada anak. Hal ini penting dilakukan orangtua terhadap anak-anaknya. Mereka tak perlu belajar soal kepemimpinan di luar karena harusnya rumah jadi tempat pelatihan kepemimpinan yang sebenarnya.

7. Jadi teladan bagi keluarga lain. Kebiasaan doa bersama keluarga lambat laun akan mengasah karakter dan membentuk kepribadian yang serupa seperti Kristus. Dan buahnya akan dirasakan bukan hanya di rumah saja tapi juga oleh orang-orang yang berhubungan langsung dengan setiap anggota keluarga. Mezbah doa membentuk setiap anggota keluarga menjadi berkat bagi orang lain. Dan hal ini bisa jadi kesaksian yang hidup dan sebagai sumber inspirasi bagi orang-orang sekitarnya.

Membangun mezbah doa dalam kehidupan rumah tangga adalah pintu bagi Tuhan untuk memberkati seisi rumah dengan rahmat-Nya yang tak terbatas.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7268

Banner Mitra Oktober Week 3