Kebiasaan Cuci Daging Ayam Cuma Pakai Air Bisa Bikin Kita Sakit. Gini Cara Tepatnya
Sumber: Infospesial.net

Health / 25 September 2019

Kalangan Sendiri

Kebiasaan Cuci Daging Ayam Cuma Pakai Air Bisa Bikin Kita Sakit. Gini Cara Tepatnya

Inta Official Writer
2259

Selama ini, kita tahunya kalau mencuci daging dengan air jadi cara agar daging tersebut aman buat dikonsumsi dan bebas kuman. Padahal, kita tahu betul kalau ayam merupakan salah satu sumber makanan yang bisa menyebarkan bakteri dan kuman.

Ayam mengandung bakteru salmonella yang bisa menimbulkan beberapa penyakit dalam tubuh. Akibatnya, kita akan terkena penyakit salmonellosis kalau terinfeksi bakteri salmonella dalam perut dan usus. Kalau terkena infeksi ringan, paling kita cuma sakit perut selama beberapa hari.

Bahkan, air sendiri juga bisa mengandung bakteri salmonella, lho. Mengutip Reader's Digest, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebut, cipratan air yang mengalir di sekitar bak pencuci, meja, dan alat dapur lainnya berpotensi menyebarkan sejumlah bakteri.

Jadi, bisa jadi ayamnya itu tidak mengandung salmonella, hanya saja air tersebut menyiprat ke pisau atau talenan yang akan kita gunakan untuk memotong ayam. Kalau sudah begini, daging ayam atau daging merah bisa terkena kontaminasi silang alias perpintahan penyakit atau bakteri dari satu orang ke orang lain, tapi bisa juga dari satu tempat, ke tempat yang lain.

Buat menghilangkan resiko dari daging ayam atau daging merah, yuk lakukan beberapa cara ini.

1 Perhatikan suhu kulkas

Sebagian orang mengira kalau suhu dingin bisa mematikan bakteri pada daging mentag. Ini sebenarnya nggak sepenuhnya salah. Namun, kita harus memastikan kalau lemari es kita juga bebas dari bakteri-bakteri tersebut.

2 Rebus dengan suhu yang tepat

Dikutip dari CNN, suhu yang diperlukan berkisar 165 derajar Celcius untuk akhirnya bakteri bisa mati dari daging ayam.

3. Rajin mencuci bagian cuci piring

Permukaan yang sering terciprat air juga bisa menjadi sarang dari bakteri. untuk itu, pastikan untuk menggunakan sabun dan rajin membersihkan bagian dapur atau barang-barang dapur yang dekat dengan washtafel atau daerah yang mudah terciprat air lainnya.

Daging ayam bisa dinilai sebagai salah satu sumber protein yang cukup mudah di dapat dan ramah di kantong. Cara pengolahannya juga bisa dengan berbagai macam cara.

Selain nikmat, daging ayam juga mengandung beberapa manfaat berikut.

1.  Kesehatan tulang

Kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor dinilai baik bagi kesehatan tulang. Dikutip dari Merdeka.com, daging ayam juga kaya akan selenium yang membantu menurunkan risiko terkena arthritis di usia tua.

2 Sumber protein

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang rendah lemak. Sehingga mengonsumsinya dengan cukup dapat membantu pertumbuhan otot dan membantu perkembangannya.

3. Bisa menyembuhkan pilek dan flu

Makan sup ayam bisa membantu mengeluarkan lendir yang bisa mengganggu saluran pernapasan atau menyumbat hidung. Sup ayam juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

4.  Kesehatan jantung

Daging ayam juga mengandung banyak vitamin B6 yang baik untuk menurunkan tingkat homocystein. Homocystein adalah asam amino yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Asam lemak omega-3 yang ada pada daging ayam juga membantu menurunkan tingkat triglyceride yang bisa menyebabkan flek pada pembuluh darah.

Jadi, sudahkah benar cara kita mengelola daging ayam atau daging merah lainnya? Kalau belum, ada baiknya kita mengikuti cara di atas, yaitu dengan merebusnya di suhu yang cukup. Dengan begitu, tidak hanya nikmat, kita juga bisa merasakan manfaat daging yang maksimal nantinya.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami