Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
955


Dalam ajaran agama Islam, seseorang yang baru meninggal biasanya akan didoakan selama 40 hari setelah pemakaman. Doa 40 hari ini biasa disebut dengan istilah Tahlilan.

Karena itulah keluarga terdekat mantan Presiden 3 RI BJ Habibie menggelar tahlilan di kediamannya Jalan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan. Termasuk keponakannya, Andrie Subono beserta keluarga.

Uniknya, di hari ketujuh tahlilan tersebut putri dari Andre Subono yaitu Melanie Subono malah mendapat pengalaman yang kurang sedap dari salah satu tamu.

Dia menceritakan bahwa tujuh harian meninggalnya sang eyang, Melanie bertepatan ambil bagian membagikan nasi kotak kepada para tamu yang hadir.

Tapi saat hendak melayani seorang ibu, dia malah mendapatkan penolakan yang tidak menyenangkan. Saat membagikan nasi kotak, sang ibu menolak karena alasan beda agama.

Peristiwa itupun diunggahnya di Instagram pribadinya. Dalam caption, Melanie mulai bercerita bahwa di 7 harian sang eyang, seorang ibu mengaku heran dan bertanya kenapa dirinya ada di sana. Katanya, “Oh ini mba mel ya… wah hebat ada disin pasti UDAH HURAH ya…Tinggal nunggu pake HIJAB ya mba?”

Lalu Melanie menjawab saat ini dengan senyuman. “Engga ibu, saya masih non muslim kok…dan saya percaya Tuhan yang sama dengan ibu dan Eyang”.

Setelah menjawab hal tersebut, sang ibu justru menolak nasi yang dia bagikan.

Penolakan yang dialaminya itu pun membuat Melanie bertanya-tanya dan membagikan curhatannya kepada BJ Habibie. “Eyang, apa yang salah sama Indonesia?” tanyanya sambil menceritakan pengalamannya di hari itu.

Sebagaimana diketahui, Melanie Subono adalah cucu BJ Habibie dari anak keponakannya Andre dan Chrisye Subono. Pasangan ini menikah berbeda agama dan melahirkan tiga anak yaitu Melanie, Christy dan Andrian. Dua diantaranya Melanie dan Christy menganut agama Kristen mengikuti sang ibu dan Andrian sendiri mengikuti sang ayah sebagai seorang Muslim.

Baca Juga: PGI Ungkapkan Duka Mendalam Atas Meninggalnya BJ Habibie, dan Menyebutnya Negarawan Sejati

Lahir di tengah keluarga berbeda agama inilah yang tampaknya membuat Melanie memandang perbedaan sebagai sesuatu yang tak harus dipermasalahkan.

Perbedaan agama di Indonesia memang masih saja jadi benteng pemisah kerukunan beragama. Padahal, Indonesia sendiri dibangun dari beragam suku, ras dan agama. Sehingga jadi hal yang tak wajar jika masih ada yang mempermasalahkan perbedaan keyakinan satu dengan yang lain.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:36:51

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7270

Banner Mitra Oktober Week 2