Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
627


Paus Fransiskus menyampaikan kalau dia tak takut jika Gereja Katolik harus terpecah. Hal ini disampaikan sehubungan dengan aksi saling serang yang terjadi antara kardinal konservatif Amerika Serikat dengan Paus Fransiskus.

“Saya berdoa tidak ada perpecahan. Tapi saya tidak takut,” kata Paus dalam konferensi pers yang panjang di pesawat kepausan saat dia kembali dari perjalanan enam hari ke Afrika.

Aksi saling serang ini terjadi setelah Kardinal Raymond Burke asal Amerika, yang diturunkan dari jabatannya oleh Paus, mengkritik pemimpin Gereja Katolik itu terkait sikap inklusivitasnya dan juga doktrin gereja, khususnya dalam kasus perceraian dan homoseksual.

Baca Juga:

Paus Fransiskus, Korban Perdagangan Manusia Adalah Seperti Wanita Yang Disalibkan

Terima Kritikan, Paus Fransiskus: Suatu Kehormatan Mendapat Kritik dari Orang Amerika

Selain itu, Paus juga diserang oleh mantan duta besar Vatikan untuk Amerika Serikat Carlo Maria Vigano, yang menuntut pengunduran diri paus tahun lalu. Uskup Vigano sendiri menyalahkan Paus terkait kasus pelecehan seksual anak di kalangan Gereja Katolik.

Namun Paus hanya meresponi kritikan tersebut dengan santai. “Kita harus lembut, lembut kepada orang-orang yang tergoda dengan serangan itu, oleh hal-hal tersebut. Karena mereka sedang mengalami masalah dan kita harus mendampingi mereka dengan kelembutan,” jelasnya.

Di tengah ketegangan hubungan dengan para pemimpin Gereja Katolik konservatif AS, Paus tampaknya masih tetap melakukan tugasnya dengan baik. Seperti disampaikan dalam konferensi persnya, Paus Fransiskus menyampaikan tentang semangatnya terhadap para pemuda di tiga negara yang dikunjunginya belakangan ini.

Dia juga memperingatkan para pemimpin dunia untuk aktif dalam mengatasi kemiskinan dan meningkatkan perhatian terhadap pelestarian lingkungan.

“Di Vatikan kita sudah melarang plastik,” katanya.

Di akhir konferensi persnya, Paus menyampaikan pesan singkat terkait serangan kritik yang dia terima. “Saya tidak suka kalau ada kritik di bawah meja dan mereka tersenyum dan unjuk gigi. Dan kemudian memasang pisau di belakang,” tandasnya.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:36:51

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7270

Banner Mitra Oktober Week 2