Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1112


 

Biasanya kan kalau ada kasus penganiayaan, polisi biasanya akan mengamankan dan menjatuhkan hukuman kepada pelaku, apalagi jika penganiayaan sudah sering terjadi.

Berbeda dengan personel SPK atau Sentra Pelayanan Kepolisian Polsek Minahasa yang justru membawa pelaku dan korban penganiayaan ke gereja.

Jadi, baru-baru ini sebuah penganiayaan terjadi di Desa Sapa Barat, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Seorang pria berusia 21 tahun bernama Julio menganiaya seorang korban bernama Winsly Kaledi berusia 20 tahun. Mereka ini sama-sama warga Desa Sapa Barat.

Bukannya dibawa ke kantor polisi,Kapolsek Tenga malah membawa mereka ke gereja dan melakukan pembinaan serta menyelesaikannya dengan kekeluargaan bukan hukum.

"Awalnya kami sudah memberikan pembinaan kepada pelaku dan kasus ini sudah dimediasi diselesaikan secara kekeluargaan," terang Kapolsek Tenga, Iptu Ronal Mawuntu, Kamis (12/09/19).

Korban dan pelaku disuruh mendantangani pernyataan damai dan menariknya, pelaku tidak dilepas begitu saja, tapi justru dianterin oleh anggota piket Polsek Tenga ke sebuah Gereja Katolik St. Ignatius Stasi Desa Sapa untuk didoakan, dan diberikan pembinaan oleh Velny Ruus Wangko sebagai pemimpin gereja.

Ternyata, kegiatan penyelesaian masalah melalui pendekatan religi ini merupakan salah satu terobosan kreatif Polres Minsel dengan nama Prima Minstra yang dilakukan untuk sebuah tujuan agar pelaku mendapatkan efek jera serta mendapatkan tindak pidana yang ringan.

Prima Minstra merupakan Problem Solving atau penyelesaian masalah melalui pendekatan religi melibatkan tokoh agama; merupakan salah satu terobosan kreatif Polres Minahasa Selatan, dilakukan untuk menimbulkan efek jera serta menciptakan kesadaran moral para pelaku tindak pidana ringan,” tutup Kapolsek Tenga.

Wah, menarik banget ya kebijakan yang dilakukan Polsek Minahasa. Sudah mendapatkan tindakan pidana yang ringan, pelaku juga menjadi lebih kenal Tuhan dan beri pembinaan di gereja. Semoga hal seperti ini bisa terjadi di beberapa kota lainnya juga ya, kan sebagai tindakan kasih. Gimana menurut kamu?

 

 

Sumber : Manadonews

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:05

Samaritan purse

0 Answer

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

Banner Mitra November Week 4