Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
556


Berbeda dengan gereja pada umumnya di Indonesia, gereja ini malah mendeklarasikan bahwa mereka menerima dan mengafirmasi kelompok yang rentan dengan lGBTQ.

Seperti yang kita ketahui, bahwa lesbian, gay, bisksual, transgender dan interseksual dan queer  (LGBTQ) adalah hal yang sering sekali nggak diterima di dunia khususnya di kalangan gereja.

Namun berbeda dengan gereja ini, mereka justru menerima orang-orang untuk yang berlatar belakang LGBTQ dan orientasi lainnya untuk beribadah bersama.

Nah nama gerejanya adalah Gereja Komunitas Anugerah (GKA) yang berada di Jakarta Selatan.

Gereja ini menjadi institusi agama pertama di Indonesia yang nggak mempermasalahkan orientasi atau gender seseorang, padahal hal-hal seperti itu dianggap dosa atau sesat dalam komunitas agama lain.

Mendeklarasikan hal semacam itu tentu mengundang respon buruk dari sekitar. Mereka dianggap sesat dan juga dikucilkan dari kelompok Kristen sendiri, tapi menurut pendeta  yang memimpin disana yakni Suarbudaya Rahardian, hal seperti itu sudah menjadi kebiasaan yang mereka dengar.

"Banyak kok, anggota yang masih kucing-kucingan dengan keluarganya untuk beribadah," kata Pendeta Suarbudaya sambil tersenyum, dikutip dari Tirto.id.

Tak hanya itu, gereja ini juga membukat diskusi Jum'atan yang membahas gender dan teologi Queer.

Diskusi itu diselenggarakan di Jakarta Selatan, setiap hari Jumat yakni pukul 20:00 - 22:00 WIB.

Diskusi ini dilakukan untuk mendiskusikan ulang penolakan yang sering dilakukan gereja pada LGBTQ dan bagaimana sebenarnya sikap gereja dalam menghadapi mereka yang LGBTQ.

Dikutip dari Sejuk.org, diskusi ini membahas pedalaman Alkitab di Yohanes 14:15-31, yang dimana hasil observasi dan inteprentasinya, terdapat beberapa poin penting yang  disimpulkan, misalnya seseorang bisa melakukan perintah Tuhan karena mereka mengasihi Tuhan, itu sebabnya kita juga harus mengasihi dan melakukan perintahNya dan perintahNya adalah mengasihi seperti yang tertulis di hukum Taurat.

Secara langsung jika kita lihat kembali, diskusi ini mengacu kepada Roh Kudus yakni sebagai Roh Kebenaran yang bertugas menyertai dan mengajarkan juga mengingatkan manusia meski dunia tidak menerima mereka.

Ketika diwawacarai oleh Tirto. id tentang alasan kenapa gereja tersebut mendeklarasikan afirmasi kepada LGBTQ, mereka menjawab karena gereja mereka didatangi oleh orang yang berlatar belakang LGBTQ.

"Jadi, GKA ini berdiri tahun 2013 sebagai komunitas religius alternatif. Jadi, orang-orang yang datang ke kami 90 persen adalah orang-orang ateis, agnostik, yang dulu pernah beragama tapi meninggalkan keimanan karena dianggap Kristen itu enggak relevan, rasional, enggak manusiawi dan sebagainya dan sebagainya. Di antara pertanyaan-pertanyaan soal agama itu muncul pertanyaan soal apa sih pandangan-pandangan Kristen yang alternatif tentang LGBTIQ? Yang normatif jelas itu ditolak, harus dikonversi ke heteroseksual. Itu secara umumlah. Karena kami banyak didatangi teman-teman (LGBT) dan didatangi jemaat, kami dibawa pada suatu posisi untuk memikirkan ulang kondisi heteronomativitas kami. Kami juga enggak langsung pada posisi terbuka sebenarnya. Maka, sejak dua tahun, 2015 sampai 2017, kami menggali kajian teologi, sejarah Kekristenan, kajian kitab suci, sampai kajian-kajian teori queer—teori seksualitas terkini."

Akhirnya setelah dua tahun menggali kajian teologi, mereka pun memutuskan bahwa heteronormativitas atau yang normal itu cuma laki-laki hetero-cisgender dan perempuan hetero-cisgender itu bukan satu-satunya pandangan Kristen dalam sejarah tentang gender dan seksualitas. Artinya bahwa Kristen itu punya perjalanan panjang yang mengungguli bagaimana gender itu dikonstruksi dan bagaimana orientasi seksual dikonstruksi.

"Buat kami sendiri, ini perjalanan spiritual. Perjalanan teologis juga. Dan juga perjalanan politik. Karena bicara mengafirmasi LGBT ini berarti melawan tatanan (masyarakat) kita yang hari ini menentang LGBT. Itu semacam pernyataan sikap politik karena kita tidak bisa memisahkan seksualitas dan gender dari konstruksi sosial dan politik. Gender, kan, bentukan sosial, bentukan norma politik. Dan, bila kita menyatakan yang berlawanan dengan yang mapan, kita jadi berlawanan dengan kekuatan yang merasa terganggu—ya anggaplah kelompok yang konservatif, Kristen dan bukan-Kristen. Ataupun kekuatan negara, yang juga, meskipun tidak melarang, tapi tidak memberikan ruang kepada LGBTIQ,"Sambungnya.

Meski respon buruk banyak dari sekitar, Pendeta Rahadian ini mengaku sangat perlu mendeklarasikan gereja mereka setelah sekian lama , karena jika tidak mereka akan dianggap menghianati Injil oleh banyak oleh.

Benar sih kalau orang-orang LGBTQ harus tetap memiliki ruang di dalam gereja dan mengetahui kebenaran dengan baik. Jika gereja menolak LGBTQ lantas gimana mereka bisa bertobat dan dimuridkan?

BACA JUGA :


Seperti perempuan pelacur, Tuhan juga ingin kita menerima mereka dan menjadi sahabat sehingga mereka mengenali identitas mereka.

Tapi, mengenai gereja ini, marilah kita berdoa untuk mereka, supaya kebenaran dan kemurnian yang benar-benar kudus turun atas gereja ini, atas pemimpinnya, sehingga kebenaran dan kekudusan Tuhan dinyatakan atas gereja ini dan setiap orang yang masuk dalam gereja ini, diubahkan dalam nama Yesus. Amin.

Bagaimana  pun sebagai orang Kristen, kita tidak bisa menghakimi dan tidak seharusnya menjauhi mereka yang berdosa, atau bersalah, melainkan berdoa dan mendukungnya dalam kasih Kristus menuju perubahan yang ajaib. 

Sumber : Tirto.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3