Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
287


Kamu pasti pernah dengar kisah viral seorang gadis Kristen yang memesan makanan lewat aplikasi online dan memberikannya pada abang driver ojek onlinenya. Ya, kejadian ini viral pada bulan Mei 2019 lalu, bertepatan pada bulan puasa Ramadhan.

Gadis bernama Agnes Claudia tadi menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk melakukan kebaikan kepada siapapun, tanpa memandang agama, suku, ataupun rasnya. Agnes menyatakan bahwa niatnya saat itu hanya untuk berbuat kebaikan agar abang ojek online tersebut dapat berbuka puasa bersama keluarganya.

Kisahnya keren kan? Ya, sangat menginspirasi. Bukankah kita sebagai anak-anak Tuhan harusnya seperti itu semua. Sebab Tuhan Yesus sendiri berkata, “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." (Yohanes 13:34-35)

Jadi, kalau kamu mengaku sebagai anak Tuhan, maka kamu harus menunjukkan kasih itu dalam tindakan nyata, bukan cuma omongan doang ya.

“Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” (1 Yohanes 3:17-18)

Jadi, yuk kita lakukan aksi kebaikan kepada orang disekitar kita, bahkan mereka yang tidak kita kenal agar nama Tuhan dimuliakan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan:

1# Seperti kisah di atas, berilah orang lain makanan

Memberi makanan kepada orang lain tidak selalu harus membelikannya loh, malah kamu bisa berkreasi sendiri dengan keahlian memasak yang kamu punya. Jika kamu bisa bikin kue, maka buatlah kue-kue yang enak untuk dibagikan kepada teman di gereja, di tempat kerja, atau bahkan tetangga kanan-kirimu.

Kamu juga bisa ajak komunitasmu untuk masak bersama dan membagikan makan siang gratis kepada anak-anak jalanan atau mereka yang kurang beruntung di hari-hari tertentu.

Bahkan kamu juga bisa menjadi malaikat penolong dengan diam-diam mengirimkan sembako kepada keluarga yang kamu tahu kalau mereka dalam kesulitan keuangan atau memang kondisi ekonomi mereka berkekurangan.

Yesus sendiri melakukan hal ini, saat ia melihat orang banyak Yesus berbelas kasihan kepada mereka. Dia tidak hanya mengajar mereka tentang Kerajaan Allah, serta menyembuhkan mereka, tapi juga memberi mereka makan (Matius 14:14-21). Yuk lakukan hal ini dengan sukacita.

2. Berilah waktumu

Ada banyak ibu tunggal yang kesulitan untuk mencari pengasuh anaknya, saat ia harus bekerja. Kamu bisa memberikan waktu-waktu tertentu untuk menjaga anaknya, tanpa harus meminta bayaran.

Kamu juga bisa mengunjungi para lansia di gerejamu atau lingkunganmu, menghibur dan mendengarkan cerita mereka karena mungkin anak-anak mereka sibuk. Kamu bisa membantu membersihkan rumah mereka, atau membantu mereka memasak, atau hal-hal kecil lainnya.

3# Kunjungilah orang sakit

Saat ada teman, saudara atau orang yang kamu kenal jatuh sakit, kunjungilah mereka. Jika kamu bisa, bantulah mereka secara keuangan. Jika tidak bisa memberi secara finansial, maka kamu bisa berdoa secara khusus untuk kesembuhannya. Bukan hanya berdoa saat berkunjung ya, tapi kamu sungguh-sungguh bersyafaat untuk kesembuhannya dalam doa-doa pribadimu.

Kamu juga bisa menanyakan kepada orang yang sakit itu kondisi anak-anaknya, atau rumahnya, dan apa yang bisa kamu bantu. Umpamanya mengantar dan menjemput anak-anaknya pergi dan pulang sekolah selama dia sakit.

4. Jadi sukarelawan kegiatan sosial

Ada banyak kegiatan sosial dimana kamu bisa menjadi sukarelawan, contohnya di rumah singgah atau rumah belajar, dimana kamu bisa menjadi sukarelawan dengan menjadi guru untuk anak-anak, atau kamu juga menjadi sukarelawan untuk pelayanan penjara.                                 

Dengan melakukan berbagai tindakan kasih di atas kita melakukan apa yang dituliskan di Alkitab ini:

“Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.” (Matius 25:35-36)

Tuhan ingin agar kita menjadi terang dan garam dimanapun kita ditempatkan. Kita menjadi terang di mana kegelapan berada, membagikan  harapan yang ada di dalam Yesus Kristus. Demikian juga kita menjadi garam, di tengah kehidupan dimana kasih sudah menjadi semakin hambar. Kita menyatakan kasih Tuhan, walau kita tidak selalu terlihat. Sebab untuk menjadi garam dan berdampak, kita harus melebur dan menjangkau kehidupan orang lain.

Kita mungkin harus berkorban, baik itu uang, waktu, tenaga dan juga pikiran. Namun seperti itulah ilustrasi yang Yesus ceritakan melalui kisah orang Samaria yang baik hati. Jadi, yuk kita menjadi berkat untuk orang-orang di sekitar kita.

Kamu juga bisa menjadi berkat bagi sesama dengan mendukung pelayanan Jawaban.com dan CBN Indonesia, untuk info lebih lengkap KLIK DISINI.  

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7268

Banner Mitra November Week 2