Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
436


Kasus rasisme yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur menjadi satu kejutan yang tak terduga pasca perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74.

Perlakuan tidak baik yang dialami puluhan mahasiswa Papua inipun sampai ke telinga masyarakat di Papua. Bercampur emosi, masyarakat dan mahasiswa sendiri kompak melakukan aksi demonstrasi di kota Manokwari , Papua Barat pada Senin, 19 Agustus 2019 kemarin. Kerusuhan meledak disertai dengan aksi bakar-bakar di jalan.

Untungnya, kerusuhan di pagi itu mereda menjelang siang hari setelah dilakukannya pertemuan dengan pejabat setempat.

Meski sudah dalam kondisi kondusif, namun ingatan masyarakat akan ucapan rasis tersebut tentu saja tak begitu saja hilang. Sampai hari ini, ada saja masyarakat yang masih mengutuki bahkan terpancing emosi terhadap tindakan pelaku.

Untuk mengatasi lahirnya dendam dan perpecahan yang semakin mendalam diantara anak bangsa, para pendeta dan tokoh agama Papua pun duduk bersama dan menyuarakan pesan pengampunan dan damai.

Para pendeta dan tokoh agama ini menyerukan untuk lebih memilih hidup dalam persatuan sebagai satu bangsa dan menyadari kewajiban untuk mengampuni sebagai orang beriman.

Berikut pernyataan yang mereka sampaikan.

1. Perwakilan PPGJ

Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Jayawijaya (PGGJ), Yoram Yogobi, asal Jayawijaya, Papua meminta warga melepaskan pengampunan atas pelaku yang ucapkan kata-kata rasis terhadap warga Papua.

Dia menilai bahwa manusia memang rentan menyakiti dan melukai sesamanya lewat kata-kata yang tak menyenangkan. Karena itulah penting untuk mengampuni dan tidak menyimpan dendam, khususnya seperti yang diajarkan kepada orang-orang beriman.

“Sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang berimanm wajib melaksanakan hukum yang diajarkan oleh Kristus yaitu hukum kasih. Kita diajarkan untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan,” katanya.

Dia pun mengajak semua warga Papua untuk mendoakan supaya Tuhan memberikan keadilan kepada para pelaku.

Baca Juga:

Tragis! 4 Fakta Ini yang Ternyata Bikin Manokwari Rusuh Besar

Soal Kerusuhan Terjadi Di Papua, Sejumlah Tokoh Agama Kristen Ini Angkat Bicara

2. Ketua Badan Pekerja GKI Biak Selatan

Ketua Badan Pekerja Gereja Kristen Injili (GKI) di tanah Papua Klasis Biak Selatan, Kabupaten Biak Numfor, Pendeta George Korwa menghimbau jemaat Kristiani di berbagai gereja untuk menjaga kedamaian, keamanan dan ketertiban.

Dia menyampaikan supaya jemaat GKI bisa menyikapi kasus rasisme warga Papua dengan bijak. Daripada memicu perpecahan, dia memilih supaya semua jemaat melepaskan doa perdamaian atas Papua.

“Saya harapkan warga jemaat di lingkungan Badan Pekerja GKI Biak Selatan tetap menjaga hati dengan damai dan menyerahkan sepenuhnya penyelesaian perlakuan rasisme terhadap mahasiswa Papua kepada Tuhan Kristus,” kata Pendeta George Korwa.

3. Tokoh Agama FKUB Papua

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Pendeta Lipiyus Biniluk bersama dengan tokoh-tokoh lintas agama Papua menghimbau sepada seluruh mahasiswa Papua untuk tidak terbawa emosi setelah menerima ucapan rasis di Jawa Timur. Dia meminta supaya para mahasiswa tetap fokus belajar dan menjaga persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. 

Dia juga meminta Presiden Jokowi untuk membuat kebijakan pembangunan yang melibatkan orang asli Papua. Tak lupa dia juga meminta aparat keamanan tetap menjalankan tugasnya dengan profesional.

Mari sepakat untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Sebaliknya, melepaskan pengampunan bagi pelaku dan damai bagi Indonesia.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7275

Banner Mitra September week 3