Lori

Official Writer
1143


Pernikahan adalah ikatan antara dua insan, yaitu pria dan wanita. Mereka disebut suami dan istri.

Supaya hubungan suami istri berjalan dengan baik, dibutuhkan komunikasi yang baik juga. Hal serupa juga berlaku antara pernikahan dan Tuhan.

Seperti yang kita tahu, pernikahan itu akan selalu rentan terhadap pergumulan, baik kesehatan, hubungan, keuangan dan yang lainnya. Pergumulan ini sangat bisa menimbulkan rasa sakit dan bahkan merusak pola pikir kita.

Itu sebabnya kita butuh Tuhan untuk menyelesaikan setiap masalah dalam pernikahan dengan caranya Tuhan sendiri. Karena itulah masalah gak akan bisa diselesaikan hanya dengan mengandalkan pasangan saja. Sebab akan lebih baik jika pernikahan ini adalah gambaran dari hubungan antara Kristus dengan gerejanya.

Keluarga dan Gereja

Tuhan sendiri merancang keluarga dan gereja sebagai tempat kita bisa merasa memiliki dan terkoneksi.

Sayangnya, gak banyak keluarga menyadari pentingnya gereja. Ada banyak orangtua yang malah menolak untuk tak pergi ke gereja atau tidak mengijinkan anak-anak mereka untuk mengalami hubungan dengan Tuhan melalui gereja.

Jadi pengikut Kristus berarti menjalani kehidupan yang berantakan dan nyata bersama orang-orang percaya lainnya. Melalui konflik, kita bisa belajar untuk memaafkan. Di tengah perbedaan, kita bisa saling menerima. Dan di gerejalah kita bisa menemukan solusi yang tepat untuk menghadapi segala masalah hidup.

Dari komunitas gereja juga kita bisa mendapat bantuan ketika sedang menghadapi satu masalah. Entah itu, masalah kesehatan maupun finansial. Sekalipun bantuan tersebut hanya berupa doa, kita akan merasa sangat diberkati dengan keberadaan mereka.

Ada masanya musim kekeringan itu datang. Tapi menjadi penting untuk menghadapinya dengan bantuan doa dan dukungan semangat. Apalagi bimbingan rohani dari seorang pemimpin yang kita percayai.

Selain itu ada 5 manfaat gereja bagi pernikahan, diantaranya:

1. Menawarkan pengalaman baru

Bersama dengan kelompok kecil yang ada di gereja, pasangan suami istri bisa saling berbagi pengalaman. Pengalaman ini bisa berupa hal-hal sederhana yang dihadapi oleh masing-masing anggota. Selain itu, suami istri yang tertanam dalam komsel bisa saling bertumbuh dan mendapatkan pelajaran paling berharga soal kesepakatan dalam pernikahan.

Mungkin saat pekerjaan dan urusan-urusan lain sepanjang pekan malah menyita waktu, maka hari minggu adalah hari dimana suami istri bisa kembali bersatu di rumah Tuhan.

Bukankah itu pengalaman baru yang menyenangkan?

2. Gereja membuat hubungan suami istri lebih erat

Pekerjaan dan urusan lain bisa sangat sibuk. Dibutuhkan upaya untuk memperlambat dan menemukan waktu yang tepat untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dan gereja menawarkan waktu bagi suami istri untuk berkomunikasi lebih terbuka dan mendalam.

Baca Juga:

Punya Harapan Ketinggian? Dampaknya Bisa Rusak Pernikahanmu Loh…

Jadi Korban, Kisah Cinta Pasangan yang Menikah 60 Tahun Ini Berakhir di Insiden El Paso

3. Gereja membantu pasangan untuk tumbuh bersama

Di dalam gereja, sepasang suami istri bisa belajar untuk bertumbuh, baik dalam karakter maupun hubungan.

Suami istri bisa saja bergabung dalam sebuah pelayanan bertujuan untuk membantu orang lain. Pastinya saat keduanya melayani bersama, mereka akan belajar menjadi lebih peduli dan dewasa.

4. Mendapat dukungan doa

Sama seperti disampaikan di atas, gereja adalah rumah yang nyaman bagi sebuah pernikahan. Karena saat suami istri mengalami masalah, saudara-saudara seiman bisa memberikan topangan baik doa, penghiburan maupun bantuan dalam bentuk yang beragam.

5. Membangun hubungan yang lebih erat dengan Tuhan

Pernikahan adalah rancangan Tuhan. Karena itu penting bagi suami dan istri untuk selalu menaruh Tuhan di tengah hubungannya. Bagaimana caranya menaruh Tuhan dalam pernikahan? Suami istri bisa memulainya dengan belajar injil bersama dan menghidupinya dalam kehidupan sehari-hari.

Menyembah Tuhan bersama adalah cara yang sangat baik untuk menjaga pandangan suami istri tetap tertuju kepada Tuhan.

Jangan biarkan pernikahanmu terhilang dari kasih Tuhan. Ijinkan Dia bekerja dalam hidupmu dan pasanganmu, sehingga pernikahan kalian bisa jadi berkat bukan hanya bagi keluarga besarmu tapi juga bagi orang banyak.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us