4 Cara Efektif Mendengar Suara Tuhan

Kata Alkitab / 19 August 2019

Kalangan Sendiri

4 Cara Efektif Mendengar Suara Tuhan

bagusp Official Writer
5668

Meskipun sudah banyak yang membahas mengenai hal ini, namun pertanyaan ini masih sangat banyak ditanyakan oleh orang Kristen. 

Mendengar suara Tuhan adalah hal yang benar-benar penting jika kita ingin melakukan kehendakNya dalam hidup kita. Tapi bagaimana kita bisa mendengar suara Tuhan? Itu persoalannya dan dalam artikel ini kita akan bahas.

Bagaimana mendengar suara Tuhan dengan benar? Ini dia 4 cara efektif mendengar suara Tuhan.


1 Suara Tuhan kita kenali karena kita banyak bersekutu dengan Dia


Bagaimana kita bisa hapal suara ibu kita? Karena kita sering mendengar. Bagaimana kita sering mendengar? Karena kita sering bersama ibu kita bukan?

Demikian juga dengan suara Tuhan, semakin kita bersekutu dengan Tuhan, entah bagaimana kita akan mengetahui saat Tuhan berbicara dengan kita.


2 Suara Tuhan paling banyak melalui hati nurani


Karena itu Alkitab mengatakan kita harus menyelidiki hati kita, menjaga hati kita dengan baik karena disitulah Tuhan menyampaikan perkataan dan kehendakNya. Orang mengenal sebagai hati kecil. Secara normal manusia mempunyai hati kecil yang tahu membedakan apa yang baik dan tidak baik buat dia, namun untuk kita bisa mengerti kehendak Tuhan kita perlu menyerahkan hati kita kepada Roh Kudus.


3 Suara Tuhan biasanya tidak terduga, tidak direncanakan


Pernah nggak tiba-tiba kamu seperti mendengar suara atau tiba-tiba suatu ide atau pemikiran baru muncul mendadak di hatimu, misalnya dorongan untuk mendoakan seseorang, atau memberi untuk orang lain, atau seperti harus pergi ke suatu tempat dan lain sebagainya. Saat kamu coba untuk menolak dorongan itu, rasanya sungguh tidak dalam sejahtera.

Bisa jadi itu adalah perkataan Roh Kudus.


4 Suara Tuhan menimbulkan damai sejahtera


Patokan terpenting adalah apakah “suara” tersebut menimbulkan damai sejahtera? Ini adalah patokan yang harus diingat. Karena kerajaan Allah adalah tentang damai sejahtera. Damai sejahtera terjadi karena kita melakukan sesuai Firman Tuhan. 

Kebalikannya adalah jika hal tersebut kita abaikan, maka justru kita tidak merasa damai sejahtera.


Nah itulah 4 cara efektif untuk mendengarkan suara Tuhan. Itu perlu diasah dan dilatih. Kalau salah bagaimana, ya nggak papa kan kita masih bertumbuh di dalam Tuhan. Yang terpenting adalah jangan berhenti untuk bersekutu dengan Tuhan. 



Halaman :
1

Ikuti Kami