Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
282


"Kamu kok ngemil terus sih? Nggak mau coba diet biar kurusan?"

Kamu pasti pernah mendengarkan atau mungkin secara nggak sadar mengucapkan kata-kata ini kepada orang lain bukan? Mungkin kamu memang benar-benar berniat baik supaya teman kamu bisa terlihat lebih ramping, singset dan bertubuh ideal. Tapi hati-hati loh, karena ini justru menjadi pertanda kalau kamu melakukan body shaming.

Gimana pun, body shaming adalah tindakan buruk tanpa disadari yang bisa mempengaruhi kepercayaan diri dan identitas seseorang.

Bukan rahasia umum lagi. Body shaming ini nggak cuma terjadi di dalam kehidupan nyata malah di dalam dunia sosial media juga, dan kebanyakan yang mengalami hal-hal seperti ini adalah wanita.

Dikutip dari Wolipop. detik, sebuah studi yang dilakukan Fit Rated, menemukan bahwa 92.7 persen dari 1000 wanita di olok-olok karena penampilannya, sementara untuk pria, ada sebanyak 86,5 yang menjadi korban olok-oloknya.

Nggak cuma itu, dari survei Body Peace Resolution yang digelar oleh Yahoo, juga menunjukkan bahwa wanita mendapatkan perlakuan body shaming terbanyak dibanding pria, yakni dari 2000 orang wanita berusia 13-64 tahun, 94 persen diantaranya mengalami body shming, sementara pria hanya 64 persen saja.

Ironisnya, body shaming yang terus menerus menyerbu para wanita ini membuat mereka tak lagi mengenal identitas mereka sendiri. Akhirnya, itulah yang membuat banyak perempuan berlomba-lomba untuk meniru gaya fashion dan diet ketat sampai bayar mahal-mahal demi mendapatkan pengakuan dari banyak orang.

Kadang, sulit untuk mengingatkan diri sendiri akan sebuah kebenaran mengenai identitas kita di dalam Tuhan, ketika kita berada dalam sebuah lingkungan dan bergelut dengan orang-orang yang tergila-gila dengan penampilan semata. Kita menjadi sangat tertekan ketika kita tidak bisa meniru mereka dan jauh lebih baik dari mereka baik itu dari segi penampilan atau pun dari segi bentuk tubuh.

Buat para perempuan Kristen, inilah beberapa intimidasi dan kebohongan yang dibuat dunia untuk membuatmu lupa dengan identitasmu sebagai anak Allah yang berharga. Ketahuilah dan siasati dengan baik:

1. Biar pacar kamu tidak direbut oleh orang lain, kamu harus berani bersaing dengan wanita-wanita cantik di luaran sana.

Hey wanita, jika kamu berkencan dengan seorang pria dan itu membuat kamu tidak menjadi dirimu sendiri, berusaha menjadi orang lain supaya tidak kehilangan pria yang kamu kencani, sebaiknya menyingkirlah dari kencan ini, tinggalkan saja prianya dan jangan berkencan dulu.

Seharusnya kan dalam gereja atau tubuh Kristus, nggak ada kecemburan. Kasih itu tidak cemburu, itu yang harus kamu pahami.

Kadang sebagai perempuan, ketika kita sudah pacaran, kerap sekali kita membandingkan diri kita dengan mantan, teman perempuan pacar kita, dan lain sebagainya. Serta kebanyakan perempuan, ketika melakukan itu, dia akan menjadi takut dan ragu akan dirinya sendiri.

Memang tidak masalah merawat tubuh dan mempercantik dirimu, tapi jika kamu sampai ragu terhadap dirimu dan identitasmu, kamu perlu berdoa dan konseling dengan mentormu.

Kamu harus menghancurkan sifat cemburu itu, dan menerima dirimu sebagaimana Tuhan menciptakanmu berharga dan cantik bukan karena apa yang kamu pakai, tapi karena Yesus dalam dirimu.

"Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita." (Roma 12:4-6a)

Kamu cantik dan kamu memiliki keunikan, sama seperti orang lain, mereka juga cantik dan memiliki keunikan tersendiri. Jika pacarmu gampang terombang-ambing karena melihat teman-teman kamu yang lebih cantik, panjang rambut, dan langsing dibanding kamu, maka buang saja jauh-jauh pria itu. Jangan sampai membawa dia ke dalam pernikahanmu.

BACA JUGA :

Sepele Sih, Tapi Tanpa 4 Hal Ini, Kamu Tidak Akan Jadi Pemimpin Kristen Yang Berdampak!

2. Karena dikatain kulit hitam, atau kulit terlalu putih seperti bayi, akhirnya kamu memutuskan untuk suntik putih dan lain sebagainya demi merubah dirimu.

Dijaman sekarang ini, ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi putih. Bahkan sampai sekarang kita kerap menemui bahkan orang-orang berkulit gelap cenderung diperlakukan kurang cantik dan berharga dibanding perempuan berlulit terang.

Apa yang Tuhan ciptakan sebagai sisi unik dari gambarNya terhadap seseorang dunia kerap sekali menganggapnya kurang.

Jika kamu berkulit hitam dan diperlakukan demikian, saya tau bagaimana rasanya tertekan, dan ingin mempercantik diri dengan suntik putih dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, kamu sangat unik. Bahkan orang berkulit hitam adalah orang yang seksi, yang menawan, dan semuanya sama dengan berkulit putih.

Hidup kamu bukan tentang apa yang dikatakan oleh manusia tetapi apa yang Tuhan pikirkan tentangmu. Itulah yang paling penting.

Tuhan menciptakan kamu dengan kulit hitam, bukan karena Tuhan ingin kamu di bully tapi karena ada sebuah tujuan yang unik dan semua untuk kemuliaanNya.

3. Implasi payu darah karena sering dibully teman.

Dalam budaya hari ini, payudara yang besar adalah hal yang menarik sekali dan lagi trend. Makanya perempuan yang berdada kecil, cenderung memakai bra yang empuk dan berbusa agar terlihat besar. Hal itu dilakukan kaena ada banyaknya tekanan dari orang sekitar.

Bahkan karena tekanan itu, perempuan rela menjalani operasi dan menanamkan silikon ke tubuhnya, supaya terlihat seksi ketika pakai baju pantai dan lain sebagainya.

Nggak cuma perempuan diluaran sana, bahkan perempuan Kristen pun banyak melakukan ini.

Tetapi Matius memperingatkan kita, "Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan." (Matius 23:23)

Bukan berarti perempuan yang menanam implan adalah perempuan yang buruk dan penuh dosa ya, saya tidak sedang menghakimi siapapun melalui firman itu. Tapi yang mau saya sampaikan lewat firman itu bahwa fokuslah kepada kecantikan batin kamu, terhadap pertumbuhan dan ketaatan kamu akan firman Allah bukan terhadap ukuran bra kamu atau kulit kamu.

Jangan pernah menyerah terhadap tekanan dari orang lain ya, carilah Tuhan dan kehendakNya bagi hidup kamu dalam situasi yang sensitif yang kamu alami saat ini.

Selain itu, jangan pernah lakukan body shaming kepada sesamamu ya. Karena sekali lagi, Tuhan menciptakan kamu dengan begitu unik, berharga dan sangat mulia. Jadi, tetaplah berdiri dalam kebenaranNya, dan tetaplah menerima dirimu bukan karena apa yang kamu kenakan dan sempurnanya tubuhmu tetapi karena Tuhan menciptakan kamu sejak dulu adalah orang yang berharga, cantik dan mulia dimata-Nya.

Jangan terlalu fokus terhadap pengakuan dari manusia, tapi fokuslah terhadap Tuhan lebih dahulu.

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:43

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3