Indahnya Sebuah Perbedaan. Gereja Ini Rela Undur Waktu Ibadah Demi Kelancaran Idul Adha!

Indahnya Sebuah Perbedaan. Gereja Ini Rela Undur Waktu Ibadah Demi Kelancaran Idul Adha!

Naomii Simbolon Official Writer
934

Menghormati shalat Idul Adha yang dilakukan umat Muslim, gereja GMIT Kalvari Maumere ini menunda ibadah Minggu yang biasa dilakukan.

Minggu (12/8/19) lalu, ribuan umat Muslim di Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, NTT menuaikan ibadah Shalat Idul Adha di depan gereja GMIT Kalvari Maumere.

Dikutip dari Kompas.com, sejak jam 05:30 WITA, ribuan umat Muslim sudah berdatangan.

BACA JUGA :

Duh! Gaji 5 Tahun Nggak Dibayar, Pendeta HKBP Ini Berniat Membawa Kasusnya Ke Ranah Hukum!

Mereka datang dari berbagai masjid dan kota, yakni 9 Masjid dan dari kota yang berbeda. 5 dari dalam kota Maumere, dan 4 lainnya dari luar kota.

Karena ramainya umat yang berdatangan, baik itu memakai kendaraan sendiri, taksi atau kenderaan online lainnya, akhirnya halaman Gereja GMIT penuh, dan demi shalat umat Muslim ini berjalan lancar, akhirnya Gereja GMIT menyetujui koordinasi yang dilakukan panitia Idul Adha.

"Hasil koordinasinya yaitu perayaan kebaktian pagi jemaat Kalvari diundur dari pukul 06.00 ke pukul 09. 00. Itu minggu lalu kita bersurat. Saya sendiri juga datang bertemu Ibu Pendeta. Kami sepakat untuk menyesuaikan," ujar Lukman kepada Kompas.com usai pelaksanaan shalat Id, Minggu (12/8/2019). 

Lukman juga mewakili para umat Muslim untuk berterimakasih atas toleransi yang diberikan umat Kristen khususnya Gereja GMIT terhadap shalat Idul Adha tersebut, sehingga bisa berjalan dengan lancar.

 "Terima kasih dan apresiasi atas toleransi dari umat gereja GMIT Kalvari Maumere yang sudah memberikan waktu kepada jemaat Muslim menunaikan shalat id hari ini. Luar biasa, hari pelaksanaan shalat id bisa berjalan dengan aman dan lancar."

Nggak hanya itu, toleransi juga datang dari aparat keamanan yang adalah umat Kristen. dengan sigap, mereka bergerak menjaga keamanan shalat yang dilakukan di lapangan Kota Baru Maumere tersebut dan hasilnya shalat tersebut berjalan dengan lancar.

"Semuanya dilakukan demi kelancaran keberlangsungan shalat Id. Hari ini semuanya berjalan dengan baik tanpa ada kendala," ujar Lukman yang dikutip dari Kompas.com

Indahnya sebuah toleransi dan saling menghormati antar umat beragama seperti ini ya. Semoga hal-hal seperti ini terus dilakukan agar tidak ada lagi diskriminasi agama di bangsa-bangsa khususnya Indonesia.

 

Sumber : kompas.com

Ikuti Kami