Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
353


White Supremacy atau Supremasi Kulit Putih adalah sebuah ideologi yang menganggap bahwa rasa kulit putih lebih superior dari ras lainnya.

White Supremacy ini banyak dikaitkan dengan rasisme anti-kulit hitam dan anti-semitisme. Tapi juga banyak digunakan untuk membenarkan diskriminasi terhadap orang asli Amerika, keturunan China, Irlandia, Asia Tenggara dan sebagainya.

Namun, beberapa tahun belakangan ini White Supremacy banyak dijadikan sebagai motif berbagai kejahatan. Salah satunya serangan penembakan massal yang dilakukan di berbagai tempat di Amerika.

Paling menyedihkannya, selama 20 tahun terakhir sudah terjadi sebanyak 22 kali penembakan massal dan menewaskan ribuan orang. Kebanyakan dari kasus itu teridentifikasi dengan motif rasisme.

Karena itulah, baru-baru ini banyak pihak mulai angkat bicara soal masalah White Supremacy. Mereka menilai jika ideologi ini hanya akan merusak persatuan bangsa.

Keprihatinan terkait kasus penembakan massal ini mendorong Senator Cory Booker menyampaikan pandangannya terkait kekerasan rasis di Amerika.

Booker menyampaikan sikapnya terkait White Supremacy bahwa kekerasan rasisme selalu menjadi bagian dari kisah Amerika.

Dia menyampaikan sikap ini di Gereja Episkopal Methodis Emanuel Afrika di Charleston. S. C, yang jadi lokasi insiden penembakan pada Juni 2015 dan menewaskan 9 orang jemaatnya.

“Kami di sini pagi ini setelah ada tindakan kebencian lain di Amerika. Tapi aku datang ke sini hari ini karena kasih. Jenis kasih yang aku pelajari di gereja terus bertumbuh,” kata Booker.

Dia pun mengecam insiden penembakan di El Paso, Texas dan Dayton, Ohio di akhir pekan lalu.

Baca Juga: Rawan Penembakan Massal, Gimana Sikap Orang Kristen? Ini Penjelasan Max Lucado

Dia menduga penembakan ini terjadi karena dampak White Supremacy. Hal ini menyebabkan masalah rasisme telah menjangkit di Amerika.

“Kefanatikan ditulis dalam dokumen negara kita. Penduduk asli Amerika dalam Deklarasi Kemerdekaan kita disebut sebagai ‘orang buas’ dan dalam Konstitusi kita, orang kulit hitam adalah manusia. Supremasi kulit putih selalu menjadi masalah dalam kisah Amerika,” ucapnya.

Dia pun menyampaikan sebuah pesan dari Galatia 6: 7. Bahwa kondisi yang dialami Amerika disebabkan oleh kebencian yang ditabur kepada banyak orang.

“Waktu rumah ibadahmu dibakar karena supremasi kulit putih, komunitas ini dibangun kembali di sini di tanah ini, dengan iman kepada Tuhan…Anda menunjukkan seperti apa iman karena tindakan itu,” katanya.

Meski begitu, belum diketahui pasti bagaimana nasib White Supremacy Amerika.

Gereja Bersatu Bantu Korban Penembakan

Sementara dari lokasi kejadian penembakan, pihak gereja saling bekerja sama untuk membantu korban dan keluarga korban.

Pendeta Amy Wilson Feltz, Pendeta Gereja Persatuan Methodis St Paul di El Paso, menjelaskan bahwa meskipun tak satu jemaatnya jadi korban. Tapi gerejanya tetap turun tangan untuk membantu.

“beberapa anggota gereja benar-benar mengenal orang-orang yang anggota keluarga dan teman-temannya terbunuh atau terluka. Gereja kali sekitar satu mil jauhnya dari Walmart lokasi penembakan itu, jadi kami sangat sadar bahwa tetangga kami menderita, dank am berduka dengan mereka dan ada di sini untuk mendukung mereka,” ucap Feltz.

Di sana anggota jemaatnya telah mendonorkan darah dan menawarkan trauma healing bagi korban.

“Banyak anggota gereja telah memberikan darah dan mencari cara lain untuk menjangkau dalam kasih dan kebaikan kepada keluarga korban,” jelasnya.

Apapun motif yang mendorong pelaku untuk melakukan kejahatan, kiranya hal itu tidak menjadi momok yang terus berlanjut. Selain itu, pemerintah juga diharapkan bisa menawarkan solusi yang tepat untuk mencegah dampak White Supremacy yang semakin meluas.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bambang Wijaya 22 October 2019 - 18:49:03

Hidup lama adalah hidup yang penuh dengan

0 Answer

Tegar Ihsan 22 October 2019 - 18:31:58

Pengaruh perbedaan waktu pada kehidupan sehari har.. more..

0 Answer

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 4


7270

Banner Mitra Oktober Week 4