Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
525


Wahyu adalah bagian perikop Alkitab yang menuliskan tentang nubuatan akhir zaman yang merupakan pertanda kiamat akan datang.

Adapun tanda-tanda yang mengikuti masa akhir zaman ini adalah munculnya nabi-nabi palsu, munculnya anti-kristus, tanda-tanda dari langit dan bahkan munculnya beragam penyakit langka.

Sadar atau gak, beberapa nubuatan ini sudah mulai terjadi seperti halnya kemunculan gerakan LGBTQ yang semakin menyebarluaskan penyakit HIV/Aids yang hingga saat ini masih belum ditemukan obatnya.

Selain penyakit tersebut, rupanya ada sejumlah penyakit langka yang mulai bermunculan beberapa tahun belakangan ini.

1. Virus Ebola

Wabah Ebola pertama kali muncul di Sudan dan Kongo. Virus ini mulai muncul pada tahun 1976 dan sampai tahun 2014 terus menjangkit dan membunuh ribuan nyawa karena sifatnya yang ganas dan mematikan.

Saat ini virus ebola masih terus menyebar di beberapa wilayah di Afrika seperti Guyana, Sierra Leone, Liberia dan Nigeria.

Penyakit ini sendiri mirip seperti demam berdarah. Tapi bedanya virus ini ditularkan oleh infeksi hewan seperti monyet atau kelelawar.

Penyebarannya bisa melalui kontak darah atau cairan tubuh. Begitu seseorang terinfeksi, penyakit ini akan sangat mudah menyebar kepada orang lain di sekitarnya.

Sementara masa inkubasinya butuh dua hari sampa tiga minggu setelah terjangkit virus dan ditandai dengan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, nyeri otot dan sakit kepala.

Sampai saat ini pengobatan untuk wabah ebola sendiri masih belum ditemukan. Karena itulah penyakit ini tergolong dalam penyakit langka dan mematikan.

2. Virus Zika

Mirip seperti virus Ebola, Zika juga merupakan penyakit yang disebarkan melalui infeksi dari nyamuk Aedes aegypti.

Penyakit ini pertama kali muncul di di Afrika dan Asia pada tahun 1950-an.

Uniknya, penyakit yang satu ini berkaitan dengan demam kuning dan virus Nil Barat yang dibawa oleh flavivirus bawaan artropoda.

Pada tahun 2015, Amerika dinyatakan terjangkit wabah Zika dan WHO harus mengumumkan Status Darurat Kesehatan Internasional.

Sementara penderita yang terjangkit virus ini bisa diobati dengan istirahat saja sampai masa inkubasi virusnya selesai.

Baca Juga:

Selain Olahraga, Cara Ini Juga Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat. Apa Itu?

Berbohong Bukan Hanya Bikin Cemas, Dampaknya Bisa Lebih Parah Loh!

3. Cacar Monyet

Belum lama ini, Indonesia juga dikagetkan dengan munculnya jenis penyakit langka yang disebut dengan cacar monyet.

Jika pada umumnya masyarakat hanya mengenal penyakit cacar air dengan ciri bintik merah berisi air di sekujur tubuh, maka cacar monyet jauh lebih parah dari itu.

Cacar ini disebabkan oleh virus dari hewan yang terinfeksi penyakit tertentu (seperti monyet dan tikus).

Lagi-lagi, penyakit ini pertama kali muncul di Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Gejalanya memiliki ciri yang hampir mirip dengan cacar air yaitu mulai mengalami demam, sakit kepala, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening dan merasa kelelahan.

4. Neuroblastoma

Neuroblastoma adalah jenis kanker langka yang muncul karena pertumbuhan sel-sel saraf yang belum matang. Akibatnya pertumbuhan sel ini membentuk benjolan berupa tumor padat.

Kanker jenis ini ditemukan pada sekitar 100 anak di Inggris. Karena itulah penyakit ini lebih sering dialami oleh anak-anak di bawah usia 5 tahun. Biasanya tumor ini bisa tumbuh di bagian organ kelenjar adrenalin dekat ginjal, leher, dada, perut dan panggul.

Jika tak segera ditangani, tumor ini akan sangat cepat bertumbuh menjadi kanker dan menyebar dengan cepat ke organ lain, seperti sumsum tulang, kelenjar getah bening, tulang, hati, serta kulit.

Untuk penanganan kanker sendiri harus melalui proses sama seperti penanganan kanker lainnya. Baik dengan melakukan kemoterapi, konsumsi obat pencegah pertumbuhan sel kanker dan juga pengaturan pola makan yang sehat.

5. Progreria

Penyakit yang satu ini termasuk pada penyakit akibat kesalahan kode genetik (mutasi genetik) karena kelainan protein di sekitar inti sel. Progreria juga bisa terjadi karena kesalahan di kromosom seseorang yang mengakibatkan penuaan dini sebelum waktunya.

Penyakit ini sendiri bisa terjadi dalam dua bentuk yaitu progreria pada anak-anak yang disebut dengan sindrom Hutchinson-Gliford dan progreria pada orang dewasa atau disebut sindrom Werner.

Perbedaan kedua jenis progeria ini terletak pada kesalahan dalam tubuh. Penderita penyakit ini biasanya ditandai dengan ukuran tubuh yang kecil, kulit keriput, pertumbuhan gigi yang lambat.

Penyakit ini hanya ditemukan kepada satu dari 250.00 kelahiran hidup. Saat ini, di dunia baru tercatat 60 kasus dan ditemukan pertama kali di London, Inggris pada tahun 1752.

Alkitab, secara khusus di Perjanjian Lama menggambarkan begitu banyak kisah dimana Tuhan menulahkan malapetaka dan penyakit kepada orang-orang yang murka terhadapNya. Allah melakukannya sebagai hukuman (Keluaran 9: 14, 16). Dia memakai tulah di Mesir untuk memaksa Firaun untuk membebaskan orang Israel dari perbudakan.

Jika di jaman Perjanjian Lama Tuhan menjatuhkan penyakit kepada manusia untuk menghukumnya. Lalu apakah penyakit yang muncul di masa ini memang pertanda akhir jaman?

Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 30 penyakit baru yang belum bisa diobati sejak tahun 1980. Kita tidak tahu bagaimana penyakit pendemik sejenis yang lain akan bermunculan dan bertujuan untuk membersihkan penduduk bumi yang sudah tercemar.

Tapi sekalipun kita belum tahu apakah itu adalah bagian dari rencana Tuhan, kita harus patut berjaga-jaga. Karena kondisinya bisa membaik atau semakin memburuk. Dan yang bisa kita lakukan adalah tetap setia dan mencari wajah Tuhan setiap hari. Supaya kita semakin peka tentang masa-masa kesukaran apa yang akan kita hadapi ke depan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bambang Wijaya 22 October 2019 - 18:49:03

Hidup lama adalah hidup yang penuh dengan

0 Answer

Tegar Ihsan 22 October 2019 - 18:31:58

Pengaruh perbedaan waktu pada kehidupan sehari har.. more..

0 Answer

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 4


7270

Banner Mitra Oktober Week 4