Selain Olahraga, Cara Ini Juga Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat. Apa Itu?
Sumber: Dokter Gen Z

Health / 26 July 2019

Kalangan Sendiri

Selain Olahraga, Cara Ini Juga Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat. Apa Itu?

Lori Official Writer
2035

Supaya hidup lebih sehat, banyak orang untuk melakukan berbagai cara diantaranya mulai diet sehat, olahraga, atau minum banyak air.

Semua cara ini memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi tahukah kamu, selain menjaga kesehatan fisik ternyata menjaga kesehatan sosial juga sama pentingnya bagi kesehatan tubuh.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE menemukan bahwa lingkungan sosial seseorang memiliki kekuatan untuk mencegah beragam masalah kesehatan diantaranya stress, depresi, kesepian.

Aktivitas sosial dianggap sangat mendukung kesehatan tubuh seseorang.

“Siapa saya, apa kegiatan saya, jaringan sosial saya..gaya hidup saya, hobi saya, semua ini adalah penentu kuat kesejahteraan saya,” kata penulis studi Nitesh Chawla, seorang prefesor ilmi komputer dan teknik dari Universtas Notre Dame.

Penelitian ini juga didukung oleh banyak penelitian serupa. Dimana dukungan sosial, baik dari teman, anggota keluarga, atau pasangan sangat terkait dengan kesehatan mental dan fisik yang lebih baik.

Kehidupan sosial yang kuat, menurut studi ini, bisa:

- menurunkan tingkat stress

- meningkatkan mood

- mendorong perilaku kesehatan yang positif

- menjaga kesehatan jantung

- meningkatkan proses pemulihan penyakit, serta

- membantu hampir semua kondisi kesehatan

Sebaliknya, seseorang yang antisosial sangat rentan membuat seseorang mengalami penyakit kronis dan terserang gangguan mental. Lebih parahnya, sikap antisosial membuat seseorang kemungkinan mengalami peradangan kronis dan menurunkan sistem imun.

Baca Juga:

Supaya Tidurmu Lebih Nyenyak, Mandilah Air Hangat di Waktu Ini...

Kenapa Kanker Bisa Menghilang Tiba-tiba Seperti yang Dialami Joni Tada?

Salah satu risiko antisosial adalah kesepian. Seseorang yang mengalami kesepian ditemukan bisa membuat seseorang mengalami efek yang sama dengan menghisap 15 batang rokok sehari.

Sebuah studi oleh perusahaan asuransi kesehatan Cigna, yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion menemukan bahwa penyebab tingginya kesepian adalah kehadiran media sosial yang mencuri waktu semua orang dari interaksi sosial dengan orang lain.

Karena itulah, menghidupkan kembali kehidupan sosial yang semakin menurun bisa dilakukan dengan mencari dukungan dari teman, pasangan atau orang lain. Carilah teman untuk berolahraga bersama, ikut dalam sebuah program relawan, atau melakukan aksi sosia lain.

“Waktu yang ril, tatap muka dengan orang-orang dan bagian dari akivitas itu membuat hal itu menyenangkan dan memberi orang alasan untuk berkumpul,” kata Dr. Stuart Lustig, salah satu penulis studi Cigna.

Selain itu, penggunaan sosial media juga perlu dilakukan dengan bijaksana dan strategis. Habiskan waktu bahkan untuk membangun kehidupan sosial yang bahkan paling sederhana yaitu menyapa dan berbicara dengan orang lain.

Penulis studi ini menyampaikan bahwa melalui percakapan sederhana pun, seseorang bisa menumbuhkan interaksi yang lebih mendalam menjadi hubungan persahabatan yang lebih bermakna.

“Orang-orang harus mengambil kesempatan (berkomunikasi) dimana saja mereka bisa, karena kita semua, secara bawaan, terhubung sejak lahir,” terangnya.

Sumber : Time.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami