Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
332


Salah satu hal terbesar yang bisa kita lakukan sebagai orangtua adalah menanamkan kecintaan akan Alkitab pada anak-anak kita sejak usia dini.

Meski tidak semua orangtua melakukan ini, tapi jika kamu membaca ini maka ini adalah saat yang tepat untuk kamu melakukannya bagi anak-anakmu.

Ajarlah mereka untuk bertumbuh dalam kebenaran Firman Allah, dan bagikanlah kisah-kisah Alkitab yang bisa menjadi favorit mereka.

Ini ada beberapa tema yang bisa kamu bagikan :

1. Lembah Tulang Kering (Baca dalam Yehezkiel 37)

Ringkasan untuk anak-anak :

Tuhan berbicara kepada nabi Yehezkiel melalui mimpi. Dalam mimpi tersebut, Yehezkiel sedang berada di sebuah lembah yang penuh dengan tulang kering. Tuhan mengatakan kepadanya untuk berbicara kepada tulang-tulang tersebut dan mereka akan hidup kembali.

Yehezkiel kemudian mematuhi Allah dan melakukan apa yang diperintahkanNya. Tulang-tulang itupun bersatu, Tuhan memberi mereka daging dan kulit dan menghembuskan kehidupan di dalamnya!

Kebenaran yang anak-anak harus tahui dari kisah Alkitab tersebut : Tuhan bisa melakukan hal yang mustahil. Dia bisa membawa harapan ketika situasi tidak ada harapan. Jadi, ajarlah mereka percaya dan mematuhi Yesus selalu melalui kisah ini.

BACA JUGA :

Jangan Bilang Tidak Kuat, Inilah 3 Cara Untuk Berjuang Demi Anak-anak Meski Tanpa Isteri!

2. Nehemia dan membangun tembok kembali (Ditemukan dalam kitab Nehemia)

Ringkasan untuk anak-anak :

Nehemia memiliki pekerjaan yang sangat penting, yaitu sebagai juru minum untuk Raja Persia.

Suatu hati, dia sangat sedih dan raja bertanya kepadanya mengenai apa yang salah. Nehemia pun memberitahunya tentang gimana tembok-tembok kota Yerusalem diruntuhkan. Raja mengizinkan Nehemia pergi ke Yerusalem dan merekrut pekerja dan menjadi pemimpin yang hebat.

Tembok tersebut akhirnya dibangun kembali dan orang-orang Yahudi yang tersebar di seluruh wilayah kembali ke tanah leluhur mereka.

Kebenaran yang harus diketahui anak-anak kamu :

Ketika ada orang yang membutuhkan, kamu harus secara sukarela membantu. Tuhan akan memberikan kamu kekuatan dan semua yang kamu butuhkan, ketika kamu bertindak sesuai dengan kehendakNya.

3. Ratu Pemberani (Ditemukan dalam kitab Ester)

Ringkasan yang bisa kamu bacakan untuk anak-anak kamu :

Ester menikah dengan raja Xerxes dari Persia. Lalu ada seorang pria bernama Haman yang bekerja untuk raja, dan dia diberi peran tertinggi dalam Kerajaan tersebut. Raja lalu membuat sebuah aturan bahwa orang lain harus tunduk kepada Haman.

Mordekai yang adalah paman Ester, orang Yahudi menolak untuk tunduk kepada Haman dan Haman pun menjadi sangat marah. Haman pun memutuskan untuk tidak hanya menyingkirkan Mordekai, tetapi juga semua orang Yahudi.

Mendengar hal ini, Mordekai pun memberitahu Ester yang juga orang Yahudi tentang rencana Haman.

Ester pun mendekati Raja dan memberitahunya hal ini. Raja merasa tidak senang, dan dia menuntut agar Haman dihukum sebagai gantinya.

Kebenaran yang anak-anak kamu harus tahu :

Kamu harus selalu memiliki keberanian untuk membela apa yang benar.

Ketika anak-anak kita masih muda, penting sekali bagi mereka untuk memahami bahwa Tuhan mencintai dan selalu ada untuk mereka.

Ketika kita sebagai orangtua memahami kebenaran ini, maka ini akan mempengaruhi cara kita memperlakukan orang-orang disekitar kita. Kisah-kisah di atas, tidak selalu menjadi perhatian banyak orang, tetapi jika kamu membacakannya untuk anak-anakmu, maka mereka bisa belajar dasar-dasar penting dari iman Kristen melalui kisah tersebut. Tentu saja itu menjadi langkah pertama menuju kisah hidup dengan pertumbuhan yang baik bagi anak-anakmu.

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muhammad fachri Nasution 23 September 2019 - 03:07:04

I spoken word

0 Answer

Alfian Febriyan Official 22 September 2019 - 23:51:09

perbedaan sco unix dan sun unix

0 Answer

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3