Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
337


"Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya," (Amsal 2:7)

Semua ayah pasti memiliki naluri yang alami untuk berjuang demi anak-anak mereka dan didukung oleh isterinya. Namun, bagaimana jika ayah tidak lagi memiliki isteri dan hanya sendiri dalam mengurus anak-anaknya?

Mungkin kamu demikian, mungkin sudah sekian tahun mengurus anak sendiri atau baru saja mengalami duka, atau perceraian yang bikin kamu harus urus anak sendiri.

Jangan kuatir, berjuanglah dengan baik, kamu pasti bisa. Inilah 5 cara yang penting yang bisa kamu perjuangkan sendiri untuk anak-anakmu :

1. Berjuanglah dengan iman kamu

Dengan kata lain, lepaskanlah kontrolmu.

Mungkin ini akan bertentangan dengan apa yang ingin sekali kamu lakukan. Tapi sebagai mahluk yang kuat dan beriorentasi pada tindakan, sebagian besar pria pasti ingin memegang kendali. 

Tapi kali ini, izinkanlah Tuhan bergerak dan rendahkanlah dirimu serta akuilah otoritasNya atas hidup kamu.

Nggak ada yang mengerti situasi kamu dan apa yang terbaik bagimu dan anak-anakmu selain Tuhan, Dia tau persis.

Carilah kebijaksanaan dan arahanNya dalam Alkitab dan dalam doa. Karena itu akan menguatkan kamu dalam menjalani masalah yang kamu alami dan juga mengurus anak-anakmu.

Bertarung atau berjuang dengan iman berarti kamu harus mengganggap serius peran kamu sebagai pemimpin rohani anak-anak kamu. Tanggung jawab kamu sebagai ayah, terlepas dari pengaturan waktu pengasuhan kamu, kamu itu harus mengajar, mendorong, mendisiplinkan dan menunjukkan kepada anak-anak kamu gimana berjalan dengan cara Tuhan.

2. Berjuanglah dengan kehadiranmu diantara mereka

Jangan percaya kebohongan bahwa pergi menjauh untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik adalah hal yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk anak-anak kamu.

Sekalipun mereka nggak mengatakannya, kebanyakan anak-anak mengartikan bahwa orangtua yang pergi jauh untuk bekerja adalah sebuah pengabaian, mereka merasa diabaikan dan tentulah hati mereka hancur.

Jarak yang jauh bukanlah sesuatu yang dibutuhkan anak-anak kamu. Mereka membutuhkanmu hadir secara fisik, secara konsisten dan dapat mengandalkan kamu untuk berada disamping mereka.

BACA JUGA :

Jangan Salahkan Anak, Belajarlah Jadi Orangtua Yang Benar Dengan 3 Perilaku Sederhana Ini!

3. Berjuanglah menjadi contoh yang baik bagi mereka.

Tahu nggak sih bahwa teladan kamu atau perilaku kamu sesuatu yang mereka lihat, dibanding dari kata-kata yang kamu lontarkan.

Jadi, sekalipun anak-anak tidak bicara dan melihatmu setiap hari atau selama seminggu, mereka masih melihat kamu, melalui gaya hidup dan karakter yang kamu tunjukkan kepada mereka.

So, jadilah seorang ayah yang bisa mereka banggakan. Berjalanlah dengan integritas. Jangan terlalu banyak bicara yang tidak penting, melainkan perlihatkanlah kepada mreka bahwa kamu seorang pria yang menghormati Allah dan juga ibu mereka yang mungkin sudah berselingkuh, yang meninggalkan kalian.

Tunjukkan kepada mereka seperti apa rasanya menyerahkan hidup kamu untuk melakukan apa yang benar, sehingga ketika mereka mencontoh kamu, mereka akan mengikuti jalan yang menuju pada berkat dan kehidupan.

Ayah, tetap kuat ya. Kamu tidak sendiri, percayalah! Teruslah berjuang dan berserah kepada Yesus. Jikalau kamu butuh sharing, mari hubungi kami di SAHABAT24 : SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected]

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7273

Banner Mitra September week 3