Biar Jadi Berkat, Sukarelalah Lakukan 5 Hal Ini Buat Orang Lain
Sumber: Dokter Gen Z

Single / 2 August 2019

Kalangan Sendiri

Biar Jadi Berkat, Sukarelalah Lakukan 5 Hal Ini Buat Orang Lain

Lori Official Writer
4314

Jadi berkat bukan hanya slogan tanpa tindakan. Orang Kristen kerap kali mengucapkan kata ini berulang-ulang. Tapi tanpa tindakan kita gak akan benar-benar menghidupinya.

Jadi berkat ibarat satu mandat yang harus kita lakukan. Tentunya bukan untuk cari muka. Tapi untuk menunjukkan cerminan Tuhan melalui kita.

Sebagai anak-anak Tuhan yang udah lebih dulu diberkati, kita pun harus kembali memberkati orang lain. Caranya? Yuk lakukan 5 tindakan sederhana ini.

1. Berdoa Buat Orang Lain

Doa adalah salah satu cara kita memberkati hidup orang lain. Mungkin doa gak menjawab kebutuhan material yang dibutuhkan seseorang dalam wujud nyata. Tapi doa bisa melakukan sesuatu yang lebih dari yang dibutuhkan seseorang dalam hidupnya.

Kamu bisa menawarkan doa ke seseorang yang kelihatan putus asa, tertekan, patah hati, terluka dan bahkan yang kehilangan harapan.

2. Jadilah Pendengar

Kadang yang dibutuhkan seseorang itu hanyalah mau didengarkan.

Dia hanya butuh seseorang yang setia mendengarkannya. Seseorang yang mau mendengar tanpa menghakimi.

Kamu mungkin akan terkejut kalau ada banyak orang yang diselamatkan dari masalah mereka karena ada seseorang yang setia mendengar mereka.

3. Kasih Semangat

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk memberkati orang lain. Di pagi hari, waktu ketemu seseorang, sapa dia dan sampaikan kata-kata motivasi atau pujian.

Dengan kata-kata itu, dia bisa mengalami hari yang indah. Atau bahkan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama kepada orang lain. Bukanlah contoh yang baik darimu adalah wujud dari memberkati?

Baca Juga:

5 Tips Pacaran Kudus dari Steven Furtick yang Wajib Diketahui Semua Kristen Lajang!

5 Cara Simpel Biar Cowokmu Serius Jalani Hubungan

4. Murah Hati

Apa kamu tahu ada dari teman atau keluarga terdekat yang sedang bermasalah secara finansial? Sebagai saudara, berilah bantuan.

Saat kita mengalami berkat Tuhan, kita pun perlu membagikan berkat itu ke orang lain. Dalam hal ini, milikilah hati yang penuh simpati dan bermurah hati ke orang lain.

Dengan itulah, mereka merasa diberkati lewat hidupmu. Selain membantu orang terdekat, kamu juga bisa memberi lewat berbagai cara misalnya donasi, jadi sponsor untuk sebuah lembaga misi dan sebagainya. Jangan biarkan kesempatanmu memberkati orang lain hilang hanya karena rasa kuatirmu akan kebutuhanmu sendiri.

5. Ikut Jadi Sukarelawan

Jadi sukarelawan adalah salah satu cara kamu bisa memberkati orang lain.

Di Indonesia, ada banyak lembaga sosial yang butuh sukarelawan untuk dikirim ke pedalaman, mengajar anak-anak atau bahkan membantu masyarakat pedalaman untuk hidup lebih layak. Kamu bisa mengambil kesempatan ini selagi tersedia.

Jangan tunggu sampai kamu siap untuk memberkati orang lain. Karena gak ada waktu yang tepat untuk melakukannya selain hari ini. Jadi lakukanlah dengan cara-cara yang sederhana.

“...dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.” Filipi 2: 4

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami