Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
481


Anak-anak cenderung memperhatikan semua yang orangtua mereka lakukan, jadi pastikan mereka meniru hal yang baik dari kamu.

Bersikaplah bijak dalam tindakan dan kata-katamu karena anak-anak kamu ingin menjadi sepertimu.

Pilihlah untuk melakukan perilaku yang kamu sangat inginkan terjadi dalam hidup anak-anak kamu, kemudian pertimbangkanlah bagaimana secara sengaja kamu mempraktikkan perilaku tersebut dan melakukannya dengan begitu antusias.

1. Tunjukkanlah kebaikan

Misalnya memulainya dengan berbicara dengan lembut, membuka pintu untuk orang lain, membiarkan seseorang berjalan duluan, dan melakukan tindakan baik untuk tetanggamu juga seperti berbagi hasil kebun kamu, dan lain sebagainya.

Selain itu, kebaikan juga mencakup perilaku lainnya seperti bersikap sopan satu sama lain. Berikanlah kesempatan untuk mempraktikkan perilaku tersebut dengan baik. Ketika makan bersama, atau sedang menyuruh anak-anak atau siapapun, upayakan untuk mengatakan tolong, terimakasih dan pujilah mereka yang memasak atau membantumu.

Percayalah, mereka akan melihat ini dari kamu dan menirunya.

2. Hormatilah orang lain

Misalnya, sekalipun itu dirumah dan sekalipun itu milik isteri atau anak-anakmu, hormatilah kepemilikannya itu, meski pun sebenarnya itu dibeli dengan uangmu sendiri tapi ketika kamu memberinya kepadanya, itu adalah miliknya.

Ketika kamu ingin membaca bukunya, ijinlah kepadanya dahulu.

Bahkan ketika kamu melipat cucian dengan hati-hati, itu adalah respek atau kepedulian terhadap penampilan mereka.

Selain itu, jika sedang ngobrol di meja makan, dan sedang sharing satu sama lain, usahakanlah untuk mendengar mereka sampai habis bicara. Hargailah anak-anak kamu dengan cara demikian, begitupun pasangan kamu.

BACA JUGA :

Tidak Sekedar Hidup Saja, Melainkan Inilah Tujuan Tuhan Untukmu, dan Seisi Rumahmu!

3. Bijaklah dalam mengendalikan diri dan emosi kamu.

Jika kita ingin anak-anak kita tenang dan bisa mengendalikan diri, maka kita juga harus dahulu mengendalikan amarah kita tanpa ledakan atau perilaku yang negatif.

Ini juga termasuk ketika kalian sedang ke gereja naik mobil dan tiba-tiba sepeda motor memotong jalan kalian dengan tidak sopan.

Pastikan untuk berpikir dengan baik sebelum bicara atau bereaksi.

Ketika orangtua mampu bertanggung jawab dan bijak dalam mengendalikan emsosional mereka, maka itu akan menciptakan zona nyaman di rumah, dan anak-anak pun bertumbuh dengan baik dan merasa bebas untuk bicara atau berbagi perasaan kepada kamu.

Jika kamu memang marah, beritahu kepada mereka kalau kamu marah dengan cara yang tegas lalu tunjukkan gimana kamu menenangkan dirimu.

Tetaplah tenang dalam menanggapi kelakuan buruk anak-anakmu ya, perlahan tunjukkanlah kepada mereka bagaimana itu tegas dan bagaimana itu sabar.

Kasih tahu mereka bahwa sifat negatif ada konsekuensinya dan yang positif ada hadiahnya. Mereka akan melihat itu dan akan menirumu.

“Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya,” begitulah peribahasa yang mungkin sering sekali kamu dengar. Itu berarti, anak pasti akan meniru sikap orangtuanya karena sekolah pertama mereka adalah rumah, dan guru pertama serta yang paling dekat dengan mereka adalah orangtua. Jadi, pastikan kamu bertumbuh dalam Tuhan dan terus belajar menjadi orangtua yang baik ya. Tunjukkan sesuatu yang benar untuk ditiru anakmu, sehingga karakternya memuliakan nama Tuhan sepertimu.

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:36:51

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7270

Banner Mitra Oktober Week 2