Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
551


Kata narsis biasanya identik dengan pamer diri sendiri di media sosial seperti selfie. Malah banyak yang menggunakan kata 'narsis' sebagai pengganti foto. Alih-alih mengajak "foto dulu yuk!" sekarang banyak yang bilang "narsis dulu yuk!" benar nggak sih? Tapi kali ini, saya nggak sedang bahas soal ini. Ternyata ada arti narsis yang lebih dalam yang harus kamu tahu.

Menurut Manual Diagnosistik dan Statistika, American Psychiatric Association of Mental Disorders, edisi keempat, narsis adalah pola perilaku yang muluk, kurangnya empati dan kebutuhan akan kekaguman dan perhatian.

Lantas gimana kalau sikap ini terjadi dalam hubungan kamu? Atau gimana kalau kamu menikahi pria/wanita yang narsis?

Nah, teruntuk kamu yang sedang PDKT atau pacaran - rencana menikah, kenali pasangan kamu sebelum membangun hubungan lebih dalam yuk!

1. Orang narsis itu sangat egois

Salah satu sikap yang dimiliki oleh orang narsis adalah egois. Mereka lebih fokus kepada kebutuhan mereka sendiri sehingga sulit untuk memikirkan orang lain kecuali kalau di suruh.

Mereka akan terus mengambil tanpa memberikan hal yang sama kepada orang lain. Dan mereka sering sekali menunjukkan amarah seperti anak kecil. Jadi, kalau kamu punya pasangan yang lebih mementingkan dirinya, atau menuntut kamu terus menerus sementara dia tidak pernah melakukan hal yang serupa, sebaiknya evaluasi lagi deh hubungan kalian. Dia jelas sangat narsis.

BACA JUGA :

Selain Urusan Kepo, Inilah Hal Yang Kamu Hindari Biar Hidupmu Lebih Bahagia!

2. Orang yang narsis itu, tidak berempati

Kebanyakan orang yang narsis tidak memiliki belas kasihan. Empati bukanlah sifat alami yang mereka tunjukkan ketika ada orang yang  membutuhkan belas kasihan.

Bahkan sering sekali mereka marah, dan mengabaikan orang lain yang mungkin curhat kepadanya. Mungkin dia akan mendengarkan tapi ketika kamu bicara kepadanya dan sedikit menyinggung tentang dirinya, maka dia fokusnya tidak lagi ke kamu.

Misalnya, pacar yang kalau curhat suka megang hp dan nggak fokus, dan giliran mereka ingin curhat atau sharing, dia memaksa kamu untuk fokus mendengarnya.

3. Suka memanipulasi

Ini sih sangat mengerikan dan ini kerap sekali dilakukan oleh banyak orang, bahkan dalam hubungan percintaan sekalipun.

Mereka suka memanipulasi orang demi mendapatkan yang mereka inginkan, melalui amarah atau mungkin daya tarik mereka.

Mereka bisa menggunakan uang, hadiah, atau apapun yang mereka miliki untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan atau mungkin untuk meyakinkan kamu.

Jadi, kamu harus hati-hati dan perhatikan dengan seksama. Apakah si dia memberimu perhatian dan hadiah terus menerus untuk mendapatkan yang dia inginkan? Seperti memaksamu melakukan seks dan lain sebagainya?

Mungkin kita sudah sering sekali mendengarnya, bahwa pria/wanita yang tepat akan membawa kamu semakin bertumbuh di dalam Tuhan. Setidaknya, itu berarti dia tidak akan pacaran hanya untuk merusak kamu.

Dan pria yang benar-benar takut akan Tuhan, akan tahu bagaimana memperlakukan pasangannya dengan baik, begitupun sebaliknya. Jadi, jika pacar atau gebetan kamu memiliki 3 sikap di atas, sebaiknya evaluasilah bersama dan belajar bertumbuh bersama. Jika itu sulit, maka pilihlah untuk mengakhiri hubungan dan menjadi teman. Doakanlah dia.

 

Sumber : crosswalk | Jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yance Salinggi 27 February 2020 - 12:26:16

Hubungan

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:55:53

Ask about GOD.. Where is True GOD?

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:49:59

Filistin

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7265

Banner Mitra Februari 2020 (3)