Lihat Peluang Baru Yang Menggiurkan dan Pengen Ganti Karir? Coba Lakukan 5 Hal Ini
Sumber: Unsplash.com

Career / 20 July 2019

Kalangan Sendiri

Lihat Peluang Baru Yang Menggiurkan dan Pengen Ganti Karir? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Puji Astuti Official Writer
4598

Kamu sudah kerja di bidang kamu selama beberapa tahun, mungkin bahkan sudah melewati satu dekade. Tapi saat ini kamu melihat sebuah peluang baru dan ingin mencoba bidang baru yang berbeda jauh dengan apa yang sudah kamu kerjakan sekarang. Mungkin ngga sih ganti haluan karir di saat seperti ini?

Dalam hidup ini tidak ada yang ngga mungkin, apa lagi cuma ganti karir yang baru. Namun memang hal itu membutuhkan waktu dan kerja keras kamu. Sama seperti waktu kamu membangun karir di bidang pekerjaanmu sekarang, kamu harus menguasai banyak hal.

Tapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa kok berganti haluan karir dengan mulus. Gimana caranya?

1# Identifikasi keahlian yang dibutuhkan dalam karir yang baru tersebut

Kamu bisa mulai dengan membuat riset, dan membuat daftar tentang keahlian yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan yang baru tersebut. Sertifikasi apa yang dibutuhkan, keahlian apa yang menunjang, dan juga pelajari orang-orang yang sudah sukses di bidang itu.

2# Fokus untuk menguasai keahlian tersebut

Nah, kalau kamu sudah memiliki datanya nih, contohnya kamu mau terjun ke dunia pengembangan aplikasi, kamu tahu bahwa ada beberapa keahlian seperti programming aplikasi atau user interface (UI) dan user experience (UX), kamu cari kursus tentang keahlian ini.

Beli buku-buku yang berhubungan dengan keahlian itu, tonton tutorial di YouTube dan banyak hal lain dimana kamu bisa menggali ilmu.

Selain itu kamu juga perlu cek, keahlian apa yang sudah kamu miliki yang dapat mendukung karirmu dibidang yang baru. Sebagai contoh kalau kamu sebelumnya bekerja di bidang komunikasi, kamu ingin masuk dalam industry film, tentu ada banyak hal keahlian komunikasi kamu yang akan sangat menunjang kamu untuk berkembang dalam industri perfilman.

3# Bangunlah personal branding

Setelah kamu memiliki daftar keahlianmu yang dapat mendukung karir barumu dan juga mulai belajar tentang keahlian yang baru, maka kamu harus mulai membangun personal branding. Gunakan sosial mediamu untuk menjadi alat promosi tentang apa yang kamu tahu dan portfolio yang sudah kamu kerjakan.

4# Hubungi orang-orang yang kamu kenal bekerja dibidang itu

Jaringan sangat penting dalam membangun karir, untuk itu jangan abaikan hubungan baik dengan rekan-rekan kerja, klien, atau bahkan teman-teman masa sekolah dulu.

Diperkirakan 85% kesempatan dan peluang bisnis dan pekerjaan muncul dari jaringan yang kita miliki.

Coba buatlah daftar orang-orang yang kamu kenal bekerja di bidang yang kamu incar itu. Hubungi mereka, tanyakan kabarnya, dan mungkin ajak mereka makan siang atau sekedar ngopi di kafe.

Sebelumnya persiapkan daftar pertanyaan hal-hal yang ingin kamu tau tentang bidang yang mereka tekuni. Ingat ya, jangan cuma datang untuk nanya apakah ada lowongan atau peluang bisnis ya.

5# Buatlah efek wow dengan menunjukkan keberhasilan yang pernah kamu raih

Walau keberhasilanmu ngga dibidang yang sama, namun banyak orang percaya jika seseorang bisa sukses mengerjakan satu hal, maka ia akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk sukses di bidang yang baru.

Jadi, pastikan portfoliomu menyertakan keberhasilan-keberhasilan yang pernah kamu kerjakan ya.

Berganti karir bisa membuatmu bahagia dan merasakan kepuasan tersendiri. Namun kembali lagi, hal tersebut butuh kerja keras dan kepercayaan diri. Jangan batasi dirimu dengan pencapaianmu saat ini, karena ada kesempatan yang menunggumu di depan dimana kamu bisa naik level.

Jika kamu memenuhi kriteria yang diharapkan dan menunjukkan inisiatif dan juga semangat untuk belajar lebih banyak lagi sehingga bisa menjadi kontribusi yang positif untuk perusahaan mereka, maka akan banyak perusahaan yang melirikmu.

Selamat mencoba!

Baca juga : 

7 Panduan Dari Kitab Amsal Untuk Membangun Karir Yang Berhasil

Demi Karir, Jangan Takut Melakukan Transisi. Hadapi Dengan Tips Ini!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami