Wajib Tahu, Inilah 10 Alasan Mengapa Pernikahan Bisa Gagal Termasuk Pernikahan Kristen (1)

Marriage / 16 July 2019

Kalangan Sendiri

Wajib Tahu, Inilah 10 Alasan Mengapa Pernikahan Bisa Gagal Termasuk Pernikahan Kristen (1)

Naomii Simbolon Official Writer
3244

Siapa sih yang menginginkan sebuah pernikahan yang gagal? Tapi, mungkin nggak sih pernikahanmu gagal?

Ya, mungkin saja, karena ada begitu banyak alasan kenapa pernikahan Kristen kerap sekali menjadi gagal.

Setiap alasan yang disebutkan adalah alasan klise karena pernikahan sebenarnya butuh dirawat dan diperhatikan. Entah itu alasan pribadi, kerohanian dan lain sebagainya, yang jika terus menerus dibiarkan akan mempengaruhi kedua pasangan apalagi jika salah satu diantaranya nggak merasa bersalah.

Kalau kamu bertanya-tanya, kenapa pernikahan kamu gagal maka mungkin beberapa daftar di bawah ini akan menjadi jawabannya :

1. Roh yang tidak mau mengampuni

Dalam pernikahan, tidak ada yang sempurna. Kamu tidak sedang menikahi raja atau ratu yang sempurna, dan tanpa cela melainkan kamu menikahi manusia yang juga berdosa dan rentan dengan kesalahan. Jadi, belajarlah untuk menyampaikan pengampunan jika kamu ingin mengalami pernikahan yang baik sampai maut memisahkan.

Jangan terobsesi tentang siapa yang salah, melainkan perlakukanlah pasangan kamu seperti gimana Allah memperlakukan kamu.

"Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian." (Kolose 3:13)

2. Masalah keuangan

Yap, ada banyak pernikahan yang gagal karena ini. Sebenarnya ini bukan hal baru lagi, melainkan hal yang sudah diketahui banyak orang sejak lama tapi tidak diperbaiki dengan konsisten.

Jika kamu ingin menikah lebih lama dengan keromantisan saat ini, sebaiknya jangan menghabiskan hidup kalian untuk mencari uang lebih banyak dan belanja lebih banyak.

Jika ini terus menerus kalian lakukan, maka hidupmu hanya akan diperbudak ketikdapuasan, materialisme, dan stres yang tak berkesudahan.

"Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka." ( 1 Timotius 6:10)

3. Perselingkuhan

Di jaman yang modern sekarang ini, kata 'perselingkuhan' tampaknya menjadi begitu akrab bagi banyak orang.

Jika kita tidak kuat dalam menahan nafsu dan dekat kepada Allah, maka pikiran, hati, dan tubuh kita bisa mengarah kepada perselingkuhan. Dan inilah yang akan menjadi awal rusaknya hubungan pernikahanmu.

Ingatlah, bahwa Tuhan sama sekali tidak pernah menuntun kamu untuk jatuh cinta kepada orang lain selain pasangan kamu, sekalipun pasangan kamu sangat membosankan bagimu, saat ini. Camkan itu!

Alkitab dengan jelas berkata, "Jangan berzinah." (Keluaran 20:14)

4. Ketidakamanan dan kekuatiran

Dimulai dari membandingkan pasanganmu dengan orang lain, atau membandingkan kebahagiaan pernikahanmu dengan orang lain, dan berujung kepada rasa cemburu dan tidak aman hingga rasa kuatir.

Ketahuilah bahwa Tuhan memberkati semua pernikahan, dan semuanya berbeda dengan caraNya. Jangan membandingkan pernikahanmu ya, dan jikalaupun kamu kuatir, percaya dan berdoalah kepada Tuhan, karena Dia akan menyertai kehidupan pernikahanmu dengan caraNya yang indah.

"Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Matius 6:33)

BACA JUGA : 

Inilah 2 Ketakutan Terbesar, Kenapa Orang Kristen Tak Kunjung Menikah Meski Sudah Berumur!

5. Dosa yang disembunyikan

Dalam pernikahan, diperlukan keterbukaan, karena kamu tidak lagi dua melainkan satu.

Jika kamu menyembunyikan kebiasaan kamu yang adalah dosa, maka itu lama kelamaan akan menumpuk dan menjadi sebuah bom yang meletus merusak dasar atau atap pernikahan kamu.

Sebaiknya, bangunlah pernikahanmu dengan dasar yang kuat, yang nyata dan benar-benar kudus.

"Engkau menaruh kesalahan kami di hadapan-Mu, dan dosa kami yang tersembunyi dalam cahaya wajah-Mu." (Mazmur 90:8)

5 hal di atas bisa menerpa siapa saja, itu sebabnya, berjaga-jagalah senantiasa dan sangat perlu membangun mezbah doa dalam pernikahanmu. Nantikan 5 hal lainnya di artikel selanjutnya ya!

Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami