Inilah 2 Ketakutan Terbesar, Kenapa Orang Kristen Tak Kunjung Menikah Meski Sudah Berumur!

Marriage / 11 July 2019

Kalangan Sendiri

Inilah 2 Ketakutan Terbesar, Kenapa Orang Kristen Tak Kunjung Menikah Meski Sudah Berumur!

Naomii Simbolon Official Writer
2322

Saya pernah memacari seorang pria yang sangat takut ketika membicarakan sebuah pernikahan. Ada kecemasan dan rasa tidak aman ketika membahas pernikahan. Mungkin karena dia melihat pernikahan yang buruk dari keluarganya.

Dan dijaman sekarang ini, ada banyak orang yang mungkin takut ketika masuk ke dalam lorong pernikahan. Dan ini adalah topik yang sangat penting.

Dikutip dari Crosswalk, menurut laporan Census Bureau  pada tahun 2010 bahwa 30% dari populasi orang dewasa di Amerika dianggap nggak pernah menikah. Lantas kenapa bisa begitu ya?

Kecenderungan yang biasa dipertimbangkan adalah mungkin karena pria sekarang menunggu usia mereka 28 tahun dulu baru menikah, sementara wanita menunggu usia 26 tahun dulu.

Tetapi selain itu, ada beberapa ketakutan terbesar yang membuat seseorang tidak ingin menikah.

Mungkin beberapa ini juga kamu alami. Cobalah membacanya dan mengatasinya :

1. Takut jika akhirnya menyesal karena menikahi orang yang salah.

"Mendingan nikahnya lama, daripada kamu menikahi orang yang salah dan menyesal?"

Mungkin kamu sudah sering sekali mendengar kata-kata itu, atau mungkin itu kata-kata yang sering sekali terbesit dipikiran kamu, dan menjadi sebuah ketakutan terbesar yang menghantui kamu.

Nggak cuma kamu, ada banyak orang yang ternyata memiliki ketakutan seperti ini sehingga tidak menikah.

Yahh, anggap saja kamu selalu melihat pernikahan yang baik dan bagus-bagus saja di media sosial, tapi justru itulah yang kerap membuat perbandingan dengan dirimu sendiri.

"Gimana jika aku menyesal menikah? Gimana jika pasanganku diluaran sana nggak seperti suami atau istrinya?”

Tren sosial saat ini mencerminkan kekuatan rasa takut, dan cara untuk mengetasinya adalah memeriksa jiwa dunia nyatanya kamu.

Sementara itu hanyalah ketakutan kamu, dan fantasi kamu, maka komitmen dalam dalam pernikahanmu saat ini, karena itulah pilihan yang sehat dan bermanfaat.

Lagian, nggak ada kok pernikahan yang sepenuhnya bahagia tanpa stres dan nggak ada pasangan yang sempurna. Pasangan memiliki kekurangan seperti dirimu sendiri, tapi cintailah dia bukan membenci dan komitmenlah untuk terus mencintai dia, karena dia adalah orang yang Allah sudah berikan kepada kita. Ingat, tidak ada yang kebetulan.

"Siapa mendapat isteri, mendapat sesuatu yang baik, dan ia dikenan TUHAN." (Amsal 18:22)

BACA JUGA :

Biar Pernikahanmu Tak Membosankan, Coba Tiru 4 Trik Ini!

2. Takut kehilangan identitas pribadi setelah menikah.

Ini adalah ketakutan terbesar dan banyak sekali yang mengalaminya.

Kemarin, saya bertemu teman pelayanan saya dari Batam, kami ngobrol begitu banyak. Dia perempuan, usianya sudah 38 tahun, namuan belum menikah.

Dia menghabiskan masa singlenya untuk bekerja disebuah perusahaan asing dan juga melayani seperti pembicara, misionaris dan suka memberi.

Ketika saya bertanya kenapa dia tak kunjung menikah, jawabannya membuatku mengerti tentang ketakutan ini.

"Nggak mikir nikah lagi, kakak lebih nyaman seperti ini. Kalau nikah, bakalan susah melayani. Ngurus suami, anak-anak dan mungkin akan dirumah aja terus menerus," katanya.

"Iya kalau suami kakak support pelayanan kaka, kalau nggak? Waduh, i cant imagine."

Tidak hanya perempuan, baik pria juga mengalami ketakutan yang sama.

Apakah pasanganku akan mengendalikan keuanganku? Apakah dia akan berhenti dari pekerjaannya dan tidak membantuku? Apakah aku masih bisa bermain dengan teman-temanku, dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Tapi bagaimana pun, hal ini masih bisa diatasi dengan mengetahui dan mengenal identitas kita di dalam Kristus.

Memiliki identitas dalam Kristus, tidak membuat seseorang benar-benar menjadi Kristus. Jadi, menikah tidak berarti menelanjangi seseorang dari bakat, hobi, pekerjaan dan panggilannya secara pribadi. Justru pernikahan adalah tentang menikmati sebuah hubungan seperti halnya iman.

Dan pernikahan yang intim, mengharuskan kita untuk menempatkan orang lain di atas diri kita dengan cara yang belum pernah kita alami sebelumnya, dan ini bukan sedang mencuri identias.

Sebaliknya, ini adalah tarian yang indah untuk memberi dan menerima cinta.

Nah, itulah 2 ketakutan yang kerap dialami oleh banyak orang, perihal pernikahan.


Jikalau kamu mengalami ketakutan seperti ini dan semakin parah, lalu mau membagikannya dengan kami dan berdoa bersama, maka ayo, hubungi kami di SAHABAT 24 : SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected]. Kami sangat rindu ingin mendoakan dan melayanimu.

 

Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami