Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
250


Apakah kamu anak pertama di keluargamu? Nah, kalau kamu anak sulung nih, pasti ngerasain suka-dukanya jadi anak pertama, mulai dari merasakan dimanja dan mendapat curahan kasih sayang, hingga banyaknya tuntutan saat sang adik lahir.

Kalau menengok pada kisah di Alkitab, ada beberapa kisah tentang anak pertama yang menonjol, yaitu kisah Kain dan Habel, Esau dan Yakub, serta perumpamaan anak yang hilang (Lukas 15:11-32). Nah, kalau kamu juga anak pertama nih, cek yuk apa kamu juga mengalami beberapa hal berikut ini:

1# Waktu kecil dimanja

Masih ingat ngga waktu kecil kamu dimanja sama ortumu, bukan hanya itu, kamu jadi pusat perhatian keluargamu, karena kamu adalah anak pertama yang dinanti-nantikan. Tidak hanya itu, orangtuamu pun ingin selalu memberikan yang terbaik untuk kamu, jadi ngga heran deh masa-masa kecil itu menjadi masa yang sangat menyenangkan buatmu.

2# Dituntut untuk bertanggung jawab, apa lagi sewaktu adik sudah mulai lahir

Ya, ini adalah masa-masa yang kurang menyenangkan buatmu, apa lagi saat kamu sudah mulai punya adik. Orangtuamu mulai mengajarkan bahwa kamu harus lebih bertanggung jawab dan bahkan menjadi contoh yang baik untuk adikmu.

3# Harus belajar berbagi dengan adik

Walau kamu senang nih punya adik yang bisa diajak main bareng, tapi kamu juga harus mulai belajar berbagi segala sesuatu dengan adikmu. Mulai dari mainan, makanan hingga perhatian dari orangtuamu. Hal ini juga yang membuatmu belajar menjadi lebih dewasa dan tidak egois loh.

4# Selalu disuruh mengalah sama adik

Ya, karena dianggap lebih besar, kalau lagi berantem sama adik-adikmu, orangtuamu selalu menuntutmu untuk mengalah sama mereka. Pasti ngerasain dong keselnya, apa lagi kalau kamu merasa ngga salah.

5# Kamu punya kekuasaan untuk perintah-perintah adik

Walau banyak tuntutannya nih, sebagai anak pertama dan seorang kakak tuh enaknya punya kuasa tuh buat perintah-perintah adik. Walau demikian, jangan kebangetan juga ya, kasihan adikmu kan.

6# Kamu dituntut jadi teladan yang baik buat adik-adikmu

Yang satu ini cukup berat nih, karena sebagai anak pertama orangtuamu ingin kamu jadi panutan buat adik-adik kamu. Jadi, mau ngga mau nih, kamu bekerja keras agar hidupmu patut untuk dicontoh.

7# Kamu jadi pengganti orangtuamu

Yang satu ini sebuah kehormatan dan juga sebuah beban yang berat, sebagai anak pertama kamu biasanya dipersiapkan untuk menjadi pengganti orangtuamu untuk adik-adikmu jika orangtuamu pergi jauh atau bahkan ketika orangtuamu dipanggil Tuhan.

Jadi anak pertama memang banyak tuntutannya dan juga suka-dukanya, tapi jangan anggap remeh ya, karena anak sulung tuh memiliki tempat yang khusus di mata Tuhan.

Di Perjanjian Lama seorang anak sulung memiliki hak istimewa, yaitu ia akan menjadi kepala keluarga menggantikan ayahnya, mendapatkan bagian warisan dua kali lipat (Ulangan 21:15-17) dan memperoleh berkat dan kekuasaan untuk menjadi bangsa yang besar (Kejadian 28:3-4).

Baca juga : 

Perlakukan Anak Sulung Lebih Keras, Salahkah?

IQ Anak Sulung Lebih Tinggi

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7272

Banner Mitra September week 3