Ungkap Sejarah! Para Ilmuwan Temukan Gereja Tertua di Dunia Ini Tertimbun di Bawah Tanah
Sumber: Foxnews.com

Internasional / 14 July 2019

Kalangan Sendiri

Ungkap Sejarah! Para Ilmuwan Temukan Gereja Tertua di Dunia Ini Tertimbun di Bawah Tanah

Lori Official Writer
3467

Para ilmuwan umumkan penemuan baru yang diyakini sebagai gereja Kristen tertua di dunia. Gereja bersejarah ini ditemukan di bawah timbunan tanah di kota Derbent Rusia Kuno, di pantai Laut Kaspia.

Setelah lama meneliti bentuk bagunannya, mereka akhirnya berhasil mengungkap rahasia bersejarah dibalik bagunan yang menyerupai kuil tersebut. Hal ini dilakukan dengan menggunakan radiografi muon dengan memindai bangunan bawah tanah tersebut.

Gereja ini memiliki tinggi 39 kaki. Bangunannya yang terbuat dari batu kapur lokal itu benar-benar tertanam sepenuhnya.

Baca Juga:

Penemuan ‘Istana Salomo’ di Israel Buktikan Alkitab Itu Benar

5 Penemuan Arkeologi di 2017 Ini Bikin Geger Karena Berhubungan Dengan Fakta Alkitab

Lantaran penggalian dianggap akan merusak bentuk aslinya, para arkeolog pun masih menunggu untuk melakukan tindakan selanjutnya untuk menyelamatkan bangunan itu.

Sementara dari hasil penelitian, ditemukan jika gereja itu berbentuk salib.

“Kelihatan aneh bagi saya untuk menafsirkan bangunan ini sebagai tangka air. Di benteng Naryn-Kala yang sama, ada struktur bawah tanah yang sama dengan kedalaman 10 meter dan itu benar-benar sebuah tangka. Tapi ini bangunan persegi panjang. Bangunan yang tampaknya tidak biasa seperti yang ditangkap oleh detektor kami, berbentuk salib…satu sisi lebih panjang 2 meter dari yang lain,” kata Natalia Polukhina, kepala kelompok ilmiah dan penulis studi.

Untuk memastikan bentuk keseluruhan bangunan, para ilmuwan berharap bisa memasang lebih banyak detektor muon. Selain itu dibutuhkan tomogram tiga dimensi yang berfungsi untuk menentukan fungsi sebenarnya dari bangunan tua tersebut.

Ini adalah satu dari sekian banyak penemuan bersejarah kekristenan yang sudah dipublikasikan oleh para arkeolog. Semoga hal ini mengungkapkan sejarah penting kekristenan lain yang semakin memperluas wawasan kita akan sejarah.

Sumber : Foxnews.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami