Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
258


Kita pasti sepakat kalau pendidikan pertama yang didapat anak dimulai dari keluarga. Untuk itu, sebagai Ibu yang punya banyak waktu untuk anak, kita perlu juga punya 5 kemampuan mengajar dasar ini.

1.  Belajar soal kesabaran

Salah satu kunci sukses menjadi seorang guru adalah menerima kalau setiap anak itu berbeda, sehingga kecepatan belajar mereka juga berbeda-beda. Kita harus sabar dan mengerti bahwa anak-anak akan tumbuh menjadi semakin dewasa dengan tingkat yang berbeda-beda.

Konsep yang bisa kita lakukan adalah dengan cara melepas anak secara bertahap. Pertama-tama, kita harus menunjukkan kepada anak tentang apa yang harus dilakukan anak dalam menjalani tugas tertentu, kemudian melakukannya bersama, dan terakhir, biarkan mereka melakukannya sendiri.

2.  Organisasi dasar

Kalau memang kita adalah orang tua yang terorganisir sejak awal, maka kita nggak akan perlu melakukan banyak usaha. Tetapi, kalau tidak, maka kita harus melakukan beberapa upaya soal ini. Kehidupan seorang Ibu bisa dibilang cukup sibuk. Bahkan, seorang ibu rumah tangga pun harus bekerja penuh waktu untuk mengurusi anak dan seisi rumah lainnya.

Memiliki kemampuan untuk mengorganisir segala sesuatu akan menguntungkan ibu di rumah. Coba buat daftar pekerjaan yang harus dilakukan dalam seminggu ini. Kemudian, putuskan pada tiga area yang dinilai penting untuk dilakukan.

3. Belajar untuk mengelola seisi ruang belajar

Di rumah, ruang belajarnya adalah bagaimana kita mengelola sikap anak-anak. Guru yang baik tentu tidak perlu berteriak agar muridnya melakukan sesuatu seenaknya sendiri, seperti membiarkan anak-anak berlarian di sekeliling rumah dan mengacak barang-barang di sekelilingnya.

Jadi, seperti seorang guru yang baik, ibu yang baik juga mau anak-anaknya menyadari kalau sang ibu percaya kepada anaknya. Maka dengan begini, anak-anak akan mulai memperhatikan sikapnya. Jadi, mulailah untuk memuji anak-anak, walaupun hal itu cukup sederhana.

Misalnya, saat anak-anak membantu membereskan mainannya sendiri, kita memuji dan berkata terima kasih karena sudah bantu Ibu membereskan mainannya. 

4.  Milikilah kreativitas

Anak itu memang unik. Nggak semua hal yang bisa dilakukan oleh ibu lain, berhasil pada anak kita. Hal ini tentu saja menuntut kreatibitas kita. Pikirkan apa yang bisa kita lakukan agar anak bisa melakukan banyak hal baik.

Misalnya, saat kita ingin anak-anak bisa membantu pekerjaan melipat pakaian, maka bagikan dengan mereka dan lakukan perlombaan lipat baju. Begitu pula saat anak tidak mau makan. Kita harus bisa berpikir soal apa yang bisa membuat anak bisa makan dengan lahap.

5.  Fokuslah pada anak

Salah satu aturan guru yang tidak boleh dilakukan adalah mereka tidak diperkenankan mengeluarkan ponsel di kelas. Masuk akal, bukan? Guru perlu fokus, sehingga ponsel bisa membuatnya terganggu. Maka, saat kita sedang bersama dengan anak, fokuskanlah perhatian kita kepada mereka.  

Setiap ibu itu adalah seorang guru bagi anak-anaknya, jadi, apa tips dari kalian untuk mendidik anak-anak?

 

Sumber : Imom

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer

Miracle 12 September 2019 - 12:21:26

Pohon hawar

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

Banner Mitra September week 2