Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Kabarkanlah Injil dan Jadikan Seluruh Dunia Sebagai Paroki, Tempat Berdiamnya Kaum Beriman Sumber : Harvest Community Church

29 June 2019

 569
[Daily Devotional]

Kabarkanlah Injil dan Jadikan Seluruh Dunia Sebagai Paroki, Tempat Berdiamnya Kaum Beriman

2 Korintus 5: 20

Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.


Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 30; Kolose 3; 2 Tawarikh 18-19

Di awal tahun 1700-an, sekelompok kecil pelarian agama mendiami di sebuah desa bernama Moravia, wilayah bagian Jerman.

Mereka menamai desa itu Herrnhut. Yang artinya ‘The Lord’s Watch’ (Tuhan Melihat, red). Lama kelamaan desa ini menjadi tempat pembuangan komunitas beragama, diantaranya berbicara dan menganut keyakinan yang berbeda. Ada Lutheran, Separatis, Reformed dan lainnya. Tapi, mereka tetap hidup berdampingan.

Sampai akhirnya, muncul ketidaksepakatan dan membuat hubungan mereka menjadi rusak.

Komunitas ini sedang berada diujung tanduk kehancuran bahkan selama mereka terus berdoa untuk diri mereka sendiri dan pelayanan firman. Mereka mulai belajar Alkitab, mengadakan acara doa sepanjang malam, dan saling mengakui dosa masing-masing.

Pada 13 Agustus 1727, mujizat yang luar biasa terjadi. Upacara baptisan dan persekutuan terjadi. Roh Kudus bahkan bergerak di tengah-tengah mereka. Roh kasih menghampiri mereka. Semakin larut, mereka saling memeluk dalam kasih dan pengampunan.

Setelah peristiwa itu, mereka pun membuat doa 24 jam. Sejak saat itu doa ini terus dilakukan selama 100 tahun. Visi mereka didasarkan dari ayat Yesaya 62: 1-7.

Tahukah kamu, doa yang dilakukan terus menerus sangat berdampak luas. Mereka bahkan mendapat kerinduan untuk pelayaan misi. Para missionaris diutus ke seluruh dunia. Banyak orang yang kemudian terinspirasi dari dedikasi dan komitmen orang-orang Moravia ini, termasuk John dan Charles Wesley, pendiri Gereja Methodist dan William Carey, misisonaris yang bermisi ke India.

Gereja mula-mula sadar betul bahwa doa yang berkelanjutan itu penting. Karena peperangan rohani terjadi terus menerus. Doa menjadi prioritas. Gak lama setelah hari Pentakosta, jumlah murid berlipat ganda seperti halnya kewajiban mereka. Jelas sekali kalau para murid butuh bantuan dengan tanggung jawab seperti merawat para janda. Alih-alih mengorbankan pelayanan doa, diaken diberikan tanggung jawab untuk merawat gereja dan umatnya. Pelayanan doa itu adalah hal yang sangat penting. Saat gereja bertumbuh, mereka mengerti bahwa doa semakin dibutuhkan.

Hal serupa berlaku bagi kita hari ini. Pelayanan doa dan pelayanan firman harus jadi prioritas utama. Bayangkan kalau kita semua menjadikan doa sebagai prioritas sepanjang hari. Bisakah kamu membayangkan kalai kita semua berkomitmen pada pelayanan firman? Akan seperti apa keluarga atau komunitas kalau kita semua memberikan diri terus menerus untuk doa dan pelayanan firman?

Yesus adalah pribadi yang sama kemarin, hari ini dan selamanya. Hal inilah yang mengingatkan aku dengan pelayanan semua orang percaya yang terdahulu. Aku terdorong dan termotivasi untk terus berdoa dan mencari peluang untuk membagikan kabar baik tentang Yesus kepada banyak orang.

John Wesley pernah berkata, “Aku memandang seluruh dunia sebagai parokiku; sejauh ini yang aku maksudkan adalah bahwa di bagian manapun aku, aku menilai hal itu benar. Kewajibanku adalah menyatakan kepada semua orang yang mau mendengar, kabar gembira tentang keselamatan.”

Mari terbeban untuk menjadikan seluruh dunia sebagai paroki kita. Dunia sedang sakit. Dunia ini butuh kabar baik tentang Yesus Kristus. Doa dan pelayanan firman yang berkelanjutan adalah jawabannya. Kita bisa belajar dari gereja mula-mula. Kita bisa tumbuh seperti Gereja Moravia. Kita di sini saat ini untuk melakukan hal yang sama, terus mencari Tuhan lewat doa. Supaya Dia bisa menggenapi tujuan-Nya melalui kita semua.


…bangsa-bangsa akan melihat kebenaranmu, dan semua raja akan melihat kemuliaanmu, dan orang akan menyebut engkau dengan nama baru yang akan ditentukan oleh TUHAN sendiri. - Yesaya 62: 2

Sumber : Cbn.com | Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Dina Yohana 23 July 2019 - 12:41:40

lowongan kerja

0 Answer

Riama Manik 22 July 2019 - 18:53:22

Negara apa yang terletak paling utara

0 Answer

Buster street Wear 22 July 2019 - 12:34:35

Biseksual

1 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Testify Juli Week 4


7273

Banner Fun Run Juli Week 4