Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
603


Biasanya, ketika anak-anak masih kecil, mereka akan berdoa apa adanya dan itu benar-benar meluluhkan hati.

Mereka akan berdoa untuk ayahnya, buat ibunya, kakek-neke bahkan kadang buat teman-temannya, dan itu pasti manis sekali.

Dan kadang-kadang, mereka juga berdoa dan meminta kepada Tuhan apa yang mereka inginkan, seperti mainan baru, boneka baru dan lain sebagainya.

Percaya nggak sih bahwa Tuhan sangat senang dengan doa mereka yang dikatakan dengan sepenuh hati? Dan bayangkan jiwa anak-anak kecil disetiap rumah tangga, memiliki hati yang manis begitu. Tentu saja menyenangkan ya?

Inilah yang seharusnya kamu pikirin juga, untuk anak-anak kamu. Ya, mengajarkan mereka berdoa bahkan dengan metode-metode yang mudah sehingga mereka bisa jauh lebih dekat kepada Sang pencipta.

Gimana caranya ? Nih, misalnya :

1. Bikin stoples doa

Metode ini nggak cuma kamu lakukan dirumah loh, tetapi bagi kamu yang guru sekolah minggu, hal ini bisa kamu adopsi.

Kan, anak-anak suka dengan kejutan, jadi kamu bisa membuat sesuatu yang lebih kreatif. Dengan memilih kertas warna-warni lalu potonglah menjadi potongan-potongan, setelah itu tulislah disetiap kertas, nama-nama orang yang kamu ingin mereka doakan.

Misalnya, teman sekolah mereka, pengasuh mereka, guru, anggota keluarga atau siapa saja.

Selain itu, jangan lupa untuk menulis nama mereka sendiri dikertas itu ya. Ajari jugalah mereka untuk berbesar hati mendoakan diri mereka sendiri.

Setelah hal itu rutin dan terbiasa mereka lakukan, maka cobalah perluas kembali nama yang mungkin kamu mau tulis.

Misalnya, presiden, wakil presiden atau juga menulis grup-grup seperti Departemen Kepolisian, dokter, perawat dan lain-lain.

Setelah membuat potongan kertas di dalam stoples negitu, maka ajaklah anak kamu untuk mendoakannya setiap hati.

Mintalah anak kamu mengambil 3 potong kertas dari stoples dan membacanya lalu mendoakannya setiap hari. Entah itu melakukannya pas mau tidur malam atau sore sehabis waktu mainnya.

Kalau kamu punya banyak anak, maka coba deh melakukan ini bagi setiap anak, satu lawan satu dan begitu seterusnya.

Jangan lupa ya, untuk menentukan aturan dasar ketika berdoa, misalnya :

1. Awali doa dengan mengatakan sesuatu yang memuji Tuhan

2. Mereka harus berterima kasih atas orang yang didoakan itu. Mungkin karena dia setia jadi polisi atau karena dia sudah memasak makan malam setiap hari dan lain sebagainya.

3. Mereka harus meminta sesuatu kepada Tuhan mengenai nama orang itu.

Sebelum berdoa, pastikan kamu berdoa duluan ya. Membuat bahasa yang singkat dan kosakata yang sederhana. Gunanya agar anak kamu terdorong untuk berdoa.

"Ya, Tuhan, Engkau begitu baik dan penuh kasih! Terimakasih untuk mbak yang ada dirumah kami. Kami bersyukur karena dia membantu kamu memasak dan mengurus rumah. Biarlah mbak kami tetap sehat dan aman di dalam tanganMu. Dalam nama Yesus, Amin."

BACA JUGA :

Tanpa Disadari, 3 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Kurang Percaya Diri Menjadi Ibu!

2. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka

Kunci lain untuk mengajar anak-anak kamu berdoa adalah dengan memiliki Alkitab dulu.

Penting banget bagi anak-anak kamu untuk tahu  dari awal bahwa doa bukanlah idenya kamu, tetapi idenya Tuhan. Jelaskan kepada mereka tentang Firman Allah.

Dan mungkin dalam hal ini, mereka akan mulai merespon dengan beberapa pertanyaan kepada kamu. Hal itu, karena memang anak-anak nggak memiliki pemahaman yang dewasa tentang Tuhan seperti layaknya orang dewasa.

Jadi, pastikan untuk mempersiapkan diri menjawab mereka ya.

Pakailah kosakata Alkitabiah yang matang dan sederhana.

Pastikan untuk mengandalkan Roh Kudus ya, dan jangan asal-asalan menjawab mereka.

"Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan." (Roma 8:26)

Dan jelaskanlah Firman di atas kepada mereka pula, agar ketika mereka merasa salah mengucapkan doa, mereka memahami dan mereka tetap semangat untuk berdoa.

Jadi, itulah 2 hal yang bisa mama dan papa lakukan untuk mengajari si kecil cara berdoa. Yuk, persiapkan generasi ini menjadi generasi yang benar-benar takut akan Allah dan bertumbuh dalam kebenaranNya.  

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7267

Banner Mitra November Week 2