Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
795


Kita mungkin identik dengan ucapan ‘Orang Kristen penuh kasih dan baik hati’. Tapi waktu melihat realita kehidupan sehari-hari, kita justru kecewa karena orang Kristen malah hidup jauh dari kata kasih. Ada banyak diantaranya malah berperilaku jelek dan gak jadi teladan buat orang lain.

Kenapa orang Kristen bisa berperilaku jelek? Ini 6 alasan yang jadi jawabannya.

1. Gak semua orang Kristen benar-benar orang Kristen

Ada orang berpikir kalau jadi orang Kristen berarti dia hidup di dalam Tuhan. Apalagi dia dikenal lahir dan tumbuh besar di keluarga Kristen.

Tapi kebenarannya adalah tumbuh dalam keluarga Kristen gak membuat seseorang itu benar-benar bisa jadi Kristen sejati. Kecuali dia mengalami sendiri kasih Tuhan.

Sama kayak orang-orang Farisi melihat diri mereka sebagai orang yang paling benar dibanding orang lain (Lukas 3: 8). Jadi pengikut Kristus bukan hanya soal warisan identitas dari orangtua. Tapi bagaimana identitas sebagai Kristus membuatnya mengalami Tuhan dan mau diubahkan sepenuhnya oleh Kristus.

2. Gak ada orang Kristen yang sempurna

Walaupun orang Kristen sudah hidup sesuai dengan firman Tuhan. Bagaimanapun pasti ada sisi tertentu yang jadi kelemahannya dan membuatnya jatuh dalam dosa. Kita semua adalah manusia yang rentan terhadap dosa. Karena itu jangan pernah berpikir kalau semua orang Kristen berarti gak pernah melakukan dosa.

Karena selama kita hidup di dunia ini, kita akan terus diproses untuk mematikan kedagingan dan diri kita sendiri untuk menjadi serupa dengan Kristus. Dan bertumbuh dalam kekudusan adalah proses seumur hidup yang tak akan pernah sempurna.

Alasan inilah yang membuat sebagian orang Kristen bisa jadi lebih egois, gak berpikir panjang, kejam dan kasar. Kelakuannya bahkan lebih buruk dari orang yang bukan Kristen. Tapi, orang Kristen punya firman Tuhan dan Roh Kudus yang bekerja dalam hati mereka untuk mengingatkan tentang apa itu kehendak Tuhan (Roma 8: 29; 2 Korintus 3: 18). Orang Kristen juga terus bergumul dengan kemalasan, ketidakdisiplinan, kesombongan dan berbagai godaan.

Orang Kristen bisa saja gak menyadari tindakan yang mereka lakukan kepada orang lain. Bahkan mereka gak mau minta maaf atas tindakan itu. Tapi, kita harus ingat bahwa kita semua berdosa tapi Tuhan tetap mengampuni kita. Hal inilah yang harus kita juga lakukan kepada orang lain.

3. Pemahaman yang belum sempurna soal firman Tuhan membuat orang Kristen seperti orang farisi

Orang Kristen memang punya tanggung jawab untuk menyampaikan kebenaran kepada orang lain. Tapi sayangnya, banyak diantaranya justru menjadikan firman Tuhan sebagai tameng untuk membandingkan dirinya dengan orang lain. Orang Kristen mulai berubah seperti orang farisi, suka menghakimi dan merasa benar.

Berbeda dengan orang Kristen yang dewasa. Mereka lebih dewasa dalam bersikap dan merasa bahwa dia sendiri adalah manusia berdosa sama dengan orang lain. Pemahaman inilah yang membuat mereka jauh lebih mengasihi orang lain.

4. Orang Kristen berpikir tak apa-apa kalau berbuat dosa karena toh Tuhan juga akan mengampuni mereka

Sebagian orang Kristen menerima pengajaran yang menyimpang soal pengampunan. Mereka mulai percaya bahwa berdosa adalah naturalnya manusia. Namun kasih Yesus akan membebaskan mereka dari dosa.

Sayangnya, pemikiran ini salah. Sekalipun Yesus mengorbankan diriNya, bukan berarti orang Kristen harus kompromi dengan dosa. Karena seseorang yang dianggap benar-benar Kristen sejati adalah mereka yang menerima dan diubahkan oleh kasih Yesus selamanya.

Baca Juga:

Yesus Datang ke Sumur Untuk Bertemu Denganmu Loh! Maukah Kamu Bertemu Dia?

Buat Para WL, 7 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Pilih Lagu yang Tepat di Ibadah

5. Orang Kristen mudah berubah saat hidup mereka dipenuhi masalah

Saat hidup orang Kristen mulai dipenuhi masalah, seperti sakit penyakit, kondisi ekonomi yang buruk, hubungan yang berantakan, mengalami pelecehan dan sebagainya. Biasanya gak semua orang Kristen akan meresponi kondisinya dengan baik. Ada banyak diantaranya yang mulai kecewa kepada Tuhan, putus asa, emosional dan menjadi berubah sepenuhnya.

Jadi, cari tahulah lebih dulu kenapa seorang Kristen bertindak buruk atau jelek. Bisa jadi dia mengalami kepahitan kepada Tuhan.

Itu sebabnya orang Kristen butuh komunitas orang percaya lainnya untuk menopang iman mereka dikata masalah datang silih berganti.

6. Sebagian orang Kristen masih ragu dengan identitas iman mereka

Penting untuk menunjukkan satu alasan kenapa banyak orang Kristen gak hidup sesuai dengan firman Tuhan. Tanpa pemahaman yang benar soal Yesus, kekristenan seseorang hanya sebatas status saja. Hal inilah yang membuat orang Kristen cenderung berperilaku buruk dan jadi batu sandungan di tengah orang-orang non-Kristen.

Alasan inilah yang banyak membuat orang lain gak ingin mengenal Yesus lebih dalam. Karena itulah penting sekali untuk jadi teladan yang baik bagi orang lain supaya kabar injil bisa diterima oleh semua orang.

Apakah kamu salah satunya yang merasa kecewa dengan perilaku orang Kristen yang buruk? Dengan 6 alasan ini semoga pemahamanmu tentang orang Kristen diperbaharui. Karena bagaimanapun gak semua orang Kristen benar-benar suci dan kudus. Selama kita hidup, kita hanya manusia yang terus berperang melawan dosa.

“Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.” (Yohanes 1: 12-13)

Sumber : Beautifulchristianlife.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dina Yohana 23 July 2019 - 12:41:40

lowongan kerja

0 Answer

Riama Manik 22 July 2019 - 18:53:22

Negara apa yang terletak paling utara

0 Answer

Buster street Wear 22 July 2019 - 12:34:35

Biseksual

1 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Testify Juli Week 4


7273

Banner Fun Run Juli Week 4