Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1196


Sebagai orang Kristen, tentu saja standar utama untuk menentukan pasangan hidup adalah doi mengenal Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat pribadinya.

Tetapi ternyata nggak cukup sampai disana loh. Dalam masa pacaran atau sebelum kamu menerima lamaran dan melamarnya, pastikan untuk mengevaluasi stadar utama kamu yang di atas, misalnya masalah kuk.

Jaman sekarang, banyak sekali orang Kristen yang nggak begitu tertarik untuk membahas lebih dalam mengenai hal-hal seperti ini dengan pasangan mereka, pada hal ini adalah sesuatu yang cukup penting di masa depan

Kuk yang dimaksud adalah pertumbuhan mereka dan pengenalan mereka dalam Tuhan, visi mereka dan lain sebagainya.

Kuk adalah sebuah kayu yang diletakan pada punggung atau leher lembu atau kerbau, biasanya 2 ekor lembu agar mereka bisa berjalan bersama saat mengerjakan tugas seperti membajak sawah.

Bayangkan jika kalian tidak memikul kuk yang serupa, sama seperti lembu yang ingin menarik satu arah, tetapi yang satunya juga ingin menarik ke arah lain. 

Pernikahan kamu nggak akan sampai kemana pun dan tak akan bisa bertumbuh dengan baik jika kalian memiliki tujuan yang berbeda dan arah yang berbeda.

Kalian berpacaran kan untuk menikah, dan tentu saja kalian perlu kerja sama dengan si doi untuk bisa tumbuh bersama secara rohani dalam pernikahan kelak demi anak-anak kalian juga.

Loh, kalau nggak diselidiki dari sejak pacaran, gimana dong?

Lantas, gimana kamu tahu bahwa orang yang kamu kencani adalah dia yang memiliki kuk yang serupa?

1.  Dia membantu kamu bertumbuh dalam Tuhan

Mungkin kamu sudah sering mendengar judul di atas, tetapi sangat jarang dibahas dengan rinci apa yang dimaksud.

Sebenarnya, walaupun nggak ada orang yang bisa menyelami yang sebenarnya dari hati orang lain, inilah daftar rinci yang bisa membantu kamu melihat, apakah dia membuatmu bertumbuh atau malah menghambat :

•Dia sering memasukkan Tuhan dan Kekristenan dalam setiap pembicaraan kalian, maksudnya dia nggak pernah malu dalam hal membicarakan injil (Roma 1:16).

Ya, orang yang memiliki hubungan yang sehat dengan Kristus, biasanya akan selalu membawa Dia dalam segala aspek hidupnya bahkan percakapan kalian.

So, jika kamu menemukan dirimu selalu bahas soal dunia dibanding hal rohani, maka evaluasi kembali deh hubungan kalian.

•Si dia ingin selalu tahu kisah kamu dan pertumbuhanmu

Sebagai orang Kristen, kita harus selalu berusaha untuk memastikan semua orang menyelesaikan perlombaan yang ditetapkan di hadapan kita (1 Korintus 9:24). Kalau si dia ingin bertumbuh dalam Kristus, maka dia akan menunjukkan minatnya dalam kehidupan rohani kamu dan juga pertumbuhanmu di masa depan.

•Si dia membaca firman Tuhan setiap hari

Memang, kita semua, kadang lupa untuk melakukannya. Tapi untuk memerangi kekuatan yang berupaya menghancurkan kita setiap hari maka kita harus terus terlibat dengan Alkitab. Apakah dia berbagi wawasan mengenai firman yang dia baca setiap hari? Apakah dia ingin tahu soal Firman apa yang sedang kamu baca di Alkitab?

•Si dia bertumbuh dalam gereja lokal

Si dia nggak cuma ibadah tapi juga gabung dalam komunitas gereja lokal bahkan dia pun mengambil pelayanan.

Seseorang yang memiliki hubungan yang dekat dengan Allah akan selalu semangat untuk melayani orang lain (Galatia 5:13). Jika selalu beralasan untuk nggak pelayanan atau banyak alasan sehingga nggak pergi gereja setiap minggu, itu artinya dia membutuhkan pendewasaan rohani sebelum kamu melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius.

BACA JUGA :
Berpacaran Sehat Itu Susah Nggak Sih? Tidak, Asal Lakukan Ini Sebelum Terima Cintanya (2)

2. Dia memperlihatkan kasih yang dikatakan di 1 Korintus 13

Pas baru-baru pacaran, biasanya kita akan menunjukkan sisi terbaik kita kepada pasangan. Tetapi seiring waktu, karakter asli kita akan terlihat. Demikian juga dengan pacar kita, ketika dia menghadapi masalah atau melewati hari-hari yang sulit maka perhatikanlah gimana mereka bereaksi.

Ketika kamu membuatnya kesal,dan kamu dalam kegagalan, apakah dia :

•Sabar. Dalam arti, apakah dia mengakui bahwa setiap orang bisa saja salah atau justru pas kamu gagal, dia malah tidak peduli dan bahkan jengkel padamu?

•Baik. Apakah dia menawarkan bantuan, atau nggak ketika kamu bikin dia kesal, dia malah balas dendam dan nggak mau mengampunimu?

•Rendah hati. Bisakah dia meminta maaf jika dia yang salah atau justru memproyeksikan kesalahannya kepada kamu atau orang lain? dan banyak hal lainnya.

Orang yang benar-benar memiliki kuk yang sama dengan kamu, akan saling support dan memikul itu bersama-sama. Jadi, pastikan dia hidup dalam kasih dan benar-benar melakukan itu.

Cobalah mengevaluasi 2 kriteria di atas dan pastikanlah apakah kamu dan dia perlu memulai musim baru atau nggak.

Belajarlah terus untuk semakin dewasa dalam iman dan belajar untuk mengasihi orang lain tanpa pamrih ya.


Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:18:42

Anak muda mulai meninggalkan gereja

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2